dalam kategori | Herbal

Daun Salam, penyedap masakan yang berkhasiat herbal

Daun Salam, penyedap masakan yang berkhasiat herbal

Berbagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan memiliki khasiat masing-masing. Salah satunya, daun salam. Untuk penyedap masakan, daun salam seringkali disertakan karena menghasilkan aroma sedap dari kandungan minyak atsiri sitral dan eugenol.

Daun yang mempunyai nama latin Syxygium polyanthum ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Penggunaan daun salam sebagai obat di atas disebabkan oleh kandungannya yakni pada daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing, khususnya pada nematoda kayu pinus Bursaphelenchus xylophilus. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk mengobati penyakit:

Mengobati penyakit Diare : Ambil sejumlah (20) lembar daun salam lalu mulailah untuk mencucinya. Rebuslah daun tersebut dengan 2 liter air dan campurkan air tersebut dengan 2 sendok makan garam. Biarkan mendidih. Minumlah secara rutin selama masa pengobatan diare. Agar tidak mual, minumlah selagi hangat

Mengobati penyakit Diabetes Melitus : Daun salam juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit Diabetes Mellitus. Dengan membantu tubuh memproses insulin lebih efisien, daun salam telah terbukti untuk mengatur kadar gula darah. Ambilah 15 lembar daun salam, cuci bersih. Lalu rebuslah 5 gelas air dengan daun salam tersebut. Sisakan rebusan air tersebut kira-kira 2 gelas untuk diminum. Minumlah ramuan ini secara teratur 3x sehari sebelum tidur.

Mengobati penyakit Maag : Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sering ditemui dikehidupan dan lingkungan kita. Cobalah untuk merebus daun salam sebanyak 20 lembar dengan 2 liter air. Rebuslah selama 30 menit. Minulah sisa rebusan tersebut dengan mencampurkan gula/jadikan teh sebagai minuman yang dapat dikonsumsi selama masa penyembuhan.

Mengobati penyakit Asam Urat : Penyakit asam urat juga dapat diobati dengan mengonsumsi rebusan daun salam yang dapat kita buat sendiri. Rebuslah 10 lembar daun salam dengan 5 gelas air. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari selama masa penyembuhan agar asam uratnya tidak kambuh lagi.

Membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi : Kolesterol tinggi yang dtinggi, diakibatkan oleh konsumsi makanan berlemak merupakan salah satu masalah terbesar kita. Solusi bagi yang mempunyai masalah memiliki kolesterol yang tinggi. Ambilah 10 lembar daun salam lalu cuci bersih. Rebuslah dengan 4 gelas air sampai tersisa kira-kira 1 gelas saja. Minumlah rebusan daun salam ini sebelum anda tidur.

Membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi : Cobalah untuk melakukan terapi alami dengan daun salam. Ambilah 10 lembar daun salam, cuci lalu rebus dengan 3 gelas air. Sisakan 1 gelas lalu minumlah secara teratur.

Mengatasi sakit kepala dan migrain: Daun salam yang beraroma telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal untuk sakit kepala. Daun salam mengandung senyawa kimia yang disebut parthenolides, yang telah terbukti berguna sebagai pengobatan herbal untuk migrain. Caranya sederhana, cukup dengan meminum air rebusan beberapa lembar daun salam.

Efek samping penggunaan daun salam

  • Suplemen daun salam tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui, atau bagi mereka yang sedang minum obat untuk diabetes.
  • Daun salam sebagai stimulan rahim, telah disebut suatu abortifacient.
  • Meskipun daun salam adalah suatu herbal untuk menenangkan saluran pencernaan, jika digunakan dalam dosis besar, daun salam dianggap sebagai emetic yang menyebabkan muntah.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu