dalam kategori | Herbal

Leunca untuk infeksi saluran kemih

Leunca untuk infeksi saluran kemih

Di masyarakat Sunda kita mengenal masakan ulukutek dan karedok leunca yang rasanya enak, sangat nikmat disantap dengan sangu panas, goreng asin peda an sambel terasi. Hampir di semua warung nasi Sunda, tersaji menu utama yang bahan bakunya memang dari buah leunca. Banyak orang Sunda ngebet sekali dengan sajian tradisional ini, karena sangat merangsang nafsu makan.

Leunca (Solanum nigrum L) berasal dari Eropa dan Asia Barat. Tumbuhan ini digunakan sebagai obat-obatan sejak lebih dari 2.000 tahun lalu. Di Indonesia, leunca banyak dikonsumsi sebagai lalapan atau sayuran.

Buah leunca yang berbentuk bulat kecil, dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit.

  1. Secara tradisional, buah dan daun tanaman ini telah digunakan sebagai obat pusing di Meksiko.
  2. Di negeri Cina digunakan untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai antidiare.
  3. Di India dipakai untuk menyembuhkan penyakit anjing gila.

Disamping penggunaannya sebagai ramuan tradisional, beberapa studi ilmiah menunjukkan, leunca memiliki aktivitas antiulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat dan sebagai agen antineoplastik dan memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal.

Rebusan air daunnya juga dapat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Beberapa metabolites sekunder yang dihasilkan seperti diosgenin, solasodine dan steroid alkaloid memiliki keampuhan yang luar biasa dalam mengurangi berbagai keluhan kesehatan. Buahnya yang terasa agak pahit, direkomendasikan untuk mengobati herpes simpleks. Begitupun daunnya yang memiliki rambut-rambut halus di permukaannya dapat digunakan untuk menyembuhkan borok atau kelainan kulit. Di beberapa daerah di Indonesia, daun-daun leunca ditaruh di ayunan untuk merangsang tidur pada bayi.

Khasiat lain dari terong kecil yang sering dilalap ini adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria, percaya bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu bahkan mengobati asam urat. Tidak hanya di Nigeria, di Korea sebagai negara ‘maniak’ ginseng, terong-terongan diyakini punya keajaiban untuk mengobati beberapa penyakit. Daun yang telah dikeringkan, termasuk buahnya, bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku dan nyeri lainnya. Secara empiris tumbuhan ini bahkan mampu mengobati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis dan bekas luka bakar.

Mengatasi infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan infeksi bakteri yang menyerang wanita 10 kali dari pria. Diperkirakan 10% sampai 20% wanita menderita infeksi saluran kemih paling tidak sekali. Pada pria infeksi ini dikaitkan dengan kelainan fisik lainnya, lebih dari 80% semua infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berawal di usus. Infeksi saluran kemih yang kebanyakan menyerang wanita disebabkan karena uretra wanita lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri. Wanita mempunyai uretra yang pendek, sehingga bakteri dengan mudah masuk, berasal dari vagina, rektum, daerah pudenda, daerah perineal atau dari partner hubungan kelamin, masuk ke dalam kandung kemih melalui uretra. Pria mempunyai uretra yang panjang dan terdapat cairan prostat yang digunakan sebagai pelindung antibakteri. Baik pada pria maupun wanita, infeksi biasanya masuk ke dalam kandung kemih melalui uretra. Gejala yang sering timbul pada penyakit infeksi saluran kemih, selalu ingin buang air seni (sering), terasa sakit dengan kram kandung kemih dan terasa gatal atau panas sewaktu buang air seni.

Menurut pakar pengobatan alternatif menggunakan herba, Prof. Hembing Wijayakusuma, buah-buahan, sari buah dan jus sangat baik untuk dikonsumsi guna melancarkan peredaran darah. Ramuan beberapa jenis tanaman termasuk leunca dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Campuran 30 gram tumbuhan leunca, 30 gram rumput mutiara dan 30 gram meniran direbus dengan 800 cc air (hingga tersisa 400 cc) dianjurkannya untuk mengatasi infeksi saluran kemih bilamana airnya rutin diminum 2 kali sehari.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu