dalam kategori | Pola Hidup

Keterkaitan antara hari ovulasi dengan jenis gender bayi

Keterkaitan antara hari ovulasi dengan jenis gender bayi

Adakah kaitan ovulasi dengan penentuan gender bayi? Terdapat sebuah keterkaitan antara hari ovulasi dengan jenis gender bayi yang akan dihasilkan bila terjadi pembuahan (hubungan seksual):

Bila pasangan melakukan hubungan seksual 2-3 hari sebelum hari ovulasi, maka kemungkinan besar akan mendapat bayi perempuan.

Menurut Toni Weschler dalam bukunya, “Taking Charge of Your Fertility“, menyebutkan bahwa normalnya, sperma dapat bertahan hidup selama 3-5 hari di dalam tubuh wanita. Sehingga bila sperma sudah berada di dalam tubuh wanita 3 hari sebelum ovulasi, kemungkinan untuk hamil masih bisa terjadi.

Pada 2-3 hari sebelum ovulasi (masa praovulasi), biasanya vagina dan leher rahim dalam kondisi lebih banyak asam. Sedangkan sperma berkromosom laki-laki (Y) sangat rentan dengan kondisi asam sehingga ia akan lebih cepat mati (dibandingkan sperma berkromosom perempuan (X)) di tempat tersebut sebelum mereka mencapai tuba falopi di mana sel telur matang menunggu untuk dibuahi. Oleh karena itu, setelah hari ovulasi tiba, konsentrasi kelompok sperma akan lebih didominasi oleh sperma berkromosom perempuan (X) yang akan membuahi sel telur matang.

Bila hubungan seksual dilakukan 24 jam sebelum ovulasi hingga 12 jam setelah ovulasi, maka kemungkinan besar akan mendapatkan bayi laki-laki.

Pada hari ovulasi tiba, vagina dan leher rahim dalam kondisi sedikit asam dan licin berlendir, hal ini memperbesar peluang sperma berkromosom laki-laki (Y) untuk hidup lebih lama dan bergerak lebih mudah menembus vagina dan leher rahim hingga bisa tiba di tuba falopi.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu