dalam kategori | Tips Kesehatan

Enzim, yang penting bagi pencernaan

Enzim, yang penting bagi pencernaan

Sistem Pencernaan dalam tubuh manusia ibaratnya seperti akar dari sebuah pohon. Jika akar pohon ini mengalami masalah akan berakibat ke seluruh pohon. Proses pencernaan, penyerapan nutrisi, keseimbangan flora normal dalam usus, memegang peranan penting dalam menentukan sehat tidaknya sistem pencernaan seseorang dan kesehatannya secara menyeluruh.

Banyak organ tubuh kita yang telibat dalam proses pencernaan ini mulai dari mulut, esophagus (kerongkongan), lambung, usus besar, usus kecil, anus, kantong empedu, hati, pankreas. Jika salah satu dari organ pencernaan ini tidak berjalan dengan semestinya atau rusak, hal ini juga akan berakibat pada kesehatan secara keseluruhan dari organ tersebut.

Proses pencernaan pertama dimulai dari mulut, dan memiliki beberapa fungsi yang penting karena disinilah enzim (enzyme) bekerja dan bisa membantu proses pencernaan selanjutnnya.

Apa sebenarnnya Enzim?

Kita mengenal protein, karbohidrat dan lemak sebagai makronutrien dan vitamin, mineral sebagai mikronutrien. Keduanya baik makro dan mikro sangat penting disediakan dalam makanan sehari hari.

Tetapi apakah enzim itu? apakah seperti vitamin dan mineral?

Tidak, enzim lah yang mengaktifkan kerja makro dan mikro nutrien dan fungsinnya sebagai katalisator seluruh aktifitas dalam metabolisme. Enzim sangat penting untuk dipahami terutama fungsi dan kerjanya.

Sebagian Enzim diproduksi oleh tubuh sendiri tetapi selebihnya harus diperoleh dari makanan, dan juga suplemen enzim.

Ada 3 golongan enzim yg dikenal:

  1. Enzim Metabolik (bekerja dengan tiap organ tubuh)
  2. Enzim Pencernaan (membantu dalam pencernaan makanan)
  3. Enzim Makanan (dalam makanan mentah dan segar dan tidak dipanaskan)

*Enzim metabolik mengatur semua kerja organ dan memperbaiki jaringan dalam tubuh dan melawan penyakit. Ratusan enzim metabolik diperlukan untuk hal ini..

*Enzim pencernaan memiliki 3 tugas:

  1. Protease, enzim yg mencerna protein
  2. Amilase, enzim yg mencerna karbohidrat
  3. Lipase, enzim yg mencerna lemak.

*’Enzim Makanan’ selayaknya membantu proses pencernaan sehingga tubuh tidak sepenuhnnya tegantung dari’ Enzim Pencernaam’ semata mata dan Enzim Metabolik’ bisa melakukan fungsinya tanpa beban ekstra kerja lagi.

Enzim makanan didapatkan dari makanan yang tidak atau minimal proses (dalam keadaan mentah) karena banyak mengandung enzim yang diperlukan tubuh kita. Disarankan utk makan buah buahan yg banyak juga sayur sayuran mentah (salad) atau “light steam”.

Gaya hidup perkotaan yang memberikan pilihan cepat saji dan “fast food style” seringkali sudah mematikan semua nutrisi yang penting dan sudah tidak ada lagi enzim didalamnya. Sering sekali banyak orang berpikir bahwa didalam makanan sayur mayur yang tersedia di meja makan sudah cukup untuk asupan enzim ,vitamin dan mineral, tanpa mereka sadari sayur yang disajikan sudah tidak ada “living enzyme”. Pemanasan merusak juga mematikan semua “living enzyme dan nutrisi” yang diperlukan tubuh.

Salah satu rekomendasi apabila kita masih sering menkonsumsi makanan cepat saji adalah menkonsumsi supplement enzim pencernaan.

dr Genti

 

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu