dalam kategori | Tips Kesehatan

Krim anti kerutan, lingkaran mata, dan kantung mata

Krim anti kerutan, lingkaran mata, dan kantung mata

Salah satu bagian wajah yang paling lembut dan sensitif adalah daerah mata. Di daerah ini pula tanda-tanda penuaan mulai terlihat, seperti garis-garis halus/kerutan. Bagi wanita di atas usia 30 tahun pasti sudah mulai sibuk mencari krim mata untuk mencegah tanda-tanda penuaan ini, apalagi bila mereka melihat ke dalam cermin dan mereka menemukan lingkaran hitam dankantung mata di sekitar mata selain kerutan. Lingkaran mata ini membuat wajah terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya, terlihat letih dan tidak sehat.

Bila kita ingin menghilangkan atau mencegah tanda-tanda penuaan ini, sebelumnya pelajari dulu apa yang menyebabkan hal itu terjadi sehingga penanganannya bisa tepat. Setelah itu baru kita mencari krim mata yang cocok untuk perawatan dan sesuai dengan jenis kulit.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerutan, lingkaran mata, dan kantung mata, yaitu antara lain :

  • Proses penuaan alami menyebabkan berkurangnya kelembaban kulit sehingga kolagen menjadi rusak. Bila kolagen ini rusak maka kulit akan menjadi tipis, mengendur, dan keriput.
  • Bagi pecandu rokok, nikotin dan asap rokok bisa menyebabkan tejadinya tanda-tanda penuaan dini.
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit kehilangan kelembabannya sehingga kulit menjadi keriput,kering, dan berbintik hitam.
  • Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan berkepanjangan, dan tidak sesuai dengan jenis kulit.
  • Kurang istirahat atau jam tidur yang kurang sehingga mata menjadi lelah dan membentuk lingkaran hitam serta kantung mata.

Bila kita sudah mengetahui faktor-faktor di atas, maka sekarang kita memilih krim mata apa yang bisa kita pakai untuk perawatannya.

Dewasa ini banyak krim mata yang beredar di pasaran, tapi kita harus berhati-hati dalam memilih produk-produk krim mata tersebut. Ada beberapa bahan yang terkandung dalam krim mata yang tidak cocok dengan kulit kita dan bisa membuat alergi, seperti kemerahan, gatal, dan kesulitan tidur. Salah satunya adalah parafin. Parafin adalah zat yang bila dipakai akan meresap ke dalam mata saat kita tidur sehingga bisa menimbulkan iritasi.

Sebaiknya pilih krim mata yang bahannya alami yaitu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan. Bahan alami adalah yang paling aman untuk mengurangi dan mencegah kerutan dan lingkaran hitam di daerah mata.

Berikut tips memilih krim mata :

1. Pilihlah krim mata yang mengandung :

  • Chrysin, berasal dari tumbuhan passionflower, mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi sehingga bisa mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam.
  • Madu, merupakan antioksidan yang berfungsi membantu mengurangi kerutan dan noda hitam.
  • Haloxyl adalah bahan yang efektif mengurangi lingkaran hitam.
  • Cynergy TK, merangsang pertumbuhan sel-sel baru, protein elastin dan protein kolagen. Elastin membantu menjaga kulit sekitar mata menjadi kenyal dan elastis. Kolagen membantu mengencangkan kulit.
  • Vitamin A, D, dan K. Vitamin ini biasanya hilang karena paparan sinar matahari, nikotin, dan asap rokok. Vitamin K berfungsi untuk membersihkan pigmen gelap di sekitar mata.

2. Krim perawatan mata berbeda dengan krim perawatan tubuh yang lain. Krim mata anti penuaan dan anti keriput harus mengandung bahan yang bisa memberikan ekstra kelembaban yang dibutuhkan untuk meremajakan kulit sekitar mata dan bahan yang bisa mengurangi kerusakan kolagen dan menghambat aktivitas radikal bebas.

3. Pilihlah krim mata yang sesuai dengan jenis kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi.

Hal yang paling alami dan penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan adalah :

  • merubah gaya hidup kita dan hindari nikotin/asap rokok
  • melakukan diet yang seimbang
  • tidur dan itirahat yang cukup
  • minum 8 liter air per hari
  • olahraga yang cukup
  • hindari paparan sianr matahari langsung

Sebaiknya hubungi dokter dan konsultasikan tindakan dan pengobatan apa yang tepat dan baik untuk perawatan kulit dan mata.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu