dalam kategori | Pola Hidup

Kelebihan Hormon Pria Bikin Wanita Susah Diajak Kerjasama

Kelebihan Hormon Pria Bikin Wanita Susah Diajak Kerjasama

Kemampuan bekerjasama dalam kelompok sangat dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Pada perempuan, hormon testosteron yang lebih dominan ditemukan pada laki-laki bisa mengubah sikap orang menjadi lebih egois dan susah diajak bekerjasama.

Kecenderungan ini dibuktikan dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 34 relawan perempuan yang tidak saling kenal. Para relawan dibagi menjadi 17 pasang, masing-masing diberi tugas tertentu untuk mengukur kemampuan masing-masing utnuk bekerja sebagai tim.

Eksperimen dilakukan selama 2 hari, pada hari pertama seluruh relawan diberi suplemen hormon testosteron. Sementara pada hari kedua, relawan hanya mendapat plasebo atau obat kosong tanpa diberitahu bahwa obat itu sebenarnya tidak ada isinya.

Hasil pengamatan menunjukkan, para relawan cenderung lebih kooperatif atau kompak untuk bekerja sebagai tim pada hari kedua. Artinya ketika diberi hormon testosteron, para relawan menjadi lebih keras kepala dan cenderung mempertahankan pendirian masing-masing.

“Testosteron bisa membuat orang lebih tegas mengambil keputusan. Tapi kadang jika terlalu banyak, hormon ini membuat orang lebih tertutup untuk melihat cara pandang orang lain,” kata Dr Nick Wright yang melakukan penelitian tersebut seperti dikutip dari Healthday.

Hal yang sama juga terungkap ketika para peneliti dari University College London ini mengamati para penghuni penjara perempuan di Inggris. Narapidana yang kelebihan testosteron cenderung lebih agresif dan bersikap antisosial atau jarang bergaul.

Testosteron sebenarnya lebih dominan ditemukan pada laki-laki, sehingga disebut sebagai hormon seks laki-laki. Pada masa puber, hormon ini bertanggung jawab memunjulkan tanda-tanda seksual sekunder seperti tumbuhnya rambut halus di wajah dan sekitar kemaluan.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu