dalam kategori | Featured, Pola Hidup

Diet 17 Hari, Cara Baru Turunkan Berat Badan

Diet 17 Hari, Cara Baru Turunkan Berat Badan

Cara diet baru ini awalnya dirancang oleh Dr Michael Moreno, seorang dokter dari San Diego, untuk membantu orang menurunkan berat badan usai liburan, tapi sebenarnya cara diet ini dapat diikuti setiap saat sepanjang tahun untuk dengan cepat menurunkan berat badan dan mempertahannya tetap ideal.

Sama halnya dengan cara diet lain, 17 Day Diet dimulai dengan membatasi karbohidrat dan kalori untuk menurunkan berat badan dengan cepat, kemudian perlahan-lahan menggabungkan ‘karbohidrat baik’ kembali masuk ke tubuh.

“Saya pikir diet ini mungkin adalah satu-satunya diet yang cocok bagi semua orang,” jelas Dr Moreno dalam bukunya, seperti dilansir Foxnews, Senin (25/4/2011).

Banyak yang berpikir dengan cara diet ini orang bisa menurunkan berat badan dalam waktu 17 hari. Pada kenyataannya, 17 Day Diet terdiri dari serangkaian siklus yang masing-masing siklus memakan waktu 17 hari.

Setiap siklus akan mengganti makanan apa yang harus Anda makan. Dr Moreno mengatakan orang dapat menurunkan berat badan 4,5 kg hingga 5,4 kg dalam 17 hari pertama.

17 Day Diet mengikuti diet karbohidrat, tetapi berbeda dari diet rendah karbohidrat lainnya. Pendekatan ini diambil untuk siklus 17 hari yang dikenal sebagai siklus karbohidrat.

Diet ini membutuhkan penyesuaian konsumsi karbohidrat berdasarkan fase yang sedang diikuti. Beberapa tahap sangat membatasi asupan karbohidrat, sementara tahapan lain memungkinkan makanan karbohidrat lebih tinggi. Hal ini mirip dengan pergeseran kalori tapi fokus pada asupan karbohidrat.

Dr Moreno menunjukkan bahwa pergeseran jumlah karbohidrat yang dimakan akan membingungkan metabolisme dan dapat berkontribusi untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Bagaimana cara melakukan 17 Day Diet?

17 Day Diet ini terdiri dari empat siklus 17 hari. Semua siklus memiliki kesamaan yaitu dengan menghindari gula dan makanan olahan. Keempat siklus tersebut adalah fase mempercepat, mengaktifkan, mencapai dan fase tiba.

Fase ‘mempercepat’
Tahap pertama diet yaitu fase mempercepat, secara dramatis mengurangi karbohidrat. Pendekatan ini akan menurunkan berat badan dengan cepat dan meningkatkan pembakaran lemak.

Fase ‘mengaktifkan’
Fase mengaktifkan memperkenalkan siklus karbohidrat. Tujuannya adalah me-reset metabolisme yang lamban untuk mendorong penurunan berat badan dan terus memberikan dukungan yang diperlukan untuk menghindari penurunan berat badan yang berlebihan.

Fase ‘mencapai’
Fase mencapai menambahkan makanan yang sebelumnya dibatasi kembali ke pilihan menu semula. Tahap ini dirancang untuk membantu diet mempelajari bagaimana membangun kebiasaan makan yang sehat untuk kehidupan.

Fase ‘tiba’
Tiba adalah fase akhir dari rencana 17 Day Diet. Hal ini dirancang untuk membantu orang menjaga berat badan untuk hidup. Hal ini mendorong makan sehat sepanjang minggu dan meninggalkan sedikit ruang untuk ‘bersenang-senang’ pada akhir pekan.

Olahraga 17 menit
Seiring dengan rencana makan siklus karbohidrat, diet ini merekomendasikan 17 menit latihan rutin yang harus dilakukan enam hari setiap minggu.

Apa manfaat dan kekurangannya?

Berikut beberapa manfaat dan kekurangan dari 17 Day Diet, seperti dilansir lovetoknow, Senin (25/4/2011):

Manfaat

  1. Mengambil pendekatan yang sehat yang mendorong makan makanan alami
  2. Siklus 17 hari yang berbeda memungkinkan untuk perubahan dalam makanan yang dapat membantu menghilangkan kebosanan yang sering di set pada diet jangka panjang
  3. Cara diet ini tidak rumit dan mudah untuk dipahami
  4. Menawarkan ide untuk rencana makan termasuk resep makanan yang rendah karbohidrat
  5. Olahraga yang disarankan dalam menjalankan diet ini hanya membutuhkan waktu 17 menit.

Kekurangan

  1. Asupan kalori mungkin terlalu rendah untuk orang yang aktif
  2. Cara diet ini tidak cocok bagi penderita diabetes
  3. Diet ini mungkin tidak cocok untuk orang yang rentan terhadap gangguan makan seperti pola makan yang tidak teratur.

Pro & Kontra program diet 17 hari

Pro:

Tidak monoton. Program isi secara keseluruhan dijalankan dalam 68 hari, dipilah menjadi 4 bagian, masing-masing 17 hari. “Karena dibagi dalam 4 bagian, setiap paruh program tampak mudah dilaksanakan,” kata Laurie Slayton, seorang ahli nutrisi dari foodtrainers.net

Hasil langsung terlihat. “Anda akan langsung melihat hasilnya, khususnya pada paruh pertama program,” lanjut Slayton. Dalam 17 hari pertama, dengan menjalani diet ketat 1.200 kalori per hari, pelaku diet dapat menurunkan berat badan sampai 6 kilogram. Hasil yang baik ini akan memotivasi pelaku diet untuk melanjutkan program.

Ada tujuan jangka panjang. 17 hari pertama adalah yang terberat, namun pada paruh kedua program mulai ada penambahan jatah kalori namun tetap dengan kemungkinan menambah penurunan berat badan sampai lebih dari 2 kilogram. Sementara kedua paruh program yang tersisa dirancang untuk membentuk pola makan sehat sehingga bermanfaat untuk jangka panjang, seperti mengganti mayonaise dengan mustard, dan mengganti konsumsi gula dengan madu.

Berimbang. Berbeda dengan program lainnya, diet ala Dr Moreno ini tidak menghentikan sama sekali salah satu sumber utama nutrisi. Buah, sayur, daging dan karbohidrat tetap menjadi bagian dari program, sehingga tubuh tidak pernah kekurangan asupan. Secara umum, program diet 17 hari ini lebih aman dari beberapa program lainnya.

Kontra:

Secara ilmiah, meragukan. Menurut Dr Moreno, melakukan perubahan pola makan setiap 17 hari, sebelum tubuh menjadi terbiasa, adalah cara untuk mempertahankan kesempurnaan metabolisme. Namun pendapat ini disanggah  Mary Hartley, director of nutrition pada Calorie Count. “Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kemanjuran teori tersebut maupun efeknya pada metabolisme,” katanya. Sementara Marisa Sherry, seorang ahli diet mempertanyakan aturan ketat pada program ini yang melarang pelakunya makan setelah jam 2 malam. “Tidak ada bukti (ilmiah) bahwa pada waktu tersebut tubuh kehilangan kemampuan untuk mencerna kabohidrat,” katanya pada cbsnews.com.

Pembatasan kalori pada 17 hari pertama justru dapat menjadi bumerang. “Anda membersihkan tubuh dari asupan tidak sehat yang selama ini dikonsumsi, namun jika Anda tidak mendapatkan asupan kalori yang cukup, justru kondisi lapar akan mengakibatkan melambatnya metabolisme tubuh Anda,” sambung Sherry.

Bisnis terselubung. Sementara ada banyak alternatif makanan yang beredar yang cocok dengan rancangan program, para pelaku diet diarahkan untuk mengkonsumsi produk keluaran 17-Day Diet, yang tentunya menjadi tambahan pengeluaran bagi pediet.

Rumit, membingungkan. Karena pedoman diet terus-menerus berubah, untuk menjalankan keseluruah program dengan baik dibutuhkan perhatian penuh, keteraturan dan pencatatan yang ketat atas asupan kalori. Namun prinsip dasarnya sederhana. “Kurangi kalori dan tambah latihan, itu kuncinya,” lanjut Sherry.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu