dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Cokelat Bikin Jantung Sehat

Cokelat Bikin Jantung Sehat

Cokelat memang selalu diminati oleh setiap orang tanpa mengenal batas usia. Baik mereka yang masih anak-anak, hingga yang orang dewasa. Selain menimbulkan efek menenangkan, ternyata cokelat juga bisa menghindarkan Anda terserang penyakit jantung. Bagaimana bisa?

Cokelat, makanan berwarna coklat terang hingga pekat ini memiliki rasa yang manis legit dan sedikit pahit. Banyak sekali dijumpai di pasaran beragam jenis cokelat. Mulai dari permen cokelat, cake cokelat, hingga cokelat batangan yang belum diolah.

Cokelat sudah dipercaya sejak lama membantu mengembalikan suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Namun penelitian terakhir mendapatkan bahwa cokelat pun bisa menghindari Anda dari serangan penyakit jantung. Bagaimana mungkin? Hal ini pernah diteliti oleh para peneliti di American Heart Association(AHA).

Menurutnya -Aha-, orang yang makan 100gr dark chocolate selama dua minggu ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang makan cokelat putih atau cokelat milk yang kadar flavanolnya lebih rendah. Meskipun harus didukung dengan mengurangi jenis makanan-makanan berlemak.

Cokelat memang mengandung lemak, tapi bukan lemak jahat yang bisa meningkatkan kolesterol. Kakao atau cokelat mengandung flavanoid aktif yang disebut flavanols yang merupakan satu dari ratusan polifenol nabati yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Meskipun cokelat baik untuk kesehatan, tidak lantas semua jenis cokelat bisa Anda konsumsi karena mengira efeknya akan baik. Jenis cokelat dark couverture yang berwarna gelap lebih baik daripada jenis dark compound. Karena jenis couverture mengandung cacao mass yang lebih banyak, tidak mengandung gula dan mengandung cacao butter yang baik untuk jantung. Sedangkan jenis milk dan white biasanya sudah ditambahkan gula dan lemak nabati. Jadi, mulailah mengunyah sepotong dark couverture chocolate tiap hari.

[Eka Septia Wulan/Odi-detikfood.com]

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu