dalam kategori | Tips Kesehatan

Kurus Tanpa Olahraga

Kurus Tanpa Olahraga

Mengatur pola makan dan rutin berolahraga adalah kunci dari penurunan berat badan. Tetapi sebenarnya Anda juga bisa kurus tanpa olahraga. Bagaimana caranya? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari Yahoo Shine berikut ini.

Suasana romantis
Berdasarkan penelitian dari Cornell University, cara mudah mengurangi asupan kalori adalah dengan makan dalam suasana yang romantis. Sebab tanpa olahraga, Anda sudah bisa memotong konsumsi 175 kalori dari porsi biasa.

Bentuk gelas
Penelitian lain menyebutkan kalau bentuk gelas juga mempengaruhi konsumsi minuman Anda. Saat minum jus, soda, alkohol, atau apapun, pilih saja yang bentuknya lurus. Sebab gelas lurus membuat Anda minum pelan-pelan dan mampu mengontrol banyaknya cairan yang dikonsumsi secukupnya.

Tidur cukup
Anda perlu ingat bahwa kurang tidur membuat Anda merasa lebih lapar. Sebab tubuh yang kurang tidur akan terasa sangat lelah dan merasa tidak punya energi. Selain itu, kurang tidur memicu produksi hormon tertentu yang memang meningkatkan nafsu makan. Lebih baik tidur cukup agar nafsu makan terkontrol dan Anda bisa cepat kurus tapa olahraga.

Jangan berkata, “Aku tidak bisa makan itu!”
Daripada mengucapkan kata-kata tersebut, sebaiknya Anda menggunakan kalimat, “Aku tidak boleh makan itu!” Sebab ungkapan ‘tidak bisa’ terdengar seperti sebuah hukuman dan berat untuk dijalani. Sementara ‘tidak boleh’ adalah sebuah komitmen yang harus Anda lakukan jika memang berniat menurunkan berat badan.

Berpikir kurus
Banyak orang yang menganggap dirinya kelebihan berat badan dan mati-matian diet. Tetapi, benarkah Anda gemuk? Pikirkan sekali lagi dan ukur berat badan Anda sesuai BMI (body mass index). Jangan-jangan sebenarnya Anda memiliki berat badan yang ideal.

Jangan memandangi makanan
Sebuah penelitian menyebutkan kontrol nafsu makan juga bisa dilakukan dengan mengabaikan gambar makanan berlemak. Jadi jangan siksa diri Anda saat melihat iklan makanan di layar televisi. Segera matikan atau ganti channel sebelum Anda tidak mampu mengontrol nafsu makan.

Air putih
Stereotip kebanyakan orang adalah minuman soda merupakan pasangan yang cocok dengan makanan cepat saji. Sementara makanan menyehatkan biasanya enak dinikmati dengan air putih. Jika benar demikian, maka Anda harus membiasakan diri untuk minum air putih agar bisa lebih sering mengonsumsi makanan menyehatkan.

Berimajinasi
Bayangkan jadwal makan berikutnya yang akan Anda nikmati. Dengan berimajinasi, ternyata hormon pemicu nafsu makan pelan-pelan akan menurun. Sehingga pada saat jadwal makan yang sebenarnya, Anda tidak akan terlalu bernafsu menghabiskan makanan.

Meskipun beberapa cara di atas bisa membuat Anda kurus tanpa olahraga, ada baiknya Anda tetap melakukan aktivitas fisik. Setidaknya hal itu bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Berkebun, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Penelitian mengungkapkan, berkebun tak hanya dapat meningkatkan semangat hidup karena menimbulkan kebahagiaan, tapi aktivitas luar ruang ini membantu hidup sehat dan menjaga berat badan tetap stabil.

Tim dari Universitas Utah membandingkan statistik dari hampir 200 pria dan wanita selama setahun. Mereka memiliki fasilitas kenyamanan yang sama seperti memiliki taman dan status ekonomi yang sama.

Hasilnya, kelompok laki-laki yang tidak mendayagunakan tamannya untuk kegiatan bercocok tanam memiliki kemungkinan lebih besar 62% mengalami berat badan atau obesitas, sementara wanitanya sebesar 46% dibanding mereka yang aktif mengisi tamannya dengan tanaman.

Dampak positif ini paling banyak dirasakan oleh mereka pasangan suami-istri.

“Karena berkebun setidaknya membuat mereka sibuk dan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjaga lahan mereka agar tetap terlihat bagus dan rindang,” kata Peneliti Utama,Profesor Zick, seperti dikutip dari dailymail.

Georgie Willock dari Perhimpunan Perkebunan Nasional mengatakan, sejumlah gerakan dalam berkebun pun dianggap memiliki nilai kebugaran yang sama ketika melakukan gerakan-gerakan aerobik.

Misalnya saat menggali, ini akan membuat pergerakan sendi-sendi tulang menjadi fleksibel. Belum lagi manfaat kesehatan yang diperoleh dari sinar matahari yang memberi vitamin D karena biasanya jam sibuk berkebun adalah pagi dan sore hari yang sinar matahari masih baik untuk kesehatan, serta udara yang masih bagus untuk dihirup menyehatkan pernafasan.

Sementara berkebun juga membantu seseorang untuk mengendalikan berat badannya dan menjalani pola makan yang sehat karena menanam sendiri sayur mayur dan buah-buahan untuk dikonsumsi sehari-hari hasilnya akan lebih sehat dan bebas dari penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

Satu respon to “Kurus Tanpa Olahraga”

  1. oliv says:

    makaiiis infonya gan 🙂 smoga bermanfaat….



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu