dalam kategori | Asupan Sehat

Bubur kacang hijau untuk menurunkan suhu tubuh

Bubur kacang hijau untuk menurunkan suhu tubuh

Mungkin banyak orang telah mengetahui khasiat kacang hijau untuk menurunkan suhu tubuh akibat terik matahari, dapat memperbaiki Qi (energi) dan membersihkan racun (yang dimaksud adalah infeksi yang disebabkan bakteri atau virus) atau panas yang diakibatkan racun dalam tubuh (misalnya radang tenggorokan, bisul-bisul). Akan tetapi bagaimana cara mengonsumsi dan memasaknya agar bisa memperoleh manfaat tersebut?

Himpunan gizi di kota Chi Feng, Daerah Otonom Nei Monggol, mengatakan bahwa khasiat kacang hijau untuk menurunkan suhu tubuh akibat panas dari luar terletak pada kulit bijinya, sedangkan khasiat untuk membersihkan racun dan menurunkan panas yang ditimbulkan racun dalam tubuh ada di bijinya. Selain itu, untuk mengonsumsinya harus disesuaikan dengan keadaan. Bubur kacang hijau yang diberi bahan campuran lain akan mempunyai khasiat terapi yang lebih baik.

Mengonsumsi bubur kacang hijau dengan tujuan menurunkan suhu tubuh akibat panas dari luar, hanya perlu minum kuahnya saja, kacangnya jangan dimakan.

Sewaktu memasak kacang hijau sebaiknya jangan terlalu lama. Masukkan kacang hijau kedalam air dingin, lalu masak hingga mendidih. Diteruskan dengan api besar selama 5-6 menit.

Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, kacang hijau termasuk makanan obat yang bersifat dingin. Bagi tubuh yang lemah dingin dan limpa lambung lemah dingin, bila minum terlalu banyak akan menimbulkan nyeri perut dan diare. Orang yang memiliki Yin lemah juga tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak, jika tidak akan terjadi luka pada sudut mulut yang ditimbulkan oleh panas semu yang membara, gejala gusi bengkak dan lain-lain.

Bubur kacang hijau yang dimasak hingga lembek sekali, mempunyai khasiat yang baik sekali untuk menurunkan panas akibat racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, bubur tersebut dapat melancarkan air seni dan mendorong Qi kebawah.

Oleh karena itu apabila terjadi keracunan obat atau makanan, mengonsumsi bubur kacang hijau dapat bermanfaat menyingkirkan zat racun dalam tubuh. Terhadap pembengkakan atau haus yang dikarenakan panas dalam atau bisul cacar juga bermanfaat. Kuah kacang hijau yang keruh, kurang efektif untuk menurunkan suhu badan yang disebabkan terik matahari, akan tetapi sangat bermanfaat untuk membersihkan racun dan menurunkankan panas yang diakibatkan racun dalam tubuh.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu