dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Khasiat Belimbing & Belimbing Wuluh

Khasiat Belimbing & Belimbing Wuluh

Oleh Samantha Sudiro

Apa yang terlintas di benakmu kala melihat buah belimbing ? Buah segar yang asyik buat rujakan bareng sohib atau si manis-asam yang paling asyik dimakan saat panas ? Nggak cuma itu , Belimbing ternyata punya segudang khasiat jitu . Biar Kamu nggak penasaran, simak deh khasiatnya.

Buah Belimbing memang termasuk buah yang paling banyak dijumpai , mulai dari pasar tradisional sampai pasar swalayan yang mewah. Memang buah ini punya banyak penggemar ( mungkin juga kamu ) , soalnya buah yang konon berasal dari Malaysia ini rasanya rame banget, ada asem, manis serta sedikit sepat sehingga bikin siapa saja yang mencicipi jadi penasaran . Umumnya buah ini dimanfaatkan sebagai campuran rujak , jus atau dimakan langsung, padahal manfaatnya banyak banget untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.

Belimbing merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari kawasan Malaysia, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yang beriklim tropis lainnya di dunia termasuk Indonesia. Belimbing yang ada di masyarakat umumnya ada dua jenis utama.

Pertama, Belimbing Manis atau Averrhoa Carambola bentuknya besar, kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Memiliki bentuk yang bergelombang mirip bintang dan bewarna kuning kehijauan . Tak heran banyak orang menyabutnya sebagai Star Fruits ( Buah Bintang ). Rasanay beraneka ragam , bila sudah masak, rasanya akan menjadi manis dengan sedikit rasa masam. Jenis kedua adalah Avverhoa blimbi taua yang biasa disebut belimbing wuluh atau belimbing sayur. Kenapa dinamakan belimbing sayur ? Soalnya buah belimbing jenis ini kerap ditemukan pada masakan seperti sayur asam atau masakan padang. Bentuk buahnya jauh lebih kecil dari belimbing manis. Belimbing sayur umumnya berbentuk tak lebih dari jari-jari orang dewasa, berwarna hijau muda dan memiliki rasa yang asam namun menyegarkan.

Rasa buah belimbing manis memang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah yang dalam bahasa Inggris disebut Buah Bintang ( Star Fruit ) ini sarat gizi. Kandungan vitamin A dan C yang dikandungnya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas , meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam belimbing manis juga kaya pektin. Pektinnya mampu menjerat kolesterol , mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya . Dan seratnya bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Boleh dikata, buah ini adalah buah favorit para pediet yang ingin tetep langsing.

Manfaat Belimbing

Jus Belimbing Penyegar Tubuh

Habis pulang sekolah rasanya tubuh capek banget, apalagi kalau bete . Nah, biar seger cobain dech resep Jus Belimbing Penyegar Tubuh.

Caranya :

– blender 2 buah belimbing berukuran besar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya bersama 100 ml sari buah jeruk manis, gula, es batu plus sedikit susu kental manis rasa apa saja, biar tambah oke.

– blender seluruh bahan hingga halus dan sajikan saat hari panas. Wiiih seger banget !!!!

Oleh Lili Sutanto

Belimbing Wuluh yang saya tahu, sering saya makan kalau Ibu saya masak yang namanya Garang Asem, sebagai salah satu bahan untuk menimbulkan rasa kecut. Setelah belajar masak sendiri baru berusaha mengenal lebih baik apa sih belimbing wuluh ini.

Ternyata belimbing wuluh ini banyak juga gunanya selain untuk bahan masakan tradisional.

Belimbing ini bisa digunakan sebagai bahan pengawet makanan, dan juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Diantaranya adalah sebagai obat batuk, obat pegal linu, gondongan, rematik, sariawan, jerawat, panu, darah tinggi, sakit gigi dan penurun kolesterol.

Di daerah lain belimbing wuluh ini dikenal juga dengan nama limeng, selemeng, baliembieng, blingbing buloh, limbi, limbi, tukurela, dan malibi.

Tinggi pohon belimbing wuluh bisa mencapai 10 meter. Pemeliharaan tanaman ini cukup mudah. Yang terpenting, ditanam di tempat terbuka, kelembaban tanah selalu dijaga, dan pohon diberi cukup air.

Sudah 2 kali pindah rumah, di kedua rumah selalu Ibu saya menanam tumbuhan ini. Enak, kalau mau masak atau lagi perlu, tinggal petik! Tetangga juga banyak yang minta, biasanya para pembantu yang otw ke pasar, belok dulu ke rumah buat bahan masak di rumah.

Ngga usah khawatir kehabisan, buahnya saking banyaknya sampai jatuh-jatuh ke tanah. Nah, yang sudah tua, busuk dan jatuh ke tanah ini pun masih bisa dipergunakan sebagai bahan pembersih botol-botol yang sudah tua dan kusam bisa menjadi bening kembali.

Jadi sebagai alternatif untuk beberapa masakan, jangan ragu buat menggunakan belimbing wuluh, kalau perlu tanam aja sendiri di rumah.

Satu respon to “Khasiat Belimbing & Belimbing Wuluh”

  1. ambar says:

    obat jerawat yang di iklan tv emang kurang manjur buat gw, dan masalah jerawat masih jadi masalah besar buat gw, kini bekas jerawat masih tersisa, mungkinkah ada obat jerawat tradisional yang lebih aman dan maksimal?



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu