dalam kategori | Tips Kesehatan

Kulit mulus dengan bahan dari dapur

Kulit mulus dengan bahan dari dapur

Saat ini perawatan kulit tidak hanya digemari oleh wanita saja, tetapi pria juga. Banyak pria yang tidak mempedulikan dijuluki tukang dandan atau pria kemayu, mereka melakukan perawatan di salon dan pusat perawatan tubuh untuk mendapatkan kulit mulus, halus supaya lebih memikat.

Namun, perlu Anda tahu bahwa untuk mempunyai kulit halus, segar dan juga mulus dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Tumbuh-tumbuhan dan buah bisa dimanfaatkan untuk membuat penggosok, masker dan pembersih. Semua itu dapat ditemukan di dalam kulkas Anda, kata Luciana Stanciu, selaku pakar perawat kecantikan tubuh dari Noelle Spa, Connecticut.

Luciana tahu benar bagaimana caranya memanfaatkan tumbuhan dan makanan untuk pembersih, scrubbing, masker, dan juga tonik wajah. Cobalah untuk menggunakan apa saja yang ada di dalam kulkas, saran Luciana.

Beberapa bahan tersebut, diantaranya:

1. Alpukat

Alpukat bermanfaat dalam memberikan gizi untuk kulit, sangat baik untuk kulit orang dewasa. Cara pemakaiannya: ambil daging buah alpukat kemudian haluskan sampai lembut, setelah itu gosokkan pada kulit secara merata. Biarkan saja sampai mengering, setelah itu bilaslah.

2. Pisang

Manfaatnya hampir sama dengan alpukat yaitu melembutkan kulit dan memberi gizi. Cara pemakaiannya: pisang dihaluskan sampai lembut, lalu borehkan pada permukaan kulit secara merata. Biarkan saja hingga mengering, setelah itu bilaslah.

3. Wortel

Selain bermanfaat dalam memberikan gizi untuk kulit, wortel juga membantu mengangkat sel kulit mati. Cara pemakaiannya: ambil satu buah wortel lalu ditumbuk atau diparut, kemudian gosokan pada permukaan kulit secara merata. Diamkan saja dalam beberapa menit, setelah itu bilas.

4. Timun

Manfaat dari timun untuk mendinginkan serta menambah kadar air dalam kulit, dan memutihkan serta membuat jaringan tubuh menjadi lebih kencang. Cara pemakaiannya: kupas timun kemudian ditumbuk atau diparut setelah itu gunakanlah untuk masker wajah. Diamkan saja dalam beberapa menit, setelah itu bersihkanlah dengan air kran yang mengucur.

5. Kuning telur

Khasiat dari kuning telur adalah memberikan gizi untuk kulit, membuat kesat dan membuat kulit lebih kencang. Cara pemakaiannya: satu kuning telur dicampur dengan madu sebanyak satu sendok teh, kemudian gosok di wajah. Biarkan saja hingga mengering, setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

6. Madu

Khasiat dari madu adalah memberikan gizi untuk kulit. Cara pemakaian: Anda dapat mencampurkannya dengan tumbukkan buah atau sayur. Oleskanlah pada kulit dan diamkan dalam beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Susu

Khasiat dari susu untuk mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati serta memberikan gizi untuk kulit. Cara pemakaianya: untuk mengangkat sel kulit mati bisa dengan pasta yang terbuat dari susu bubuk dan teh bunga chamomile. Kemudian oleskan hingga merata pada kulit, biarkan hingga mengering, lalu bilaslah hingga bersih.

8. Jeruk

Khasiat dari jeruk, membuat jaringan tubuh menjadi lebih kencang, mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati, memutihkan dan untuk toning. Cara pemakaiannya: ambil jus jeruk nipis sebanyak satu sendok teh kemudian tambahkan dengan masker wajah yang Anda pakai. Jeruk nipis juga dapat dibuat sebagai toner, caranya sendiri dengan menggosokan irisan jeruk ke kulit. Tunggu sampai mengering dan bilaslah menggunakan air bersih.

9. Pepaya

Khasiat dari pepaya untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati. Cara pemakaiannya: ambil irisan pepaya kemudian gosokkan pada kulit. Tunggu sampai mengering, kemudian gunakan air bersih untuk membilas. Catatan: untuk yang mempunyai kulit sensitif supaya lebih berhati-hati.

10. Kentang

Bermanfaat untuk memulihkan sel kulit yang telah rusak karena luka bakar. Lebih bagus untuk membantu menghilangkan kantung yang berada di bawah mata. Cara pemakaiannya: gunakanlah irisan kentang untuk menutupi kedua mata, diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah menggunakan air hangat.

11. Stroberi

Khasiatnya membantu mengencangkan jaringan tubuh, serta adanya kandungan vitamin C dapat membantu memberikan gizi untuk kulit. Cara pemakaiannya: ambil beberapa buah stroberi kemudian ditumbuk, setelah itu gunakanlah untuk masker.

12. Tomat

Khasiat dari tomat untuk mengencangkan jaringan tubuh. cara pemakaiannya: ambil irisan tomat kemudian gosokkan pada kulit dengan merata. Tunggu dalam beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

13. Semangka

Khasiat dari semangkan, untuk menambah jumlah kandungan air yang ada di dalam kulit, dan untuk mendinginkan serta mengencangkan jaringan tubuh. cara pemakaiannya: ambil irisan samangka kemudian gosok pada kulit. Diamkan sampai mengering dan bilas sampai bersih.

14. Yoghurt

Khasiatnya untuk menyejukkan kulit dan mengencangkan jaringan tubuh. Cara pemakaian: ambil dua sendok makan yoghurt kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu, ini membantu menyejukkan kulit. Kemudian bilas sampai bersih.

Catatan: ada baiknya konsultasi dengan dokter kulit dulu sebelum Anda mempraktekan tips di atas. Selamat mencoba

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu