dalam kategori | Asupan Sehat

Khasiat minuman jus delima, akal-akalan

Khasiat minuman jus delima, akal-akalan

Khasiat delima banyak digembar-gemborkan dapat mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit dan mengobati disfungsi ereksi. Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat juga secara khusus mengeluarkan produk minuman jus delima yang cukup laris di pasaran. Belakangan, diketahui bahwa klaim khasiat delima tersebut hanyalah akal-akalan semata.

Perusahaan yang memproduksi jus delima tersebut adalah POM Wonderful. Perusahaan ini gencar mempopulerkan produk jus delimanya memiliki berbagai khasiat kesehatan. Akibatnya, konsumsi buah delima dalam berbagai bentuk sajian melonjak drastis dan marak dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam sebuah persidangan, hakim Michael D. Chappell memutuskan bahwa perusahaan tersebut melakukan pembohongan lewat iklan untuk memasarkan produk jus delima. Persidangan ini merupakan buntut dari pengaduan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat atas klaim perusahaan yang mengaku produknya dapat mengobati, mencegah atau mengurangi risiko penyakit jantung, kanker prostat dan disfungsi ereksi.

“Berdasarkan kesaksian ahli menunjukkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang cukup kompeten dan dapat diandalkan untuk mendukung klaim manfaat kesehatan seperti yang diklaim oleh perusahaan POM Wonderful,” kata hakim Campbell seperti dilansir Time Healthland.

FTC sudah melayangkan gugatan terhadap perusahaan yang bermarkas di Los Angeles milik Lynda dan Stewart Resnick ini sejak tahun 2010. Hasil keputusan persidangan menegaskan bahwa POM Wonderful ‘tidak boleh membuat pernyataan apapun, dengan cara apapun, baik tersurat maupun tersirat, termasuk menggunakan nama produk, endorsement, foto, ilustrasi atau nama dagang mengenai manfaat kesehatan atau efektivitas produk, kecuali penggambaran produknya tidak menyesatkan’.

Pelanggaran terhadap keputusan hakim ini dapat dikenakan denda sebesar 16.000 US Dollar atau sekitar Rp 148 juta per insiden. Keputusan ini berlaku sejak 30 hari setelah ditetapkan, kecuali jika pihak POM Wonderful mengajukan banding.

“Kami berencana untuk mengajukan banding atas aspek tertentu dari keputusan itu,” kata juru bicara POM Wonderful, Corey Martin.

Hakim sebenarnya tidak sepenuhnya setuju dengan semua tuntutan yang dilontarkan FTC. Misalnya, hakim menganggap tuntutan yang mengharuskan POM Wonderful mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) untuk setiap klaim iklan berikutnya dianggap tidak perlu. Hakim juga tidak setuju jika semua klaim dalam iklan dikatakan sebagai penipuan.

“Kami selalu percaya pada khasiat delima dan sangat senang jika kami dapat terus menampilkan manfaat kesehatan yang melekat dalam buah luar biasa ini,” kata Stewart A. Resnick, Presiden Roll Global, induk perusahaan POM Wonderful.

Sementara David Vladeck, direktur proteksi konsumen FTC menyatakan bahwa jika sebuah perusahaan mencuplik hasil riset ilmiah dalam promosi produk, riset tersebut wajib terbukti mendukung klaim yang diumumkan itu. “Konsumen yang melihat produk POM Wonderful sebagai sebuah ‘peluru perak’ yang dapat menyembuhkan penyakit jelas-jelas telah disesatkan,’ tambahnya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu