dalam kategori | Tips Kesehatan

Kenali pesan yang ditujukkan tubuh Anda

Kenali pesan yang ditujukkan tubuh Anda

Apa Kata Tubuh Anda ? Sayangilah diri Anda sendiri. Caranya ?

Perhatikan setiap kelainan yang ditunjukan olehnya. Pusing terus menerus, atau sakit perut, jangan cuma dilihat sambil lalu. Siapa tahu tubuh Anda berusaha ‘menyampaikan’ pesan.

Banyak lho penyakit berbahaya, yang pada awalnya hanya menunjukan gejala ringan. Tapi jangan panik dulu. Tidak semua gejala berakibat fatal. Itulah sebabnya Anda perlu lebih mengenali gejala yang ditujukkan tubuh dan bagaimana mengatasinya.

 

1. SAKIT PERUT

Sakit perut, adalah kata yang paling umum digunakan untuk menggambarkan masalah yang Anda rasakan di area tengah badan Anda. Padahal di situ pula terdapat banyak organ reproduksi wanita.

Gejala Pertanda/Penyebab Yang bisa Anda lakukan
Sakit di bagian atas perut, tepat di bawah tulang iga. Kadang disertai rasa mual dan muntah Gastritis (radang lambung)
Penyebab : makanan pedas, terserang virus perut atau konsumsi makanan dalam jumlah berlebih.
Kosongkan perut selama 4-6 jam. Setelah itu, konsumsi makanan yang lunak, seperti roti atau bubur. Minum wedang jahe atau air putih. Obat obatan jenis antasida juga dapat membantu
Nyeri yang berhubungan dengan makanan, mual, kadang berat badan turun. Tukak lambung (maag)
Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga kebiasaan merokok, minum alkohol dan stres memicu hal ini.
Untuk mengurangi rasa nyeri coba obat antasida. Supaya tukak lambung sembuh sempurna dibutuhkan pengobatan selama 3 bulan. Bila tidak segera sembuh atau ada komplikasi, mungkin diperlukan tindakan bedah.
Rasa panas tepat di bawah tulang dada. Perasaan ini sangat terasa manakala lambung dalam keadaan kosong. Infeksi lambung
Hal ini bisa terjadi akibat ulah bakteri, kebiasaan merokok, stres, alkohol, kafein atau aspirin. Semuanya memproduksi asam yang bercokol di lambung.
Pastikan untuk menghindari pemicunya atau gunakan obat asataminofen. Minum banyak air itu untuk menghindari dehidrasi, tetapi hindari minum susu yang dapat memicu produksi asam lambung. Gunakan pula obat jenis antasida. Coba latihan rileksasi yang dapat mengurangi stres.

Kapan menemui dokter

  • Rasa sakit yang disertai demam, muntah atau gejala parah lainnya.
  • Rasa sakit serta kram.
  • Rasa sakit disertai pendarahan di luar masa menstruasi.

 

2. FATIGUE

Merasa lelah atau lesu? Bisa berarti Anda hanya kelelahan akibat aktivitas yang menumpuk dan kurang beristirahat.

Tapi hal ini juga dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius, seperti dehidrasi, depresi, kesalahan pola tidur, atau mungkin konsumsi obat-obatan yang tidak cocok.

Gejala Pertanda/Penyebab Yang bisa Anda lakukan
Lelah, bosan dan mengantuk Kelelahan Biasa
Kadang dipicu oleh masalah yang tidak serius seperti stres, PMS ; Konsumsi makanan yang kurang bergizi, kurang ber-olahraga atau hanya bosan saja.
Tidur yang cukup, olahraga teratur, makan yang sehat, minum setidaknya 8 gelas sehari. Coba kurangi stres dengan melakukan hobi. Kalau perubahan gaya hidup ini tidak berhasil juga, temui dokter. Mungkin adalah efek samping pengobatan, atau bahkan gejala masalah yang lebih serius.
Lelah berkepanjangan, dengan rasa sakit dan demam. Gejala mungkin terjadi secara tiba-tiba muncul secara teratur dan seringkali terjadi pada mereka yang stres berat. Chronis Fatigue Syndrome
Biasanya dimulai dengan penyakit seperti bronkitis, hepatitis atau flu. Meski tak banyak yang di ketahui dari CFS, para dokter percaya, hal ini disebabkan oleh virus atau ‘runtuhnya’ sistem pertahanan tubuh. Bahkan, CFS dikaitkan pula dengan herpes, infeksi jamur (candidiasis), penyakit lingkungan dan HIV.
Kurangi stres Anda, konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan atasi masalah lain dalam hidup Anda. Kalau hal ini tidak mampu mengatasinya, segera temui dokter. Untuk melawan fatigue yang berkaitan dengan masalah emosional, Anda perlu berkonsultasi dengan seorang dokter.

Kapan menemui dokter

Fatigue bisa berarti tubuh Anda sedang ‘berperang’ melawan penyakit yang lebih serius, seperti kanker atau penyakit jantung. Supaya aman, temui dokter kalau Anda mengalami masalah di bawah ini:

  • Perasaan kehilangan energi dan lemas yang tak dapat dijelaskan yang berlangsung lebih dari dua minggu.
  • Fatigue yang disertai nyeri otot, rasa sakit yang bisa terjadi di seluruh penjuru tubuh, mual, demam, depresi atau mood yang tidak teratur.

 

3. SAKIT KEPALA

Sulit untuk menentukan jenis sakit kepala yang Anda derita. Migren misalnya. Banyak wanita mengidap penyakit ini, tapi baru kurang dari setengahnya mendapat pengobatan yang tepat. Menurut sebuah penelitian di Albert Einstein College of Medicine, New York, hal ini dikarenakan sangat bervariasinya gejala sakit kepala.

Gejala Pertanda/Penyebab Yang bisa Anda lakukan
Gejala Tekanan di antara alis mata serta di atas dan di bawah mata, juga disertai demam Sakit kepala akibat sinusitis
Kala saluran pernapasan Anda tersumbat, penyakit ini muncul. Penyebabnya mungkin alergi (asap rokok, debu, bulu binatang) atau produksi lendir berlebih akibat flu.
Pertama, coba untuk membuka sinus Anda dengan mandi air hangat. Hindari jenis alergen yang menyebabkan penyumbatan sinus. Apabila minum obat-obatan pun sakit kepala tak hilang dan lendirnya berwarna kuning atau hijau, segera temui dokter.
Sakit kepala dari yang parah sampai yang sedang-sedang saja pada dua sisi kepala, tepatnya di puncak kepala. Leher dan bahu terasa tegang dan kaku. Tension headache (sakit kepala karena tegang)
Mungkin disebabkan oleh stres, postur tubuh yang salah, mata tegang, kurang tidur atau asap rokok.
Istirahat di kamar yang gelap dan tenang. Telan obat pereda rasa sakit bila tak tertahankan. Kurangi stres, meditasi dan relaksasi. Temui dokter kalau sakitnya masih berlanjut.
Sakit kepala di bagian mata dan daerah sekitarnya (30-90 menit), mata dan hidung berair, keringat di wajah. Terjadi setiap malam selama beberapa minggu atau bulan. Sakit kepala klaster
Bisa dipicu oleh alkohol atau perokok berat. Biasanya pria, di usia 20-40 tahun.
Kompres kepala dengan kantong es dan mandi air hangat. Temui dokter setelah serangan pertama. Dokter mungkin akan memberikan resep atau oksigen murni.
Kepala terasa berdenyut-denyut di satu sisi kepala. Mual dan sensitif terhadap cahaya, suara dan stimuli lain. Migren
Biasanya dipicu oleh perubahan cuaca, fatigue, menstruasi, pil KB, coklat, keju dan MSG, dan stres.
Berbaringlah di tempat yang gelap dan sunyi, kompres di kepala untuk memperkecil pembuluh syaraf dan minum aspirin atau ibuprofen. Untuk yang sudah parah temui dokter.
Demam, sakit kepala, mual dan muntah, leher terasa kaku, sensitif terhadap cahaya, gatal-gatal (kadang-kadang), rasa bingung. Meningitis
Radang membran yang menutupi tulang belakang dan otak. Penyakit yang berbahaya.
Segera temui dokter untuk mengobatinya.
Sakit kepala yang semakin parah, mual dan muntah, mata kabur, hilang ingatan, perubahan karakter. Berlangsung berbulan-bulan. Tumor Otak Segera periksakan diri ke dokter yang dapat menganalisa secara akurat.

Kapan menemui dokter

Sakit kepala jarang menunjukkan adanya gangguan sistem syaraf yang serius. Tapi kalau Anda menderita sakit kepala disertai gejala lain seperti di bawah ini, jangan menunda pemeriksaan medis:

  • Pandangan kabur atau ganda
  • Sakit kepala yang parah
  • Mual, muntah dan kejang
  • Lemas pada salah satu/beberapa bagian tubuh
  • Pingsan

 

4. MENSTRUASI TIDAK TERATUR

Setiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda. Biasanya siklus aman antara 24 sampai 35 hari, dengan siklus rata-rata 28 hari. Bagi sebagian besar wanita normal- normal saja bila haid berfluktuasi satu atau dua hari bahkan lebih. Menstruasi tidak teratur yang muncul setelah wanita berusia 45 tahun biasanya merupakan gejala menopause.

Gejala Pertanda/Penyebab Yang bisa Anda lakukan
Menstruasi terlambat, sangat sakit dan banyak, kram, nyeri, terasa tekanan di perut bagian bawah. Kehamilan Ektopik
Kehamilan diluar rahim, biasanya di saluran indung telur.
Hubungi ginekolog Anda. Kalau rasa sakitnya sangat parah, segera temui dokter atau ke ruang UGD.
Menstruasi terasa sangat sakit, terutama di bagian bawah perut dan punggung, atau vagina, berlangsung sebelum menstruasi dan semakin parah; sakit saat senggama; rasa mual dan muntah sesaat sebelum haid. Endometriosis
Suatu keabnormalan; jaringan dinding rahim tumbuh di luar rahim dan ‘menempel’ di organ lain.
Segera periksa diri ke dokter.
Haid berat, tidak teratur, rasa sakit di bagian bawah perut atau punggung; keluar cairan dari vagina yang berbau tidak enak; rasa sakit selama senggama, demam dan kadang kedinginan. Radang Pelvik (Pelvic Inflammatory Desease)
Infeksi organ reproduksi, biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual. Bisa menyebabkan kemandulan atau kehamilan di luar rahim.
Segera periksakan diri ke dokter. Setelah didiagnosis positif, konsumsi seluruh obat yang diberikan dokter bahkan setelah gejala menghilang. Apabila penyebabnya gonorrhea atau chlamydia, pastikan pasangan Anda juga diobati. Jangan berhubungan seks sampai gejalanya hilang. Banyak istirahat. Kalau diperlukan, konsumsi obat-obatan pembunuh rasa sakit seperti ibuprofen.
Perubahan pada berat ringannya haid, panjang periode, atau waktu antara masa haid, nyeri atau sakit di bagian perut, perasaan kenyang, pembengkakan atau tekanan di bagian perut, sering buang air kecil. Kista di Rahim.
Keadaan bisa berarti dua hal, kista jinak yang tidak memicu kanker atau sebaliknya bisa memicu kanker rahim.
Periksakan diri ke dokter. Sangat penting untuk mendeteksi kanker rahim secara dini.

 

5. DEMAM

Suhu tubuh manusia rata-rata adalah 36ºC – 37ºC, tapi beberapa orang memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu tubuh normal. Suhu tubuh juga cenderung meningkat seiring berjalannya hari. Bagi orang dewasa, suhu tubuh baru dikategorikan demam manakala mencapai lebih dari 37ºC. Gunakan termometer, untuk mengukur suhu tubuh secara akurat.

Gejala Pertanda/Penyebab Yang bisa Anda lakukan
Demam, kadang terasa kaku, otot kejang dan sakit, berkeringat, susah menelan. Tetanus
Infeksi kuman anaerobik yang terdapat dalam tanah, kotoran binatang dan menginfeksi luka.
Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan gawat darurat. Anda butuh suntikan anti tetanus dan membersihkan luka sesegera mungkin.
Demam, mata kemerahan, otot/tulang sakit, batuk. Hidung berair yang bisa berlangsung 1-2 minggu setelah gejala lain hilang. Influensa
Orang yang sehat akan sembuh sendiri tanpa obat. Pada anak-anak, orang tua dan yang lemah bisa terjadi komplikasi. Bisa menular.
Istirahat, hentikan olahraga. Minum banyak cairan. Minum obat demam dan atau obat batuk. Periksa dokter apabila gejala menetap sampai lebih dari lima hari.
Demam tak terlalu tinggi, sakit di bagian bawah kanan perut, mual dan muntah. Rahang terkunci. Usus Buntu
Usus buntu bisa meradang karena bakteri.
Segera temui dokter. Sementara itu jangan mengkonsumsi obat atau makanan pencahar. Kemungkinan akan ada tindakan operasi.
Demam, mual atau kehilangan selera makan, kulit atau mata menguning, urin berwarna gelap, fatigue. Hepatitis.
Liver yang meradang, disebabkan oleh virus. Penyakit ini sangat menular. Gejalanya bisa ringan namun bisa juga menyebabkan kematian.
Jangan minum alkohol, dapat merusak liver. Bahkan dalam keadaan sehat. Istirahat sebanyak mungkin. Makan dalam porsi kecil, namun sering. Minum setidaknya 8 gelas air sehari. Jangan mengkonsumsi obat-obatan jenis aspirin atau asetaminofen. Selanjutnya, segera temui dokter.
Demam disertai batuk dengan atau tanpa dahak, sakit dada, napas cepat, sakit perut. Pneumonia
Infeksi paru-paru yang bisa dipicu oleh semua jenis bakteri, virus atau jamur. Pneumonia bisa merupakan komplikasi dari infeksi ringan seperti flu atau campak. Berbahaya untuk orang tua dan anak-anak.
Minum obat anti demam dan obat batuk ekspetoran. Hirup uap panas (dari baskom) untuk melembabkan saluran pernapasan dan mencairkan dahak. Dapat pula Anda tambahkan 1 sendok teh balsam pada air panas untuk menghilangkan sumbatan saluran pernapasan. Segera temui dokter.

Kapan menemui dokter

  • Demam yang datang setelah Anda berada di tempat yang panas selama beberapa jam, tidak berkeringat, degup jantung kencang, perasaan bingung, hilang kesadaran.
  • Demam tiba- tiba, disertai rasa mual dan diare, ruam-ruam di kulit, fatigue, sakit kepala, perasaan bingung dan pusing, bisa jadi Anda mengalami toxic shock syndrome.

 

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu