dalam kategori | Herbal

Daun sirih, membantu menyembuhkan mata minus

Daun sirih, membantu menyembuhkan mata minus

Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas ini bisa membantu menyembuhkan mata minus.

Menurut pemerhati obat herbal, Retno Dewi, daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan antijamur.

“Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya bisa mengangkat kotoran di mata dan mengurangi mata pedih. Jika perawatan dilakukan teratur akan menghilangkan mata minus,” ujar dia di daerah Pugeran, Pojok Beteng Barat Jogja.

Penggunaannya tidaklah rumit yakni dengan melipat lembar daun sirih tua yang lebar menjadi empat lipatan. Bagian yang berbentuk tulang berada di luar. Setelah itu, daun sirih ditempel di mata dengan plester dan biarkan semalaman.

Cara tersebut memang sebaiknya dilakukan pada malam hari dan untuk mengangkat kotoran yang ada pada mata. Untuk mengurangi hingga minus mata berkurang tentu saja dilakukan secara berulang dan tidak sama efeknya bagi setiap orang.

Meski manfaat sirih bisa melemaskan otot-otot mata, namun untuk mengurangi minus bisa disertakan pemijatan khusus pada sekitar saraf mata. “Biasanya untuk yang ahli totok akan melakukan akupressure di area mata, dilakukan melingkar dan hati-hati karena berhubungan dengan saraf,” terang dia.

Penggunaan daun sirih sebaiknya untuk mata minusnya masih kecil, maksimal minus tiga. Adapun untuk minus lebih dari itu selain ditotok juga disertakan obat tetes herbal yang menurut Retno khasiatnya sudah banyak dibuktikan.

Terapis totok, Ningsih, mengatakan, gangguan pada mata minus memang bisa disembuhkan dengan totok di sekitar area mata. Di samping itu, penanganan alami juga dilakukan dengan rajin melakukan pemijatan tertentu di area bawah mata. “Kalau matanya minus biasanya ditekan sangat sakit, tapi menekannya juga ada cara tersendiri tidak asal-asalan,” ujar tukang totok rumahan ini.

Selebihnya, kata dia, mata minus memang harus dilatih untuk melihat lingkungan sekitar tanpa mengenakan kacamata. Terlebih pada pagi dan sore hari dengan melihat tumbuh-tumbuhan hijau dan udara yang bersih. Cara tersebut, lanjutnya, selain untuk melatih kepekaan mata juga merawat mata agar tetap sehat dan memiliki respons yang baik pada warna.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu