dalam kategori | Herbal

Jangan buang kulit pisang

Jangan buang kulit pisang

Pisang adalah tumbuhan yang bisa dimanfaatkan seluruhnya untuk kita. Mulai dari batang, daun, hingga buahnya yang berguna untuk mereduksi risiko kanker, bahkan kulitnya. Ya, kalau makan pisang jangan buang kulitnya. Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit pisang.

Kulit Pisang memiliki kandungan vitamin, mineral serta serat yang tinggi, selain itu juga mengandung karbohidrat, mineral, lemak dan protein. Kulit pisang juga memiliki sifat anti jamur dan menghasilkan antibiotik. Bahkan kulit pisang juga memiliki zat pemutih alami yang banyak dimanfaatkan untuk treatment alami bagi masalah kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan:

Memutihkan gigi

Senyum yang indah indentik dengan gigi yang putih bersih dan cemerlang. Gigi yang menguning akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman seperti teh atau kopi akan mengganggu penampilan Anda. Jika menggosok gigi saja tidak cukup, Anda dapat mencoba khasiat si kulit pisang. Caranya, potong menjadi beberapa bagian lalu gosokkan  pada gigi Anda, selama beberapa menit. Ulangi penggunaan setiap hari selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mengurangi kantong mata

Memiliki kantong mata yang terlihat jelas akibat kelelahan atau begadang semalaman tentunya mengurangi penampilan Anda. Kulit pisang juga ternyata mampu membasmi permasalahan kantong mata. Cukup dengan memotong dan meletakkannya pada kedua mata Anda seperti menggunakan masker mata. Lalu biarkan sejenak, angkat, dan bersihkan. Mata nampak lebih terlihat segar.

Memutihkan kulit

Memiliki kulit putih merupakan dambaan setiap wanita, siapa yang tidak menginginkan kulit Anda satu tingkat lebih cerah? Lalu bagaimana caranya? Hampir sama dengan cara memutihkan gigi, memutihkan kulit tubuh juga dapat Anda coba. Gosokkan kulit pisang bagian dalam ke seluruh tubuh Anda secara perlahan, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Mengurangi kerutan pada wajah

Saat memasuki usia 30, kerutan sudah mulai nampak terlihat. Anda tentunya dapat mencegah penuaan dini terjadi dengan bermacam cara, salah satunya menggunakan kulit pisang yang disinyalir mampu mengurangi kerutan pada wajah juga membuat kulit wajah tetap terjaga kelembabannya.

Mengobati Jerawat

Kulit pisang banyak mengandung antioksidan yang berarti bisa dijadikan alternatif untuk mengobati jerawat. Penggunaannya cukup mudah, yaitu gosokkan kulit pisang di malam hari secara rutin pada wajah yang berjerawat.

Mengatasi Iritasi Kulit dan Rasa Gatal

Seperti yang telah dijelaskan di atas kulit pisang memproduksi zat anti jamur dan antibiotik sehingga kulit pisang sangat cocok untuk mengatasi iritasi dan juga rasa gatal pada kulit. Caranya cukup tempelkan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang terasa gatal dan juga yang mengalami iritasi, terus diamkan selama semalam. Tak hanya itu saja manfaat kulit pisang bagi kulit kita, karena bisa juga untuk membantu mengobati luka dan menyamarkan bekas luka.

Menghilangkan Kutil

Kutil memang tidak berbahaya tapi cenderung memalukan, apalagi kutil yang terletak di tempat yang mudah terlihat dan tidak tertutupi oleh baju. Cara menghilangkan kutil dengan kulit pisang sangat mudah caranya potong kulit pisang menjadi beberapa bagian dan gosokkan kulit pisang bagian dalam ke kulit yang ada kutilnya selama kurang lebih 10 menit, atau tempelkan kulit pisang di malam hari pada saat anda tidur efeknya akan terlihat setelah 8 sampai 15 hari.

Mengatasi Gigitan Nyamuk

Bila terkena gigitan nyamuk, kulit menjadi teriritasi dan gatal. Kulit pisang bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal, serta iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

2 respon to “Jangan buang kulit pisang”

  1. Anindya says:

    boleh dicoba tuh, buat ngilangin jerawat..

  2. Najwa anisa says:

    Sangat menarik sekali, saya akan mencobanya di rumah



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu