dalam kategori | Asupan Sehat

Jangan salah memilih Yogurt

Jangan salah memilih Yogurt

Belakangan hampir setiap pusat perbelanjaan memiliki stand yang khusus menjual yogurt. Orang terpesona dengan khasiat probiotik untuk mensuplai bakteri baik ke dalam saluran pencernaannya. Tapi salah memilih yogurt justru akan menghapus manfaat bakteri baik yang kemudian membuat kita berisiko mengalami diabetes.

Sebabnya, yogurt yang harusnya menjadi makanan sehat itu, ditambahkan dengan gula dengan jumlah yang besar. Yang hanya membuat satu scoop penyajian yogurt sama dengan segenggam permen. Itu mengapa di Amerika, yogurt yang tidak sehat memiliki sebutan lain yaitu permen berbentuk cair.

Prevention pun meminta Cynthia Sass, MPH, MA, RD., yang merupakan co-author Flat Belly Diet! memberikan panduan bagi kita untuk memilih yogurt yang benar-benar sehat bagi tubuh.

Perhatikan kalorinya: Yogurt bisa menjadi makanan yang merampingkan pinggang tapi bisa juga sebaliknya. Kuncinya adalah mengetahui berapa banyak kalori yang akan masuk ke dalam tubuh ketika kita tengah menikmatinya. Pilihan cerdasnya adalah dalam satu penyajian, tidak boleh lebih dari 200 kalori. Karena yogurt terbuat dari susu, yang apabila menggunakan semangkuk susu bebas lemak maka kandungannya sudah 86 kalori.

Perhatikan lemaknya : Takaran amannya adalah 4 gram, sebab jumlah ini menunjukkan sumber lemaknya hanya dari susu. Jika jumlahnya lebih dari itu, artinya sumber lemak di dapat dari bahan makanan yang memiliki lemak jenuh yang berbahaya bagi jantung.

Perhatikan gulanya : Bahkan yogurt yang plain-pun ditambahi dengan gula, sebab bahan baku susu yang digunakan umumnya membutuhkan 12 gram gula per mangkuk. Bisa dibayangkan apa yang terjadi pada yogurt dengan sensasi rasa tertentu. Baik gula yang didapat dari buah maupun zat perasa buatan semuanya terikat dengan nilai kalori tertentu. Dalam satu hari, rata-rata perempuan membutuhkan 40 gram gula. Dan jauhi produk-produk makanan atau minuman yang menggunakan fructose corn syrup sebagai pemanis buatan karena bisa membuat pinggang kita melebar dan berisiko mengalami diabetes.

Perhatikan proteinnya : Bisa dibilang protein adalah nutrisi yang sangat diidam-idamkan ketika sedang berdiet. Karena itu jangan pernah lupa melihat kandungannya dalam setiap makanan atau minuman kita. Idealnya protein yang harus ada di dalam yogurt adalah 6 gram agar tidak kalah saing dengan gula atau pemanis buatan yang ditambahkan.

Basmi pro dan kontra soal yogurt dengan mengenal 4 fakta ini.

Sayang, yogurt yang ada di pasaran justru mengandung “bom waktu” yang bisa menyangkal semua kebaikan yang telah disebutkan sebelumnya. Apakah penyebabnya? Kenali 4 fakta di bawah ini dan konsumsi yogurt tanpa rasa bersalah.

1. Full of Sugar
Yogurt dengan potongan buah awetan ternyata mengandung gula lebih banyak dibandingkan sebatang cokelat kecil. Cobalah pilih yogurt tanpa pemanis (plain). Jika rasanya terlalu asam bagi lidah, tambahkan potongan pisang segar agar lebih nikmat. Bisa juga bubuhi 1 sendok teh madu sebagai topping.

2. Mix Mistake
Salah satu cara menikmati yogurt adalah dengan menambahkan topping. Tapi, ini pun tak bisa sembarangan. Topping yang salah justru akan membuat kadar kalori dalam seporsi yogurt melonjak. Pilihan topping tersehat: kenari atau almon yang kaya akan omega 3.

3. Smoothie
Membeli smoothie di restoran atau gerai khusus kadang bisa jadi bumerang. Alasannya, tak semua jenis minuman ini diolah dari buah segar. Smoothie yang dijual pada sebagian gerai sesungguhnya sama dengan milkshake, memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi seperti halnya es krim sundae. Bagi penyuka smoothie, coba buat sendiri di rumah dengan mencampur buah-buahan segar, yogurt tanpa pemanis, dengan tambahan sedikit susu segar.

4. Froyo
Tren menyantap frozen yogurt atau froyo memang belum pudar. Sesekali menikmati froyo tentu tak ada salahnya. Namun, minuman yang satu ini tak memiliki kandungan probiotik yang dibutuhkan tubuh. Jadi, manfaat sehatnya tak sebanyak yogurt biasa yang mengandung bakteri baik yang aktif (prebiotik) dan tak diberi pemanis.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu