dalam kategori | Herbal

Kitolod,Tanaman Gulma yang Manjur

Kitolod,Tanaman Gulma yang Manjur

Ada yang pernah dengar dengan nama daun di atas? Ya, tanaman Kitolod dengan nama latin Isotoma Longiflora Presi bukan termasuk tanaman langka. Mungkin kita bisa katakan bahwa tanaman ini termasuk tanaman gulma. Kitolod sebenarnya tanpa kita sadari tumbuh di sekitar kita, tepatnya lebih banyak di pinggir selokan. Melihat keberadaan tumbuhnya tersebut, memang wajar saja kalau tanaman ini terabaikan. Tetapi, tahukah anda bahwa tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan?

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama Daun Korejat atau Kicaang (Bahasa Sunda) ini, memiliki ciri- ciri daun yang bagian pinggirnya tidak rata, seperti daun yang lainnya, namun dapat digambarkan seperti garis gergaji. Warna daunya hijau tua, jika telah berbunga, bunganya berwarna putih. Batangnya kurang lebih berdiameter 1 cm, menciut dari bawah ke atas menjadi berdiameter kecil dan apabila batangnya kita pegang, terasa agak keras. Dan batangnya berwarna hijau muda.

Lalu, apa saja manfaatnya? Kitolod dapat menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya:

1. Luka

Daun secukupnya dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka, kemudian dibalut dengan kain bersih. Ganti 2- 3 kali sehari.

2. Sakit Gigi

Dua lembar daun dicuci bersih, lalu tumbuk hingga halus. Taruh pada lubang gigi yang sakit.

3. Asma, Bronkhitis, Radang Tenggorokan

Tiga lembar daun dicuci bersih, lalu direbus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa menjadi satu gelas saja. Setelah dingin, disaring, lalu diminum.

4. Diabetes, Kolestrol

Semua bagian tanaman direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa menjadi ⅟₄ gelas. Setelah dingin, disaring, lalu diminum.

5. Segala Macam Penyakit Mata (Termasuk Mata Berair, Katarak, Glukoma 30 Ke Bawah)

Daun tiga lembar direndam dengan air yang matang (dingin). Tekan urat- urat daunnya memakai sendok. Kemudian diamkan sekitar lima menit. Teteskan pada mata yang sakit. Diharapkan, semua media baik tempat merendam maupun sendoknya, berbahan plastik. Olahan daun tersebut, bisa disimpan di tempat yang dingin (tetutup) sampai dengan satu minggu.

6. Segala Macam Kanker

Tiga lembar daun berikut batangnya, direbus dengan lima gelas air hingga air menjadi 1- 2 gelas (keadaan api kecil). Setelah dingin, disaring, lalu diminum. Air rebusan boleh diminum beberapa kali dalam satu hari (tidak harus habis sekaligus).

Manfaat dari tanaman ini adalah untuk menyembuhkan bukan sekedar mencegah maupun meringankan penyakit. Hanya satu kesulitannya adalah menguji kesabaran kita. Tanaman ini bereaksi lama, karena benar- benar tuntas menyembuhkan rasa sakit anda. Sehingga, wajar saja apabila proses penyembuhannya minimal dalam enam bulan (pengobatan secara rutin).

Tips cara pengembangbiakan Tanaman Kitolod ini: Bijinya dapat dijadikan benih. Dalam pemeliharaannya, sama seperti tanaman pada umumnya, yakni membutuhkan air dengan penyiraman, menjaga kelembapan tanah dan pemupukan (terutama pupuk dasar). Mari kita lestarikan tanaman herbal yang kaya manfaat ini.

*Sumber informasi: Ibu Hj. Dadah (Ibu Uka). Pakar Tanaman Herbal Kota Bandung.

Satu respon to “Kitolod,Tanaman Gulma yang Manjur”

  1. leo says:

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Kitolod,Tanaman Gulma yang Manjur ” .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Indonesia by Universitas Gunadarma



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu