dalam kategori | Tips Kesehatan

Kiat Sehat Atasi Stress

Kiat Sehat Atasi Stress

SALAH satu cara menjalankan gaya hidup sehat dengan menghindari diri dari stres. Pasalnya, stres memicu timbulnya beberapa penyakit.

Menghindari diri dari stres bisa jadi bukan perkara mudah bagi beberapa orang. Terkadang, mereka mengatasi stres dengan cara tidak tepat, seperti bermabuk-mabukan atau mengonsumsi camilan tak sehat. Padahal, stres bisa diatasi dan diminimalisir dengan cara-cara yang lebih menyehatkan.

Seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran John Hopkins University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa stres bisa diatasi dengan kiat-kiat sehat ini, sebagaimana dilansir Readbuzz.

– Redakan stres dengan cara-cara ringan dan sehat

Hindari mengalihkan stres dengan bermabuk-mabukan atau menghabiskan sebungkus biskuit cokelat. Cobalah redakan stres dengan cara yang lebih sehat, seperti mengobrol dengan teman, berolahraga, dan memilih beberapa latihan pernapasan, seperti yoga atau senam. Anda juga bisa juga memikirkan sesuatu yang lucu, berjalan kaki selama 10 menit, atau minum menyeruput minuman hangat yang menenangkan.

– Hindari target sempurna

Jangan coba menjadi sempurna dalam semua yang Anda lakukan. Anda akan membuat hidup jauh lebih ringan dan terhindar dari stres jika bisa menerima hal-hal dalam skala penilaian “cukup baik”, daripada berjuang mencapai angka sempurna 100 persen.

– Helakan napas agar lebih rileks

Salah satu hal pertama yang dilakukan saat stres dengan menahan napas atau bernapas dengan cara yang cepat dan dangkal. Hal ini menyebabkan organ-organ dalam tubuh tak mendapatkan oksigen segar untuk bahan bakar otak dan otot.

Redakan stres dengan membiarkan tubuh menghirup napas dalam-dalam sejauh yang Anda bisa. Lalu, buang napas untuk mengeluarkan karbondioksida. Lakukan inhalasi ini secara alami. Secara bertahap, perpanjang napas yang masuk dengan hidung. Lalu, pastikan nafas yang keluar lebih panjang dan dibantu mengeluarkannya dari mulut. Hal ini berguna untuk mengusir ketegangan.

– Cari penyebab Anda stres

Jika Anda merasa stres, maka ketahuilah apa penyebab hal itu terjadi. Lakukanlah pembenahan atas stressor tersebut agar berada dalam kontrol Anda. Jika memang tidak dapat dilakukan dibenahi secara keseluruhan, setidaknya pastikan Anda meminimalisir stressor tersebut dengan baik. Pertimbangkan bagaimana Anda bisa menghindari agar stressor tersebut tak terulang pada situasi di masa mendatang.

– Cukupi nutrisi

Pastikan Anda mendapatkan tingkat kecukupan vitamin B dan C. Pasalnya, stres kronis menghabiskan banyak vitamin B dan C yang ada dalam tubuh Anda. Demikian pula tingkat zat besi dan magnesium, stres akan memengaruhinya dan menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Kendati demikian, waspadalah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi beragam suplemen. Bagaimanapun, sumber alami merupakan yang terbaik.

Vitamin C bisa Anda raih dengan mengudap buah-buahan, seperti jambu, sirsak, pepaya, jeruk, mangga, stroberi, dan sayuran (cabai dan bayam). Konsumsi harian vitamin C yang disarankan ialah 750-1000 mg. Sumber alami vitamin B dari wortel, telur, ayam, ikan, pisang, brokoli, beras merah, hati, susu, dan ikan. Susu, kangkung, telur, kismis, apricot, dan buah bit juga merupakan sumber alami memeroleh zat besi. Sedangkan magnesium, dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kacang-kacang dan biji-bijian.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu