dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Diet Mediterania Perpanjang Usia 15 Tahun!

Diet Mediterania Perpanjang Usia 15 Tahun!

STUDI terbaru telah menemukan bahwa diet Mediterania, diiringi dengan faktor-faktor lain, bisa memiliki kemampuan untuk memperpanjang usia hidup kaum hawa hingga 15 tahun! Sedangkan pada pria 8 tahun.

Diet Mediterania memang tinggi akan sayuran, minyak zaitun, buah, kacang, ikan, dan biji-bijian serta rendah daging dan alkohol. Penelitian pun telah digelar selama 10 tahun oleh ilmuwan di University of Maastricht di Belanda yang diikuti 120 ribu pria dan perempuan berusia 55-69 tahun pada 1986 sampai 1996.

Para peneliti mengatakan bahwa para sukarelawan yang mengikuti diet Mediterania dikombinasikan dengan olahraga, tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal mampu hidup hingga 15 tahun lebih lama. Mereka juga mengatakan bahwa menjaga keempat faktor gaya hidup sehat itu dapat secara substansial mengurangi risiko kematian dini.

“Sangat sedikit penelitian di seluruh dunia yang menganalisis hubungan antara kombinasi faktor gaya hidup dan mortalitas dengan cara ini,” kata Piet van den Brandt, profesor epidemiologi di Maastricht University, yang bekerja pada studi ini, seperti dikutip Daily Mail.

“Hasil studi ini menunjukkan bahwa gaya hidup sehat dapat menyebabkan manfaat kesehatan yang signifikan. Selain itu, efek diet Mediterania lebih jelas terlihat pada perempuan ketimbang pria.” Brandt menambahkan bahwa dalam diet Mediterania, kacang-kacangan, sayur, dan asupan alkohol memiliki dampak terbesar pada tingkat kematian lebih rendah. Temuan telah diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition.

Bentuk original dari diet mediterania adalah:

  1. Banyak mengkonsumsi olive oil.
  2. Banyak mengkonsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan.
  3. Penggunaan sumber karbohidrat yang belum diolah (porsi disesuaikan dengan kegiatan fisik).
  4. Komsunsi ikan, khususnya yang berminyak (atau berwarna kebiruan) tiga kali seminggu.
  5. Konsumsi susu dan turunannya, keju dan yogurt (keju yang aslinya digunakan adalah dari susu kambing). Perhatikan lemak jenuh dari produk-produk tersebut. Jangan terlalul banyak.
  6. Tiga sampai empat butir telur per minggu.
  7. Pembatasan konsumsi daging dan lemak jenuh (yang alami, bukan olahan)
  8. Satu atau dua gelas kecil wine perhari, sebaiknya red wine saat makan utama. Anggur putih dan bir dapat menjadi alternatif.
  9. Kacang-kacangan sebagai cemilan.
  10. Pada kesempatan khusus, Mediterranean traditional desserts.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu