dalam kategori | Pola Hidup

Bugar saat mudik, rencanakan dengan rinci.

Bugar saat mudik, rencanakan dengan rinci.

Perjalanan panjang bersama keluarga saat mudik memang menyenangkan. Kebersamaan yang mungkin hanya berlangsung sekali setahun sangat layak dinikmati. Namun sekalipun sudah merupakan rutinitas,  ekspedisi mudik juga perlu dirancang dengan cermat, agar tidak mengurangi kenyamanan, kesehatan dan tentunya keamanan.

# Persiapan sebelum berangkat :

  1. Pastikan anda dan seluruh keluarga dalam keadaan sehat wal’afiat. Alangkah baiknya beberapa hari sebelum perjalanan dilakukan anda sekeluarga melakukan check-up ke dokter umum atau dokter keluarga anda. Apabila anda termasuk orang yang sibuk, lakukanlah pemeriksaan yang ringan seperti tekanan darah, pernafasan, nadi dan suhu.
  2. Apabila anda atau salah satu keluarga anda memiliki penyakit kronik atau menetap seperti asthma, diabetes mellitus, penyakit jantung koroner dsb., pastikan anda sudah mempersiapkan obat-obatan pribadi anda dalam daftar bawaan anda. PASTIKAN obat-obatan itu anda letakkan tidak jauh dari tempat anda duduk selama perjalanan (misalnya di coolbox atau laci mobil) sehingga dalam keadaan darurat anda tidak kesulitan untuk mengambilnya.
  3. Anda sudah menyiapkan obat-obatan pribadi anda? Tapi untuk jaga-jaga alangkah baiknya apabila anda pun menyiapkan resep untuk obat-obatan anda dan surat keterangan dari dokter anda. Ketika mudik di kampung halaman nanti ketika persediaan obat anda habis atau hilang, anda tidak harus repot periksa ulang dan menebus resep baru, cukup serahkan resep dan surat keterangan dari dokter anda di daerah asal kepada apotek di kampung halaman anda dan obat anda pun tersedia kembali.
  4. Sehari sebelum keberangkatan pastikan anda atau anggota keluarga anda yang bertugas sebagai pengemudi mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup (minimal 8 jam) dalam posisi yang lurus (HINDARI posisi kepala menekuk). Hal ini akan sangat berpengaruh dalam stamina anda di saat mengemudi, semakin baik anda mempersiapkannya maka semakin lama stamina anda akan bertahan. Adapun mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup akan mengurangi rasa kantuk anda di perjalanan. HINDARI mengonsumsi terlalu banyak lemak (rendang, gulai kambing atau sate kambing) sehari sebelum keberangkatan. Untuk asupan lemak cukup dengan white meat (daging ayam atau ikan) karena bergizi tinggi dengan kandungan protein yang tinggi. Baik untuk sistem saraf pusat (body alert system) selama mengemudi.
  5. Lengkapi kotak P3K kendaraan anda dengan hal-hal berikut : kassa steril, verbaan gulung, betadine/ iodine, alkohol 70 %, plester, oxycan (dapat diperoleh di apotek terdekat), gunting kain, tablet paracetamol 500 mg, tablet sangobion, larutan Ringer Lactat (dapat diperoleh di apotek terdekat), sarung tangan karet dan kain bersih.
  6. Sebaiknya anda menyimpan beberapa nomor telepon RS atau Kantor Polisi yang akan anda lalui dalam perjalanan menuju kampung halaman anda. Dalam keadaan darurat akan sangat menolong.

# Persiapan selama perjalanan :

  1. Secara medis, mengemudi yang sehat dalam posisi yang monoton adalah (maksimal) 6 jam. Jadi bergantianlah mengemudi dengan anggota keluarga anda yang lain setiap 6 jam atau berhenti sebentar di rest-area setiap 6 jam untuk mengembalikan stamina tubuh anda kembali dalam kondisi prima.
  2. Pastikan ada salah satu anggota keluarga anda yang bertindak sebagai navigator. Sang navigator sama vitalnya dengan pengemudi, artinya stamina sang navigator pun harus sama fit nya dengan pengemudi.
  3. Selama perjalanan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak di rest-area. Apabila anda tidak tahan dan ingin mengonsumsinya pastikan anda tidak bertugas selama 6 jam berikutnya untuk mengemudi atau menavigasi.
  4. Selama perjalanan hindari dehidrasi dengan cara minum air putih setiap 2 jam minimal 1 liter.
  5. Siapkan selalu tissue basah dan cairan antiseptik (antis atau alkohol 70 %) selama perjalanan. Manakala panggilan biologis (BAB) memaksa anda untuk berhenti di rest-area, bersihkan dahulu toilet atau kakus yang anda akan gunakan dengan tissue basah dengan cara mengusap area yang akan anda duduki. Jangan lupa untuk membersihkan tangan anda dengan cairan antiseptik sesudahnya. Tentu anda tidak ingin sakit diare ketika perjalanan atau ketika tiba di kampung halaman bukan?
  6. Gunakan selalu sabuk keselamatan selama perjalanan. Alangkah baiknya anggota keluarga anda yang duduk di kursi belakang (terutama si kecil) juga menggunakan sabuk keselamatan. Mungkin memang kurang nyaman, tetapi mengurangi kenyamanan lebih baik daripada memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan.
  7. Apabila anda tiba-tiba merasa kurang enak badan ketika dalam perjalanan (flu ringan) hindari obat-obatan yang mengandung CTM atau chlorpenamin maleat karena mengandung zat sedative (menimbulkan rasa kantuk hebat), apabila perjalanan anda cukup panjang alangkah baiknya anda meminta obat flu ringan kepada dokter anda sebelum memulai perjalanan (mintalah yang bebas zat sedative).
  8. Mengemudi di malam hari lebih berbahaya daripada di siang hari. Hal ini diakibatkan pencahayaan jalan yang kurang ditambah sorotan lampu jauh dari kendaraan yang bergerak dari arah berlawanan. Hal ini mengakibatkan mata berkontraksi maksimal sehingga mata menjadi lebih cepat lelah. Untuk menanggulanginya, istirahatlah sejenak manakala mata anda terasa lelah dan sedia jus wortel di sebelah anda karena wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk mata anda (akan mereduksi kelelahan pada mata).
  9. Anda merasa tidak mengantuk tetapi sebenarnya anda mengantuk. Sering merasa demikian? Hal ini berbahaya bagi keselamatan anda dan keluarga anda. Tanda-tanda apakah yang menandakan keadaan ini? HALUSINASI. Anda seringkali merasa ada orang yang berbicara dengan anda, atau merasa ada kendaraan yang melewati anda padahal setelah anda konsentrasi tidak ada apapun. Berarti anda mengalami halusinansi. Segera menepi dan istirahat sejenak.
  10. HINDARI MENGGUNAKAN BBM, TWITTER & SMS SELAMA MENGEMUDI! Dewasa ini 60 % kecelakaan di jalan raya di Indonesia terjadi akibat pengguna jalan yang mengemudi sambil menggunakan ponsel sehingga terjadinya kecelakaan maut. Serahkanlah hal itu kepada navigator anda sehingga anda dapat konsentrasi mengemudi.

# Tindakan dalam keadaan DARURAT :

  1. JANGAN PANIK! Suasana panik hanya akan membuat anda dan keluarga anda menjadi lebih sulit untuk mendapat pertolongan dan jalan keluar.
  2. Hubungi RS atau Pos Polisi terdekat untuk mendapatkan bantuan.
  3. Apabila ada korban, letakan korban terlentang dan usahakan letakan di tempat yang banyak udara. (hindari kerumunan orang karena akan menyulitkan pernafasan)
  4. Prinsipnya selalu ingat ABC, yaitu “AIRWAY” (jalan nafas), “BREATH” (pernafasan) dan “CIRCULATION” (sirkulasi darah).
  5. AIRWAY = memastikan tidak ada sumbatan jalan nafas.
  6. BREATH = memastikan pernafasannya stabil dan teratur. Apabila pernafasannya tidak stabil dan teratur semprotkan oxycan (2-3 kali) untuk membantu pernafasan.
  7. CIRCULATION = memastikan denyut nadi dalam keadaan normal dan reguler, caranya raba nadi di pergelangan tangan menggunakan 3 jari. Ukur selama 1 menit penuh, apabila denyutnya 60-80 kali per menit maka sirkulasi dalam keadaan normal. Apabila denyutnya 80-100 kali per menit maka sirkulasi dalam keadaan kurang baik, apabila di atas 100 kali per menit maka pasien dalam kondisi SYOK. Harus diberikan penanganan oleh tenaga medis di klinik atau UGD terdekat.
  8. Apabila terdapat korban dengan luka, yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan luka dengan cairan Ringer Lactat (disiram di area luka) atau dengan air mengalir. Setelah itu lakukan pembalutan menggunakan kassa steril dan verban gulung dengan prinsip balut tekan. Pada luka tusuk, jangan mencabut paksa benda yang menusuk tapi biarkan di tempatnya (cukup disiram di area luka) dan bawa ke UGD terdekat.
  9. Apabila terdapat korban luka bakar, yang pertama harus dilakukan adalah bawa ke area terbuka untuk mendapatkan oksigen yang adekuat. Kemudian di area luka bakarnya disiram air dingin atau direndam di air dingin. Kemudian kompres dengan kassa steril basah. Larikan ke UGD terdekat.

# Persiapan saat tiba di kampung halaman :

  1. Hindari jet-lag akibat mengemudi dalam waktu yang panjang. Setibanya anda di kampung halaman lakukanlah istirahat (tidur) minimal 5 jam untuk memulihkan stamina anda.
  2. Cari RS, klinik atau apotek yang terdekat dengan tempat anda menginap agar dalam kondisi darurat anda sudah mengetahui anda harus ke mana.

Nah ketika anda melakukan perjalanan pulang ke rumah anda, tips di atas pun masih akan terpakai.

Catatan: beberapa fasilitas online yang dapat membantu aktifitas mudik Anda

  1. twitter: @infomudikllaj, @infoll
  2. facebook: RTTMC.DitjenHubdat, infolalulintas
  3. website: rttmc-hubdat.web.id, infolalulintas.com

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu