dalam kategori | Pola Hidup

Kadmium Tinggi Sebabkan Perempuan Sulit Hamil

Kadmium Tinggi Sebabkan Perempuan Sulit Hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar logam kadmium yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan ketidaksuburan pada perempuan.

Sekadar diketahui, kadmium adalah logam yang digunakan dalam baterai, pelapis logam, dan plastik. Sumber yang paling kuat dari paparan logam tersebut berasal dari merokok.

Para pakar kesehatang mengatakan, bahwa paparan logam-logam beracun seperti kadmium memiliki beberapa efek pada kesehatan manusia, termasuk kesuburan.

Penelitian mengenai kadmium kaitannya dengan kesuburan pada perempuan, telah dilakukan oleh para ilmuwan dari American National Institutes of Health. Penelitian ini melibatkan 501 pasangan di Michigan dan Texas yang sedang berusaha memiliki keturunan.

Peserta perempuan berusia 18-44 tahun, sedangkan laki-lakinya berusia di atas 18 tahun. Semua peserta kondisi kesuburannya dipantau oleh para ilmuwan selama satu tahun atau sampai pasangan perempuannya hamil.

Para peneliti menggunakan pengukuran statistik pada konsentrasi logam yang terdapat dalam darah dari para peserta.

Hasil penelitian menemukan, bahwa di antara peserta perempuan, 22 persen kemungkinan kemampuannya untuk hamil rendah, karena meningkatnya konsentrasi (kadar) kadmium dalam darahnya.

Penelitian ini dirilis online pada bulan Februari dan akan diterbitkan dalam Jurnal Chemosphere.

“Hasil penelitian kami menunjukkan, bahwa perempuan yang berencana memiliki anak harus meminimalkan kadar kadmiumnya dalam darah,” kata pemimpin peneliti Dr Germaine Buck Louis, yang juga direktur dari divisi penelitian epidemiologi, statistik, dan penanggulangan di National Institute of Child Health and Human Development, AS, dalam siaran persnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi kadar Kadmium dalam darah? Louis mengatakan, dengan cara menghindari atau berhenti merokok. Itu saja.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu