dalam kategori | Tips Kesehatan

Deteksi wilayah nyeri perut

Deteksi wilayah nyeri perut

Nyeri perut muncul dengan berbagai cara dan mempunyai banyak penyebab yang berbeda. Kita harus menentukan letaknya, radiasi, keparahan, karakter, frekuensi, durasi, faktor pemicu dan yang mengurangi gejala dan gejala lain yang berhubungan. Nyeri perut dapat dikenali penyebabnya berdasarkan lokasi dan karakteristik nyeri yang timbul

Perut adalah organ yang berongga, jadi didalamnya terdapat bermacam-macam organ yang terletak pada posisinya masing-masing, pada perut sebelah kanan dibagian atas terdapat organ Hati, Kandung Empedu, Ginjal, Usus kecil dan Usus Besar, sedangkan pada sbelah kanan di bagian bawah terdapat Usus Besar, Usus Buntu / Appendix, Saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat Saluran Indung Telur.

Penyebab Nyeri Perut

  • Saluran Cerna: Nyeri abdomen nonspesifik, Appendicitis (usus buntu), Obstruksi (hambatan) usus halus dan kolon, Perforasi (kebocoran) pada peptic ulser (bisul perut), Hernia inkarserata (usus yang masuk ke dalam kantung hernia terjepit oleh cincin hernia), Perforasi usus atau Diverticulitis
  • Hati, Limpa dan empedu: Akut kolesistisis (empedu), Akut kholangitis (saluran empedu), Abses hepar (pembengkakan hati), Hepatitis akut, Limpa yang trauma atau rusak
  • Pancreas: Akut pancreatitis
  • Saluran Kemih: Ginjal
  • Ginekologi: Akut salpingitis (saluran idung telur), Kehamilan ektopik (luar rahim) yang mengakibatkan rusaknya organ tubuh.
  • Pembuluh darah: Acute ischemic colitis (cidera usus akibat kurangnya asupan darah), Mesenteric thrombosis (sumbatan aliran darah ke usus)
  • Peritoneum (membran pelapis organ): Abses intra abdominal, Peritonitis tuberkulosis (penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberkulosis yang berasal dari peritoneum)
  • Retroperitoneum: Perdarahan retroperitoneum (wilayah antara organ dalam dan dinding perut)

Lokasi nyeri perut dan asal embriologi nya

  • Epigastrik (Perut Tengah Atas) : Foregut (lambung, duodenum, hati, pancreas, empedu)
  • Periumbilikal (Perut Kanan Bawah) : Midgut ( usus halus dan usus besar termasuk apendiks)
  • Suprapubik (Perut Bawah Tengah) : Hindgut ( rectum dan organ urogenital)

Lokasi Nyeri Perut Dan kemungkinan Penyebab

Kanan bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Nyeri kantung empedu sifat nyeri hebat, tetap/konstan, nyeri kuadran kanan atas/epigastrik dan sering memburuk setelah makan makanan yang berlemak (fatty foods). Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, kemungkinan gangguan Ginjal harus dicurigai. Kolik (nyeri yang datang dan hilang secara mendadak) renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri. Iskemik usus atau usus yang rusak, nyeri bersifat tumpul, hebat, tetap/konstan, nyeri abdomen kuadran kanan atas yang meningkat saat makan.

Kiri bagian atas, Kolik renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri. Nyeri ulkus peptic (maag) nyeri bersifat tumpul, nyeri terbakar (burning) di daerah ulu hati. Khasnya episode malam, membangunkan pasien dari tidur. Diperparah oleh makan dan kadang dapat dikurangi dengan minum susu atau antasida.

Kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu atau Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur, infeksi usus halus atau usus besar. Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu : Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah. Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Nyeri kolon tampilannya kadang kadang nyeri dapat berkurang sementara oleh BAB.

Nyeri Perut Bagian Tengah Atas Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita gastritis, dispepsia (gangguan pencernaan) atau gangguan lain lambung. Gastritis adalah sakit pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Arti Gastritis sebenarnya adalah terjadinya proses radang pada lambung. Penyebab lain adalah nyeri pancreas, lokasi di sekitar ulu hati atau perut bagian tengah, menjalar ke punggung, membaik saat duduk dan posisi condong kedepan. Obstruksi (penyempitan) usus halus biasanya berakibat nyeri kolik sentral yang berhubungan dengan muntah, distensi (penggelembungan atau pembesaran) dan konstipasi (sembelit)

Perut Bawah tengah Nyeri kandung kemih biasanya nyeri difus (menyebar) yang hebat di area ini. Nyeri prostat muncul sebagai nyeri tumpul yang dirasakan di perut bagian bawah, sekitar usus, perineum (sekitar anus) atau sekitar paha. Nyeri uretra (saluran air seni) sangat bervariasi mulai dari ketidaknyamanan hingga nyeri tajam yang hebat yang dirasakan pada ujung penis (pada pria) dan semakin nyeri saat berkemih. Bisa sangat parah sehingga pasien akan berusaha menahan kencingnya yang dapat menimbulkan masalah baru

abdomen

www.med.umich.edu

sportsmed.drkennethmartin.com

sportsmed.drkennethmartin.com

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu