dalam kategori | Asupan Sehat

Makanan aman untuk Diabetes

Makanan aman untuk Diabetes

Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan apapun? Ada jenis-jenis makanan tertentu yang tetap bisa disantap tanpa takut gula darah akan melonjak naik. Apa saja makanan itu, temukan jawabannya di sini!

Jika Anda menderita penyakit gula darah atau yang lebih dikenal dengan istilah diabetes, kadang sulit sekali menemukan makanan apa yang bisa disantap. Takut kalau kandungan gula makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Ada beberapa jenis makanan yang tetap aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes, tanpa harus tersiksa dengan rasanya.

Berikut ini adalah ‘super food’ untuk mereka yang memiliki masalah dengan diabetes:

1. Sayuran
Semua jenis sayuran memiliki kalori yang rendah, dan kaya akan serat. Karena seratnya yang tinggi, membuat perut Anda terasa lebih cepat penuh sehingga mengurangi konsumsi nasi yang kandungan gulanya cukup tinggi. Jika Anda merasa kurang kenyang karena terbiasa nasi, Anda bisa menggantinya sayuran bertepung, seperti kentang ataupun jagung.

2. Buah-buahan
Buah-buahan memiliki banyak kelebihan sama dengan sayuran. Mayoritas buah mengandung serat dan rendah lemak serta rendah kalori dibandingkan makanan lain. Buah-buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat gula darah melonjak naik. Namun ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu semua jenis berry. Selain karena rasanya yang tidak terlalu manis, jenis berry-berry ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Biji-bijian
Biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang polong tidak hanya sebagai sumber serat yang membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, tapi kacang-kacangan juga membantu kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.

4. Sereal
Menu sarapan sehat dan juga enak adalah sereal atau oatmeal. Mengandung serat yang tinggi dan menjadi sumber energi untuk mengawali hari. Mengkonsumsi sereal tidak hanya baik untuk penderita diabetes tapi baik juga untuk ksehatan jantung Anda.

5. Ikan
Ikan merupakan sumber protein dan mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini baik untuk kesehatan jantung, dan menghindarkan dari kolesterol jahat. Dan biasanya penderita diabetes memiliki kadar HDL, ‘kolesterol baik’ dalam jumlah yang sedikit.

6. Dada Ayam
Dada ayam, adalah bagian yang kadang sering ditinggalkan orang. Padahal dada ayam adalah bagian yang paling bebas lemak dibandingkan bagian lainnya. Sehingga tidak meningkatkan lemak jenuh dalam tubuh.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacang selain sumber protein juga sumber lemak nabati yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini bahkan telah terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah untuk dikontrol. Kacang-kacangan juga salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang melindungi sel-sel mata dan juga sarat serat dan magnesium, yang keduanya dapat membantu mengatur gula darah Anda.

8. Olive Oil
Olive oil dipercaya sejak dulu sangat baik untuk jantung. Kandungan lemaknya membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan telah terbukti membantu menjaga kadar gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.

9. Yoghurt
Yoghurt kaya akan protein dan juga kalsium. Selain menjaga berat badan lebih stabil, yoghurt juga menyeimbagnkan kadar insulin dalam tubuh.

10. Labu pahit (Karela)
Jika Anda memiliki anggota keluarga menderita diabetes, sudah saatnya untuk menyiapkan karela di meja makan. Sayuran ini sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kencing manis. Tetapi jangan menggabungkan makanan ini dengan obat penurun gula darah, karena bisa membuat gula darah Anda turun drastis.

11. Gandum
Cobalah untuk memasukkan lebih banyak produk gandum dalam daftar makanan Anda. Disamping mengandung banyak vitamin esensial, mineral, dan serat, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat kompleks diserap lebih lambat ketimbang karbohidrat sederhana, sehingga kadar gula darah tetap stabil.

12. Apel
Kandungan pektin tinggi dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak makan apel.

13. Kayu manis
Bahan paling aktif yang terkandung dalam kayu manis adalah methylhydroxy-chalcone polimer (MHCP) yang meniru efek insulin, dan bekerja sinergis dengan insulin dalam sel. Namun penelitian sejauh ini baru melibatkan sejumlah kecil orang dan belum dieksplorasi manfaat jangka panjang dari kayu manis.

14. Cabai
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

15. Fenugreek
Fenugreek, selain mengandung banyak serat yang sangat penting bagi penderita diabetes, dapat menurunkan resistensi insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah.

16. Brokoli
Brokoli adalah sumber terbaik dari kromium – mineral yang membantu mengatur insulin dan gula darah. Akan lebih protektif bila dimakan mentah atau dimasak sebentar.

17. Bawang putih
Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

18. Kedelai
Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu