dalam kategori | Pola Hidup

Kapan sebaiknya makan setelah berolahraga?

Kapan sebaiknya makan setelah berolahraga?

Setelah berolahraga, tubuh memerlukan nutrisi untuk mengganti kalori yang sudah terbakar ketika berolahraga. Tapi kapan sebaiknya orang harus makan setelah berolahraga?

Nutrisi yang dikonsumsi setelah berolahraga bisa mempengaruhi faktor pemulihan tubuh menjadi lebih cepat, serta memperoleh kebugaran, mempertahankan dan membangun otot-otot di tubuh.

Namun kondisi ini tergantung dari makanan apa yang dikonsumsi setelah ia berolahraga, karena beberapa makanan bisa memicu percepatan pemulihan tapi ada juga yang memperlambat pencernaan sehingga tubuh kekurangan energi.

Satu jam pertama setelah selesai latihan dianggap sebagai ‘golden hour’, karena pada saat itu bagian tubuh yang menyimpan glikogen telah habis. Untuk itu tubuh harus mendapatkan asupan glukosa untuk mendapatkan energi kembali dan mengganti simpanan glikogen yang hilang.

Selain itu hal yang tak kalah penting adalah seseorang perlu mengonsumsi cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Penggantian simpanan glikogen, cairan dan ion tubuh yang hilang ini harus dimulai dalam waktu 30 menit setelah olahraga untuk meningkatkan proses pemulihan tubuh, seperti dikutip dari Lifemojo.

Selain air, makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga harus mengandung protein dan karbohidrat seperti:

  • Buah kering dan kacang
  • Buah atau jus sayuran bersama dengan sandwich ayam atau sandwich sayuran (sebaiknya pilih roti yang berwarna cokelat)
  • Omelet sayuran dengan roti
  • Cokelat susu
  • Sereal dengan susu
  • Roti panggang dan telur

Namun sebaiknya hindari mengonsumsi lemak setelah olahraga karena bisa memperlambat pencernaan. Kondisi ini akan mempengaruhi pencernaan dari protein dan juga karbohidrat.

Adalah Kristin Reisinger, MS, RD, seorang ahli nutrisi dan olahraga asal New Jersey yang mengatakan bahwa, sekalipun sedang diet dan usai berolahraga, Anda tetap harus makan. “Anda tetap harus menjaga nutrisi dan memberi makan tubuh serta otot setelah melakukakan latihan,” ungkap Kristin seperti dikutip dari Shine.

Pun demikian, makanan yang boleh dikonsumsi setelah berolahraga bukan makanan sembarangan. Apa sajakah makanan yang boleh dikonsumsi tersebut?

Kombinasi Whey protein dan buah pisang

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa whey protein sangat membantu dalam memberikan makanan pada otot. Namun, karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, maka Anda boleh menggantikan asupan nasi dengan buah pisang. Pisang mengandung karbohidrat yang jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang nasi. Dengan demikian Anda bisa tetap mendapatkan asupan karbohidrat tanpa merasa takut akan gemuk.

Kombinasi selai kacang dan roti gandum

Sedang merasa lapar, selai kacang dan roti gandum bisa menjadi solusi yang tepat apabila Anda tidak menyukai pisang.

Yoghurt dan buah berries

Untuk membuat otot lebih kuat dan besar, Anda tak bisa mengesampingkan kebutuhan akan protein. Selain dua menu di atas, Anda bisa mengonsumsi kombinasi yoghurt dan buah berries yang kaya antioksidan. Kebutuhan protein dan karbohidrat serta tambahan vitamin, tercukupi.

Tuna dan roti gandum

Bosan dengan sajian yang sudah disebutkan di atas Anda bisa sedikit memanjakan diri dengan kombinasi ikan tuna dan roti gandum. Tambahkan sayuran seperti selada dan mentimun, boleh juga dengan saus agar rasanya lebih nikmat. Sandwich tuna pun siap disantap 🙂

Apel dan serutan keju

Siapa bilang diet berarti harus berhenti makan makanan berlemak? Keju masih diperbolehkan dan dianjurkan karena kandungan protein dan karbohidratnya kok.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu