dalam kategori | Pola Hidup

Kesehatan seksual wanita dipengaruhi tinggi stang sepeda

Kesehatan seksual wanita dipengaruhi tinggi stang sepeda

Tak terkecuali baik pria maupun wanita seringkali rentan mengalami gangguan seksual jika alat reproduksinya terganggu. Padahal potensi itu bisa muncul dari berbagai faktor, termasuk jenis aktivitas dan perangkat yang menyertainya. Kondisi semacam ini juga terjadi pada atlit atau pesepeda wanita.

Baru-baru ini sebuah studi di AS menemukan bahwa kesehatan seksual pesepeda wanita bisa dipengaruhi oleh tinggi stang sepedanya.

Secara khusus studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine ini mengamati dampak dari sadel dan posisi stangnya terhadap tekanan pada sadel dan sensasi kemaluan.

Studi ini melibatkan 48 pesepeda wanita yang tidak sedang hamil ataupun memasuki masa pra-menopause serta mengendarai sepeda sedikitnya 16 kilometer per minggu, empat minggu selama sebulan.

Tekanan sadel dan sensasi pada daerah kemaluan pun diukur untuk menentukan apakah penempatan stang dalam berbagai posisi mempengaruhi tekanan dan sensasinya terhadap daerah kemaluan.

Hasilnya, studi ini menemukan bahwa stang sepeda yang lebih rendah dari sadelnya dikaitkan dengan peningkatan tekanan pada daerah kemaluan dan penurunan sensasi sehingga mengurangi kemampuan partisipan untuk mendeteksi getaran.

“Memodifikasi sepeda mungkin bisa membantu mencegah kerusakan saraf pada kemaluan pesepeda wanita. Masalahnya, kerusakan kronis pada saraf kemaluan akibat tekanan sadel dapat berujung pada disfungsi seksual,” ujar ketua tim peneliti Dr. Marsha K. Guess dari Yale University School of Medicine.

Namun pesepeda wanita dapat mengambil langkah sederhana untuk melindungi kesehatan seksualnya tersebut, ungkap Irwin Goldstein, pemimpin redaksi Journal of Sexual Medicine.

“Jika wanita dapat meminimalisir penekanan pada jaringan kemaluannya hanya dengan mereposisi stangnya menjadi lebih tinggi sehingga pesepeda bisa duduk dengan tegak dan memaksimalkan tekanan pada tulang duduk wanita maka mereka pun bisa tetap memelihara kesehatan seksualnya yang sangat penting itu,” tambah Irwin seperti dilansir dari CBC, Kamis (12/7/2012).

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu