dalam kategori | Asupan Sehat

Juice buah dan sayur, menyehatkan tubuh

Juice buah dan sayur, menyehatkan tubuh

Apa yang seharusnya bisa dilakukan utk mencegah penyakit? Menurut Dr Walker dalam bukunya “Fresh Vegetable and Fruit Juices”, dengan makan sayuran dan buah buahan tanpa dimasak atau hanya dengan pengolahan minimum, tubuh akan lebih sehat dan terlihat segar. Kesimpulannya bahwa kesehatan akan diperoleh jika tubuh dibersihkan dari racun-racun makanan yang sudah menumpuk dan diganti atau diisi kembali dengan makanan yang bergizi.

Sel-sel tubuh manusia setiap hari mengalami kerusakan atau menjadi aus, maka perlu diganti (regenerasi) sehingga tetap berfungsi dengan baik. Pergantian sel bisa terjadi dengan asupan makanan bergizi, sayuran dan juga buah buahan segar yang mengandung vitamin, mineral dan enzim. Jika kandungan ini berkurang, sel-sel tubuh akan mulai melemah dan regenerasi sel tidak maksimal.

Jika makanan dimasak dengan pemanasan dan suhu tertentu akan menghilangkan semua manfaat vitamin, mineral dan enzim dalam makanan tersebut. Diperlukan makanan yang diolah seminimum mungkin sehingga kita masih tetap mandapatkan manfaat vitamin mineral dan enzim dari makanan tersebut.

Dalam keadaan seperti inilah, peranan juice atau sari buah dan sayuran sangat diperlukan. Sari buah dan sayuran yang mentah atau diolah secara minimum akan cepat diserap oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak serta membersihkan tubuh dari racun akibat penumpukan sisa makanan.

Mengapa harus meminum juicenya dan tidak memakan sayuran atau buah utuhnya? Beberapa keuntungan sari buah (juice) dan sayur juice daripada memakannnya langsung:

  • Makanan yang keras membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap ke dalam sel serta jaringan tubuh, sedangkan jika dalam bentuk sarinya, bisa dicerna dan diserap hanya dalam hitungan menit tanpa membebani organ-organ pencernaan.
  • Sari buah dan sayur dengan cepat memenuhi kebutuhan sel, sehingga pergantian sel yg baru terhadap sel yang rusak bisa terjadi dengan baik.
  • Sari buah dan sayur bisa menolong orang yang mempunyai sistem pencernaan yang lemah dan juga orang tua yang sudah sulit utk mengunyah karena sari atau juice ini tidak memerlukan banyak kerja sistem pencernaan dan kerja gigi.
  • Sari buah dan sayur akan cepat memenuhi atau menutupi kekurangan zat cair dalam tubuh dalam waktu yang cepat.
  • Nilai vitamin, mineral dan enzim dari sari buah dan sayur sebenarnnya terdapat dalam sarinya bukan seratnya (ampasnya).
  • Dengan meminum sari buah dan sayur kita dapat memasukkan lebih banyak gizi ke dalam sel tubuh kita dari pada memakannnya dalam bentuk padat.

Terlepas dari semuannya, tubuh kita tetap memerlukan serat yang berfungsi sebagai sapu dalam usus kita, yaitu untuk membantu kita mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dieperlukan tubuh lagi.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu