dalam kategori | Layanan Kesehatan

Kanker pada anak dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini

Kanker pada anak dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini

Data statistic resmi dari IARC(International Agency for Research on Cancer) menyatakan bahwa 1 dari 600 anak akan menderita kanker sebelum umur 16 tahun.

Penyakit kanker pada anak membutuhkan penanganan dengan keahlian, sarana dan prasarana khusus.

Apabila kanker menimpa pada anak, maka akan merupakan beban yang kompleks bukan hanya bagi orang tua tetapi juga pada saudara-saudaranya, dokter, perawat, sekolah dan masyarakat serta lingkungannya.

Kanker pada anak diperkirakan mencapai 1% dari jumlah penyakit kanker secara menyeluruh, namun kanker pada anak dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini dan pengobatan serta perawatannya dilaksanakan dengan sarana/prasarana yang memadai.

Jenis Kanker Pada Anak

Leukimia

Leukimia adalah kanker pada anak yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Leukimia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar. Gejala yang perlu diwaspadai dan sering ditemukan pada leukimia antara lain pucat, demam atau pendarahan yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang dan pembengkakan perut.

Tumor Otak

Tumor pada otak dapat mengganggu fungsu dan merusak struktur sususan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas(rongga tengkorak).

Gejala yang harus diwaspadai pada tumor otak adalah sakit yang disertai mual sampai muntah-muntah. Dapat pula disertai daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran atau perubahan perilalku.

Pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjpol. Hal lain yang perlu dicurigai adalah bila terdapat gangguan bicara dan keseimbangan tubuh, anggota gerak melemah atau kejang.

Retinablastoma

Retinablastoma adalah kanker mata yang sering dijumpai pada anak. Gejala yang perlu duawasi ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya seperti mata kucing. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

Limfoma

Limfoma Maglia adalah kanker kelenjar getah bening, kanker ini biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak dan atau selangkangan serta usus tanpa disertai rasa nyeri.

Bila timbulnya di kelenjar getah bening dalam usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejala sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar dan demam. Bila tumbuh di daerah dada maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas. Menyebabkan sesak nafas dan muka membiru.

Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah suatu gejala jenis kanker saraf yang dapat menunjukkan banyak gejala, tergantung pada lokasinya. Neuroblastoma dapat terjadi di daerah leher atau rongga dada dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil melebar.

Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat. Tumor di daerah perut akan teraba bisa sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya pincang mendadak.

Tumor Wilms

Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering dijumpai pada anak.Kanker ini dapat ditandai dengan kecing berdarah, rasa tidak enak di dalam perut dan bila sudah cukup besar teraba keras, biasanya diketahui ketika anak dimandikan.

Rabdomiosarkoma

Kanker ini dijumpai pada otot di mana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat(kelenjar kelamin pria) dan vagina. Gejala yang ditimbulkan bergantung pada letak kanker.

Pada rongga mata menyebabkan mata menonjol keluar. Di telinga menyebabkan nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Di tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan nafas, radang sinus(rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan) atau sulit menelan. Di saluran kandung kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah. Bila mengenai saluran pencernaan dapat mengalami gangguan buang air besar. Bila mengenai otot anggota gerak akan membengkak.

Osteosarkoma

Osteosarkoma adalah kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang. Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai lengan dan pinggul.Kadang-kadang didahului oleh benturan keras seperti jatuh dan sebagainya.

Gejala-Gejala Kanker Pada Anak

Kanker dapat mengenai semua organ tubuh dengan tanda-tanda:

  • Mata
    Bintik putih pada mata/”Mata Kucing”, mata tampak lebih besar, mata menonjol, pendarahan pada mata secara spontan, mada mendadak juling. Umumnya terjadi pada anak-anak dibawah 4 tahun.
  • Pembengkakan
    Misalnya pada hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening dan tulang.
  • Rasa Nyeri
    Pada tulang atau sendi.
  • Tanda-tanda Neurologis
    Sakit kepala yang berkepanjangan dan disertai mual atau muntah yang menyemprot pada saat bangun tidur, gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang, perubahan perilaku, kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak.
  • Tanda-tanda Umum
    Pucat, demam yang tdak diketahui sebabnya, pendarahan yang abnormal (lebam/biru-biru di kulit, mimisan, kencing berdarah), penurunan berat badan dan tidak nafsu makan.

Tahukah Anda?

  • Diperkirakan pada tiap 1 juta anak akan ditemui 120 anak menderita kanker tiap tahunnya.
  • Pengobatan kanker pasti memerlukan biaya tinggi, namun kanker pada anak dapat disembuhkan apabila dideteksi secara dini dan memperoleh pengobatan dan perawat yang sebaik-baiknya.
  • Pengobatan serta perawatan kanker pada anak memakan waktu 3 bulan – 2.5 tahun.
  • Kurangnya fasilitas yang tersedia bagi keluarga serta pasien yang menjalani rawat jalan ataupun rawat inap di rumah sakit.
  • Bahwa umumnya pasien dalam keadaan rentan/imunitas menurun oleh karena pengobatannya
  • Pengobatan dan perawatan yang berkesinambungan melalui rawat inap maupun rawat jalan sangat menentukan keberhasilan kesembuhannya.

Program RUMAH KITA Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Apa peranan rumah singgah RUMAH KITA?

  • Rumah kedua yang dikelola secara bersama-sama dengan keluarga lainnya secara penuh kekeluargaan dan gotong royong.
  • Rumah untuk berkumpul bersama keluarga pasien yang lainnya yang memungkinkan untuk bercengkerama dan bersosialisasi serta sharing.
  • Fasilitas berisitirahat sementara bagi orang tua atau pendamping bila anaknya sedang rawat inap di rumah sakit.
  • Rumah kedua yang tersedia bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit, bersama orang tua dan pendamping.
  • Rumah yang memungkinkan untuk menyiapkan makanan, masak, mencuci pakaian seperti di rumah sendiri.
  • Rumah yang memungkinkan anak-anak bermain, bersenda gurau, belajar yang dikelola secara profesional oleh guru-guru (Sarjana pendidikan dan Psikologi)

Persyaratan untuk menempati RUMAH KITA

  • Dalam perawatan di rumah sakit terdekat.
  • Mendaftar pada Koordinator RUMAH KITA dan melengkapi persyaratan yang ada.
  • Bersedia merawat, menjaga segala perabotan yang ada serta memasak secara bersama-sama, mencuci sendiri segala peralatan makan/minum/sprei dan menjaga kebersihan RUMAH KITA baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan penghuni lainnya.
  • Menjaga keamaan serta ketertiban di RUMAH KITA maupun lingkungan sekitarnya baik sendiri serta bersama-sama penghuni lainnya serta mematuhi segala peraturan yang ada di RUMAH KITA.
  • Dilarang keras merokok di RUMAH KITA.
  • Membayar sebesar Rp.5.000,- perkeluarga/hari. (KELUARGA = pasien dan 1 pendamping)

RUMAH KITA
Jl. Percetakan Negara IX no.10A
Telp. +62 21 42872556, Fax. 62.21.4216089
Cempaka Putih, Jakarta, 10570

Koordinator RUMAH KITA:
Ibu Ingrid Lolita, Hp. 0819 08221975
Ibu Widji Lestari, Hp. 0812 81110751

www.ykaki.org: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dibentuk dengan dasar kasih, dengan empati pada anak penderita kanker serta orang tua mereka. Program YKAKI dibuat dalam rangka menyediakan pendidikan selama masa penyembuhan dan dukungan kepada orang tua anak penderita kanker dengan cara yang paling mungkin sehingga mereka akan merasa beban dan tekanan selama masa perawatan anak mereka akan berkurang.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu