dalam kategori | Pola Hidup

Makanan Sehat Penunjang Kesuburan

Makanan Sehat Penunjang Kesuburan

SETIAP rumah tangga pasti punya rencana masa depan yang dirancang secara khusus, apalagi untuk pasangan muda yang baru menikah. Selain soal rumah, cicilan ini-itu, dan pekerjaan, yang diperhitungkan matang-matang pastilah soal keturunan. Ada pasangan yang ingin punya anak cepat, ada juga yang masih menunda kehamilan. Tapi semua orang tak tahu pasti kapan Yang Maha Penyayang menghadirkan sosok mungil dan lucu ke rumah kita.

Bagi mereka yang agak lama mendapat keturunan, usaha tanpa kenal lelah adalah cara yang paling bijaksana. Selain rajin berkonsultasi ke dokter, tentu saja mengonsumsi makanan “kesuburan”. Soal makanan ini, banyak yang percaya dan tentu saja banyak yang mempertanyakan. Maklum, ada banyak mitos soal kehamilan. Apalagi kalau kita menggunakan sumber dari para leluhur dan tradisi masyarakat.

Sebagai informasi, makanan kesuburan sama sekali bukan mitos. Berdasarkan laporan Centers of Disease Control and Prevention (CDC), pasangan yang mengalami kesulitan hamil tidak melulu disebabkan masalah ovulasi, rendahnya kadar sperma yang baik, tapi juga pendekatan diet yang salah. Pasangan diharapkan mengonsumsi makanan yang tepat dan bisa mendorong kesehatan reproduksi lebih baik lagi. Makanan macam apa? Sebenarnya sama saja dengan makanan yang kita makan sehari-hari. Anda hanya perlu teliti dan memilih saja. Berikut makanan yang dianjurkan.

  • Makanan berwarna hijau, merah, dan kuning. Jenis buah dan sayuran berwarna terang sangat penting dalam diet “subur” karena sangat tinggi kandungan antioksidan dan mikronutrisi. Jenis zat ini sangat baik untuk melawan radiasi ultraviolet matahari atau polusi kendaraan bermotor, yang sangat berbahaya bagi pertumbuhan sperma, telur, dan organ reproduksi. Adapun jenis buah-buahan yang sangat bagus dipilih adalah bayam, cabai, bluberi, kale, dan merica. Jenis buah dan sayuran wajib dimakan dalam 2-3 porsi sehari.
  • Omega 3. Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Sumber terbaik omega 3 adalah ikan. Anda dianjurkan mengonsumsi ikan seminggu minimal 2 kali. Tapi tidak semua ikan dianjurkan, ada beberapa jenis yang mengandung merkuri macam tuna atau marlin. Kandungan merkuri bisa bertahan di tubuh dalam waktu 1 tahun. Anda dianjurkan mengonsumsi ikan salmon, ikan kalengan, lele, atau udang.
  • Zat besi. Temukan zat besi dalam makanan seperti daging sapi, ayam, dan kalkun. Atau dalam ikan-ikanan, kerang, dan sarden. Sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan penyumbang zat besi yang baik misalnya asparagus, kacang tanah, lentil. Makanan jenis ini sangat baik untuk menjaga agar ibu tidak terkena anemia dan tidak rentan terserang anemia pascapersalinan. Asupan yang bagus juga menjaga kesehatan darah bayi.
  • Nikmati biji dan padi-padian. Makanan ini sebaiknya menjadi bagian terbesar dalam diet kesuburan. Oatmeal, beras merah, gandum murni, dan karbohidrat kompleks lainnya akan banyak memberi energi dan kandungan vitamin E dan B. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sel reproduksi, produksi telur dan sperma, dan keseimbangan hormon.
  • Protein. Makanan berbahan dasar susu mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat membangun sistem saraf, tulang, dan kesehatan darah. Survei membuktikan, wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan susu tinggi tidak memiliki masalah kesuburan dibanding mereka yang menghindari makanan mengandung susu.
  • Bawang putih. Mungkin jenis yang satu ini tidak masuk kategori makanan romantis. Tapi mengandung mineral selenium yang yang meningkatkan kesuburan pria. Bawang putih juga mengandung vitamin B6 yang dapat meregulasi hormon dalam tubuh dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
  • Alpukat. Mengandung banyak vitamin E dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Mampu melindungi dan menjaga kesehatan reproduksi dan wanita secara maksimal.

Ada yang harus banyak dikonsumi tapi pasti juga ada yang harus dihindari. Berikut ini makanan yang patut Anda jauhkan dari menu harian:

  • Teh, kopi, dan alkohol. Kopi hanya diperbolehkan dikonsumsi dalam ukuran 300 mg per hari. Kebanyakan kandungan kafein bisa mengurangi kesuburan sperma. Meskipun begitu sedikit wine masih dianjurkan, asal jangan sampai berlebihan apalagi mabuk. Lakukan diet ini dalam level yang cukup lama. Wanita dianjurkan 14 minggu sedang laki-laki hingga 21 minggu.
  • Rokok dan pengonsumsian obat-obatan secara berlebihan, karena sangat menganggu keseimbangan hormon dan mempengaruhi cervical mucus pada wanita.

Perbanyak olahraga. Selain meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, juga menguras lemak, racun melalui keringat, dan membuat peredaran darah lebih lancar.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu