dalam kategori | Pola Hidup

Cara Menyegarkan Otak yang Sedang Beku

Cara Menyegarkan Otak yang Sedang Beku

Kejenuhan yang dialami oleh seseorang bisa mempengaruhi kinerja dari otak dalam berpikir. Untuk itu ketahui trik-trik yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali otak yang sedang beku.

Mengambil waktu istirahat yang berkualitas adalah suatu hal yang sangat penting. Tak hanya untuk mendapatkan kedamaian atau ketenangan tapi juga bermanfaat bagi tubuh secara menyeluruh termasuk otak.

Secara ilmiah diketahui bahwa otak secara efektif bisa fokus dan konsentrasi selama 25 menit, setelah itu ia mulai kehilangan konsentrasi. Kelelahan yang dialami ini sama bahayanya dengan kelelahan fisik.

Dalam situasi tersebut, seseorang perlu menyegarkan kembali pikiran dan otak agar bisa berfungsi secara optimal. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan otak, seperti dikutip dari Lifemojo yaitu:

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan sangat bermanfaat sebagai sumber daya mental. Cobalah untuk mengosongkan pikiran lalu dengarkan musik bisa dari komputer atau melalui handphone.
  2. Melakukan latihan atau aktivitas fisik bisa merangsang tenaga dan menyegarkan pikiran disamping manfaat kesehatan lainnya.
  3. Tertawa merupakan obat yang paling baik untuk melawan kebosanan, karena meningkatkan suasana hati (mood) dan rasa kesejahteraan. Jadi cobalah menonton sesuatu yang lucu di televisi atau membaca komik untuk mendapatkan humor.
  4. Melakukan latihan mental seperti melakukan mainan puzzle atau teka teki silang, karena otak sangat menyukai permainan seperti itu, menyenangkan serta memeperkuat otak.
  5. Melakukan sosialisasi, interaksi manusia bisa menjaga pikiran agar tetap segar, karenanya cobalah mengobrol atau berbicara dengan teman-teman mengenai suatu hal selain situasi yang dialami saat itu.
  6. Tidur siang sejenak, hal ini tidak hanya menyegarkan pikiran tapi bisa menjadi fondasi yang kuat dalam hal produktivitas. Seseorang akan merasa jauh lebih baik dan lebih produktif setelah selesai tidur siang.
  7. Mencium sesuatu yang menyenangkan, aroma seperti dari lilin aromaterapi atau bau secangkir kopi panas bisa memantu menyegarkan pikiran yang membuatnya dapat bekerja lebih baik.
  8. Melakukan pemijatan, pijat adalah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stres, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis pemijatan pada hari yang berbeda.
  9. Berendam di air hangat bisa membantu membuat otot dan pikiran jadi rileks, jika memungkinkan cobalah menambahkan garam mandi untuk membantu melembabkan kulit dan berbau harum.
  10. Melamun, untuk jangka waktu singkat melamun bisa memberikan imajinasi dan menyegarkanpikiran, sehingga membuat seseorang bisa lebih fokus melakukan pekerjaan

 

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu