dalam kategori | Herbal

Khasiat ubi jalar dalam pengobatan penyakit

Khasiat ubi jalar dalam pengobatan penyakit

Ubi jalar merah merupakan umbi-umbian yang mengandung senyawa antioksidan paling komplet. Selain vitamin A, C, dan E, ubi jalar merah juga berlimpah vitamin B6 (piridoksin) yang berperan penting dalam menyokong kekebalan tubuh. Di luar perkiraan banyak orang ubi jalar merah dengan kandungan vitamin B6-nya mampu mengendalikan jerawat musiman yang muncul menjelang menstruasi. Agaknya hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi jalar merah mendukung kemampuannya memerangi serangan jantung koroner. Kesimpulan sebuah hasil penelitian menyebutkan kalium dalam ubi merah memangkas 40% resiko penderita hipertensi terserang stroke fatal. Sementara tekanan darah yang berlebihan pun merosot 25%. Jika demikian kenyataannya, kini jangan pernah lagi menganggap remeh ubi jalar merah.Nikmati kapan saja kita suka, sambil memupuk manfaatnya.

Berikut 7 keajaiban khasiat ubi jalar dalam pengobatan penyakit :

1. Obat Luka Bakar Luka bakar merupakan jenis luka dimana terdapat kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi. Luka ini merupakan kecelakaan yang sangat sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Pengobatan untuk luka bakar dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : Ambil dan cucilah 1/3 genggam daun sahit dan 1/3 gengam ubi jalar merah. kemudian digiling sampai halus. Jika telah halus diremas dengan dua sendok makan minyak kayu putih dan satu sendok makan minyak nyamplung. Campuran ini ditempelkan pada luka 2×1 hari.

2. Obat Sembelit Sembelit atau Sulit BAB adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Pengobatan pada sembelit dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : Rebuslah 60 gram daun ubi jalar dengan air secukupnya kemudian airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.

3. Obat Seroptalmia Seroptalmia atau serosis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh keringnya konjungtiva dan kornea mata akibat kekurangan vitamin A. Salah satu gejala awal dari penyakit ini adalah rabun senja yakni berkurangnya kemampuan melihat pada saat senja hari. Pengobatan pada penyakit Seroptalmia dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : Parutlah sebuah ubi jalar merah, lalu parutan itu diremas dengan air masak 3 sendok makan dan madu 2 sendok makan. Kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum 3×1 hari.

4. Obat Gout (asam urat tinggi) Gout atau asam urat tinggi adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia). Peradangan sendi bersifat menahun dan setelah terjadinya serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok. Pengobatan pada penyakit Gout dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 ½ liter air hingga tersisa ½ liter. Airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan. Lakukan secara teratur 2×1 hari.

5. Obat Keropos Tulang (Osteoporosis) Osteoporosis atau keropos tulang adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Gejala keropos tulang tidak khas, hanya menimbulkan rasa pegal-pegal, dan baru dapat diketahui setelah tulangnya patah. Keropos tulang terjadi karena kekurangan mineral kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan komponen tulang. Pengobatan pada penyakit Osteoporosis dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : 200 gram ubi merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 ruas ibu jari kayu manis, 5 ruas jahe merah, 10 butir merica, dan 200 cc susu segar dimasak kolak kemudian ubi merah beserta kuahnya dimakan. lakukan secara, teratur 2×1 hari.

6. Obat Radang sendi (Artritis reumatoid) Radang sendi atau artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pengobatan pada penyakit Radang sendi dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir biji pala, 1 ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 liter air hingga tersisa ½ liter, kemudian airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan. 30 gram sambiloto dan 30 gram temu lawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 1000 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara, teratur 2×1 hari.

7. Masuk angin Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Gejala masuk angin adalah perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Akan tetapi, hal ini dapat juga merupakan gejala dari penyakit lain. Biasanya masuk angin juga diiringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan. Masuk angin dapat terjadi karena perut kosong, kurang tidur, terkena angin malam, kehujanan, pencernaan makanan yang kurang baik, dan lain-lain. Pengobatan pada penyakit ini dengan menggunakan ubi jalar dapat dilakukan sebagai berikut : 200 gram ubi merah (dikupas dan dipotong-potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1 butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. .Lakukan secara, teratur 2×1 hari.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu