dalam kategori | Tips Kesehatan

Jus tomat, mengembalikan stamina setelah berolahraga

Jus tomat, mengembalikan stamina setelah berolahraga

APAKAH Anda lebih memilih minuman soda dingin atau minuman penambah energi selepas berolahraga? Jika iya, sebaiknya Anda beralih pada jus tomat. Jus buah dengan nama latin Solanum lycopersicum ini dipercaya mampu mengembalikan stamina lebih cepat setelah beraktivitas berat.

Dalam penelitiannya, tim dari General Chemical State Laboratory di Yunani meneliti sembilan atlet yang mengonsumsi jus tomat setelah berolahraga dan enam atlet lainnya mengonsumsi minuman energi. Dari hasilnya, terlihat bahwa atlet yang mengonsumsi jus tomat memiliki tingkat pemulihan otot yang lebih cepat. Selain itu, kadar glukosa dalam darah mereka juga lebih cepat stabil setelah berolahraga.

Dalam penelitian ini juga menyebutkan bahwa tomat memiliki bahan kimia penting yang membantu memulihkan otot dan membuat pembuluh darah kembali normal setelah diregangkan. Fakta tersebut ditemukan peneliti setelah meneliti 15 atlet selama dua bulan dengan memperhatikan tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Seperti diketahui sebelumnya, tomat yang dijus merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan potensi likopen yang bermanfaat untuk mencegah kanker dalam buah ini.

Jus tomat menjadi minuman kesehatan yang mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Berikut ini adalah 10 manfaat jus tomat untuk kesehatan yang dilansir dari Magforwomen.

1. Kaya antioksidan
Tomat mengandung lycopene, yang dianggap sebagai salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Zat ini melindungi kulit dari bahaya sinar ultra-violet, serta sel-sel tubuh dan organ.

2. Efektif melawan kanker
Likopen juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, yang berarti bahwa itu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan, dengan demikian, membantu tubuh dalam memerangi kanker.

3. Membantu untuk mengimbangi miokardium infark
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jus tomat mengandung likopen, bisa mencegah serangan jantung.

4. Membantu penyembuhan penyakit paru-paru
Jus tomat sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita berbagai penyakit paru-paru seperti TBC, bronkitis dan asma. Jus tomat dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

5. Bagus untuk penderita diabetes
Dari hasil peneletian didapat jika jus tomat menghambat pembentukan bekuan darah, yang menurut para peneliti, adalah indikasi dari minuman yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

6. Baik untuk janin
Vitamin C dan kalium dalam jus tomat sangat baik bagi wanita hamil karena minuman ini menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk janin.

7. Mencegah sembelit
Jus tomat, bila dikombinasikan dengan jus bayam, tidak hanya mengaktifkan fungsi hati, tetapi bekerja seperti pencahar dan mencegah sembelit.

8. Sumber energi
Berkat kandungan kalium yang tinggi, jus tomat dapat membantu Anda mengatasi kelelahan, dan membuat Anda merasa lebih berenergi.

9. Memperlancar proses pencernaan
Jus tomat dapat berfungsi sebagai pembuka yang efektif dalam membantu proses pencernaan.

10. Menjaga kesehatan
Buah tomat kaya akan vitamin A dan C yang dapat menghancurkan virus jahat (penyakit) dalam aliran darah, sehingga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Minumlah jus tomat secangkir setiap harinya untuk melindungi dan memelihara kesehatan Anda!

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu