dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Empat Buah Apel Sehari untuk Jantung

Empat Buah Apel Sehari untuk Jantung

Sebuah literatur lama tahun 2001, yang barangkali masih berguna untuk kita baca dan kita konsumsi.

Sebuah studi dari Belanda yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2001 mengungkapkan, orang yang banyak mengonsumsi zat catechin –yang terdapat dalam teh, cokelat, dan apel– lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung. Serangan pada alat vital ini terjadi karena pembuluh arteri menyempit sehingga jumlah darah dan oksigen yang menuju ke jantung berkurang.

Catechin adalah bagian dari sekelompok zat yang disebut flavonoid yang juga bisa bermanfaat menekan resiko terjadinya penyakit paru-paru dan kanker jenis tertentu. Flavonoid adalah antioksidan, komponen ampuh untuk menetralisasi aktivitas radikal bebas yang bersifat merusak organ tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

Di dalam teh, catechin termasuk komponen yang utama, sementara kandungannya dalam teh hijau kering dan teh hitam kering masing-masing hanya 30 persen dan 9 persen dari bobot kering.

Studi yang dilakukan lembaga kesehatan masyarakat dan lingkungan nasional di Bilthoven, Belanda, itu melibatkan 806 orang. Mereka mengonsumsi catechin sebanyak 72 gram, yang setara dengan empat apel sehari atau dua cangkir teh dengan sepotong kecil cokelat. Riset menyimpulkan, konsumsi catechin yang banyak bisa membantu mengurangi resiko meninggal akibat serangan jantung.

Meski begitu, tim peneliti ini belum bisa mengungkapkan secara persis mekanisme kerja catechin dalam melindungi jantung. Mereka menduga catechin mampu mencegah “kolesterol jahat” (LDL) dengan cara mendaur ulang antioksidan atau dengan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Semoga bermanfaat!

Referensi : Tempo, 19 Agustus 2001

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu