dalam kategori | Pola Hidup

Fleksibilitas dan Keseimbangan dalam Pilates

Fleksibilitas dan Keseimbangan dalam Pilates

PILATES adalah sistem olahraga yang dirancang untuk menguatkan tanpa memperbesar tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan hubungan pikiran-tubuh.

Pilates menggunakan peralatan dan pelatihan resistensi (pegas) yang menyediakan keseimbangan setara antara menguatkan dan meregangkan otot. Setiap gerakan berdasarkan pada tarikan pertama dari pusat tubuh, perut, dan punggung. Pilates melatih tubuh dengan cara terkontrol dan pola gerakan yang benar.

Pilates telah diciptakan hampir 100 tahun. Olahraga ini ditemukan dari karya pria kelahiran Jerman Joseph Pilates, yang membawanya ke New York pada tahun 1926. Walau pun termasuk baru di Indonesia, Pilates dianggap fitness main stream di Amerika, Kanada, Australia, Hongkong, Singapura, Inggris, dan berbagai pelosok Eropa.

Manfaat Pilates

  • Memperbaiki Postur
  • Meningkatkan Fleksibilitas
  • Meningkatkan Mobilitas Tulang Belakang
  • Mengurangi Tekanan di Leher dan Bahu
  • Memperbaiki Keseluruhan Tonus dan Kekuatan Otot
  • Meningkatkan Kekuatan Tubuh Inti (Perut dan Punggung)

Adapun pilates didasarkan pada enam prinsip utama:

1. Nafas
Bernafas secara benar akan memperlancar dan meningkatkan sirkulasi darah. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut.

2. Konsentrasi
Tidak ada saat-saat di mana pikiran kosong dalam melakukan gerakan pilates. Daripada membiarkan pikiran Anda mengembara, fokuskan pikiran Anda gerakan.

3. Pengendalian
Pilates membutuhkan kontrol pikiran dan tubuh. Setiap gerakan harus direncanakan guna mengurangi risiko cedera pada tubuh.

4. Berpusat
Pilates sering digambarkan sebagai gerakan yang mengalir keluar dari inti yang kuat. Ini adalah dasar dari semua gerakan.

5. Presisi
Presisi meningkatkan manfaat olahraga mulai dari tahap dangkal sampai intens. Ini bukan struktur dari latihan, tapi presisi yang Anda lakukan menentukan hasilnya.

6. Mengalir
Dalam pilates, gerakan dilakukan dengan sifat kontinyu. Maka itu, penting untuk berkonsentrasi selama latihan individual.

Pilates untuk usia lanjut

Pilates juga efektif membantu orang di atas usia 50 tahun untuk menjaga tubuh mereka tetap kuat dan sehat.

Orang-orang di atas usia 50 tahun yang telah menjalani operasi pinggul atau menderita nyeri punggung bisa mendapatkan keuntungan dari latihan Pilates.

Latihan atau senam Pilates secara teratur dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan postur. Gerakan-gerakan Pilates bisa memperkuat otot-otot dan meningkatkan fleksibilitas sendi.

Latihan pernapasan merupakan bagian sentral dari Pilates dan dapat berguna untuk membantu mengurangi stres. Latihan teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan.

Melakukan latihan atau senam Pilates beberapa kali seminggu akan meningkatkan mobilitas sendi dan membantu mengurangi rasa sakit akibat kondisi seperti arthritis.

Gerakan peregangan Pilates akan meningkatkan jangkauan gerak otot dan sendi tanpa harus membahayakan sendi. Bahkan orang-orang dengan masalah punggung bisa mendapatkan keuntungan dari latihan Pilates.

Postur yang buruk sering kali menyebabkan kelelahan, dan sakit punggung. Pilates berguna untuk memperkuat otot punggung sehingga postur tubuh akan membaik dan menghilangkan nyeri.

Pemula yang baru menekuni Pilates bisa mempelajari 12 gerakan dasar yang dilakukan sambil berbaring di atas tikar/karpet latihan. Latihan-latihan dasar akan membantu mempersiapkan tubuh untuk melakukan gerakan lebih lanjut.

Gerakan dasar akan mencakup latihan pernapasan, latihan panggul, latihan tulang rusuk dan lengan, latihan kaki, dan latihan kekuatan.

Ada berbagai variasi pada latihan Pilates. Sekali mengusai dasar-dasarnya, Anda dapat maju untuk melakukan gerakan lainnya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu