dalam kategori | Herbal

Kemangi, penting bagi reproduksi wanita maupun pria

Kemangi, penting bagi reproduksi wanita maupun pria

Kemangi adalah tanaman yang memiliki bau dan rasa yang khas, dan juga merupakan salah satu lalapan segar untuk dimakan yang ternyata memiliki berbagai macam khasiat.

Kemangi sangat penting bagi reproduksi wanita maupun pria, karena senyawa arginine yang dikandungnya dapat mencegah kemandulan. Zat flavonoid di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh, sedangkan zat flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol bermanfaat sebagi antibiotik alami dan antiperadangan. Selain itu kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium yang penting dalam menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahawa khasiat dari daun kemangi atau sari daun kemangi bisa untuk mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.

Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Masih ada lagi kelebihan dari kemangi, yaitu kandungan boron yang berperan merangsang hormone androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang. Kemangi juga sangat berguna bagi ibu-ibu, karena dengan mengonsumsi kemangi setiap hari dapat menunda masa menopause.

Khasiat lainnya dari kemangi

  • Mengandung senyawa arginine yang juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Minyak atsiri dalam kemangi dapat dipakai sebagai aroma terapi dan menyegarkan tubuh.
  • Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat ataupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan.
  • Minyak kemangi berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus. Juga gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang atau kram), dan gangguan saraf.
  • Untuk wanita, senyawa eugenol-nya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan.
  • Di India dan sebagian wilayah di Afrika, seduhan “teh kemangi” merupakan hidangan pengganti teh. Minuman tersebut biasanya disajikan pada saat pergantian musim, yaitu ketika orang mudah terserang batuk, pilek, ataupun demam.
  • Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.
  • Dengan kandungan seyawa aktif didalamnya, kemangi dapat menurunkan kadar asam urat darah pada tubuh manusia.
  • Mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan segar dapat mengurangi bau badan dan Bau mulut.
  • Aroma kemangipun dapat menolak gigitan nyamuk.
  • Sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu