dalam kategori | Pola Hidup

Manfaat kesehatan dari Bersepeda

Manfaat kesehatan dari Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan sebagai salah satu hobi atau olahraga. Selain menyenangkan dan tidak berat, bersepeda juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah manfaat kesehatan dari bersepeda, seperti dilansir oleh Times of India.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.

2. Kekuatan otot
Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.

3. Sistem kerangka
Kerangka adalah bagian yang menunjang organ lain dalam tubuh, seperti otot, tendon, dan organ lainnya. Olahraga dan bersepeda bisa menguatkan tulang dan menambah fleksibilitasnya untuk bergerak. Bersepeda juga memiliki manfaat baik untuk kekuatan serta kepadatan tulang.

4. Kesehatan mental
Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

5. Oksigen dan sirkulasi
Oksigen penting untuk semua organisme hidup dan sangat penting untuk proses pernapasan manusia. SIstem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

6. Penyakit jantung dan kardiovaskular
Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Semua faktor yang bisa mengarah pada serangan jantung bisa dikurangi dengan bersepeda. Bersepeda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

7. Berat badan dan obesitas
Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua. Selain itu, dengan berat badan yang terjaga, sistem metabolisme juga akan ikut terjaga.

8. Tekanan darah
Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya. Tekanan darah juga bisa diturunkan dengan menurunkan kecepatan detak jantung, yang bisa dilakukan dengan bersepeda teratur.

9. Kanker
Aktivitas fisik, seperti olahraga telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, usus, prostat, dan pankreas. Kemungkinan besar, bersepeda juga bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.

Sebaiknya dipagi hari

Jika anda lebih suka bersepeda pada siang atau malam hari, sebaiknya anda memilih bersepeda pada pagi hari karena lebih menguntungkan bagi kesehatan.

Kesehatan Mental
Pikiran anda ada dalam kondisi terbaik setiap pagi setelah bangun tidur. Seusai bekerja, pikiran anda menjadi lelah dan kehilangan fokus. Jadi dengan bersepeda di pagi hari, anda bisa melakukannya dengan lebih menyenangkan. Bersepeda juga meningkatkan fokus dan kesigapan anda, jadi setelah bergowes ria, anda akan mampu berfokus dalam melakukan kegiatan lain.

Tak Perlu Menunda-nunda
Orang-orang yang berolahraga pada sore atau malam hari memiliki kecenderungan untuk menunda-nunda. Mereka menunda sampai pada akhirnya tidak melakukannya sama sekali, dan menunda sampai esok hari. Saat anda bersepeda pagi hari, anda melalui hari anda tanpa ada alasan tidak punya waktu untuk berolahraga.

Lebih Berenergi Sepanjang Hari
Berolahraga meningkatkan metabolism dan memberikan anda lebih banyak energi. Tak hanya sewaktu melakukannya namun juga berjam-jam sesudah itu. Jika anda bersepeda pagi hari, anda memiliki energi lebih banyak sepanjang hari, serta kalori yang terbakar pun lebih banyak.

Mood Lebih Baik
Bersepeda pagi hari akan membuat mood anda lebih baik sepanjang hari, karena ini mengakibatkan otak anda melepas endorphins yang akan membuatmu merasa lebih baik, selain juga mengurangi produksi kimia dari sistem kekebalan tubuh anda yang menyebabkan depresi. Bersepeda juga meningkatkan hawa tubuh anda, yang bisa menciptakan efek menenangkan.

Membakar Lemak
Jika anda bersepeda sebelum sarapan, anda bisa membakar lebih banyak kalori dari lemak. Riset membuktikan bahwa pesepeda yang makan sebelum bersepeda tidak berkinerja sebaik yang makan terlebih dahulu, tetapi membakar lemak karbohidrat dalam rasio lebih tinggi dibanding pesepeda yang sarapan lebih dulu. Berolahraga dengan perut kosong juga membuat otot-otot lebih baik dalam menyerap glukosa, yang bisa mencegah diabetes

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu