dalam kategori | Asupan Sehat

Jus Tomat (juga) Baik untuk Osteoporosis

Jus Tomat (juga) Baik untuk Osteoporosis

GAYA hidup sehat memainkan peran penting dalam upaya pencegahan dini terhadap keropos tulang atau osteoporosis. Para peneliti dari University of Toronto, Kanada, merekomendasikan mengonsumsi dua gelas jus tomat setiap hari untuk mendapatkan tulang yang kuat.

Menurut Daily Mail, saran tersebut didasarkan pada penelitian terhadap 60 wanita pascamenopause berusia 50-60 tahun. Dalam studi itu, mereka diminta untuk berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung tomat selama satu bulan.

Akibatnya, terjadi peningkatan kadar N-telopeptida dalam darah. N-telopeptida adalah kimia alami yang biasanya masuk ke dalam darah ketika kerapuhan tulang terjadi.

Dalam empat bulan berikutnya, peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan perlakuan berbeda. Kelompok pertama diminta untuk mengonsumsi jus tomat setiap hari dengan kandungan lycopene rata-rata 15 mg. Kelompok kedua menerima suplementasi dengan asupan likopen sebanyak 35 mg. Kelompok terakhir mengonsumsi plasebo atau suplemen palsu.

Hasilnya, terjadi penurunan yang cukup signifikan untuk kadar N-telopeptide dalam darah pada kelompok yang mengonsumsi jus tomat dan suplemen likopen. Sementara wanita dalam kelompok yang mendapat plasebo tidak mengalami perubahan kondisi.

Sebagaimana dinyatakan dalam jurnal Osteoporosis International, dua gelas jus tomat dengan kandungan likopen 15 mg cukup untuk mempertahankan kekuatan tulang. Kandungan likopen dalam tomat bahkan berguna sebagai antioksidan, mengurangi risiko serangan jantung, dan kanker prostat.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu