dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi

Siapa sangka, kalau buah yang memiliki bulu halus pada kulitnya ini, memiliki manfaat yang tak kalah dengan jeruk ataupun apel. Rasanya yang manis sedikit asam, mengandung anti oksidan yang tinggi, baik untuk menangkal radikal bebas. Coba saja!

Buah kiwi memang tidak terlalu populer di Indonesia, baru akhir-akhir ini saja buah yang berasal dari New Zealand ini marak dibicarakan. Biasanya buah kiwi disajikan sebagai buah potong atau pelengkap salad buah. Rasanya yang manis cenderung asam ini, memang segar disantap sebagai pencuci mulut.

Tapi, tak jarang juga yang mengkonsumsi buah kiwi dengan cara dijus, agar rasa asamnya tidak terlalu terasa. Padahal, buah kiwi justru baik dimakan tanpa tambahan apapun, agar manfaatnya bisa dirasakan secara langsung. Satu buah kiwi setiap hari, sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Hal ini cukup mengejutkan, karena buah kiwi mengandung vitamin C dua kali lipat lebih banyak dari jeruk dan 17 kali lebih banyak dari apel. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin B1, B2, B6 dan E. Peran vitamin C dan E dalam buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam buah kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan imunitas tubuh dari serangan flu dan juga stress.

Apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, buah kiwi adalah buah yang sangat cocok masuk ke dalam menu harian Anda. Karena serat yang tinggi dalam buah kiwi akan membantu pencernaan Anda bekerja lebih baik. Buah kiwi juga mengandung asam amino arginin dan glutamate.

Arginin berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan juga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sedangkan asam amino dapat membantu mengurangi resiko impotensi ringan. Asam amino juga mempengaruhi daya kerja otak lebih cepat, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Dengan mengkonsumsi dua buah kiwi tiap hari dapat mengurangi lemak darah hingga 15%. Lemak darah ini menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Karena witamin A, E dan kalium yang terkandung di dalamnya membantu jantung berdenyut secara teratur, sehingga membuat otot bekerja secara aktif dan mengatur tekanan darah.

Kalau semua fungsi tubuh sudah bekerja secara normal dan aktif, otomatis oksigen pun tersalurkan secara baik di dalam darah. Nah….., tunggu apalagi konsumsi buah kiwi sejak dini, akan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit!

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu