dalam kategori | Tips Kesehatan

Kopi Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

Kopi Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

Kopi diketahui dapat memberikan pengaruh baik terhadap penderita asam urat. Tentunya jika kopi diminum dengan takaran yang sangat terbatas, artinya kopi diminum namun tetap harus memperhatikan efek negatif terhadap keluhan lainnya.

Kopi Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat, Uric Acid

Beberapa penelitaan telah dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok yang meminum kopi dan kelompok yang meminum teh. Hasilnya menunjukkan bahwa kopi dan teh tidak menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Kelompok yang mengkonsumsi kopi sebanyak empat sampai lima cangkir per hari, kadar asam uratnya dapat turun sekitar lima milligram/desiliter. Dari penelitian juga diketahui bahwa kopi yang berkafein atau tidak berkafein memberikan efek yang sama, yaitu sama-sama dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Artinya kafein dalam kopi bukanlah zat yang mempengaruhi turunnya kadas asam urat.

Teh Tidak Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat, Uric Acid

Dari penelitian juga diketahui bahwa, teh tidak memberikan pengaruh yang sama seperti kopi. Artinya teh tidak dapat menurunkan kadar asam urat seseorang, walaupun seseorang itu meminum teh cukup banyak.

Namun teh dengan segala kandungannya dapat membantu dalam menyehatkan tubuh. Teh banyak mengadung antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga walaupun tidak dapat menurunkan kadar asam urat, teh masih memberikan banyak manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya.

Pengaruh Buruk Kopi Terhadap Kesehatan

Walaupun kopi memberikan pengaruh baik terhadap penurunan kadar asam urat dalam darah, tapi pada saat yang sama, kopi memberikan efek yang besar dalam menyebabkan sindroma metabolic. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan pemecahan cadangan lemak dalam tubah. Ini artinya, pembuluh darah akan memiliki lemak bebas yang yang cukup tinggi. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah dan tingginya kolesterol.

Selain itu kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan jumlah urine yang dibuang tubuh dan sekaligus menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kepekatan dalam darah, sehingga hipertensi mudah terjadi. Dengan demikian, maka harus berhati-hati jika mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu