dalam kategori | Layanan Kesehatan

BPOM Temukan Kopi Mengandung Bahan Kimia

BPOM Temukan Kopi Mengandung Bahan Kimia

Bagi Anda pecinta kopi, tampaknya kini harus lebih waspada jika hendak menikmati minuman tersebut. Sebab, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah produk kopi yang ternyata dicampur dengan bahan kimia berbahaya. Bahan kimia yang dimaksud yakni, sildenafil dan tadalafil yang biasa digunakan untuk obat disfungsi ereksi.

“Sebelumnya, ada bahan berbahaya di obat tradisional. Namun akhir-akhir ini, berdasarkan pengawasan kami ada temuan baru sejumlah produk kopi yang mengandung obat kimia berbahaya,” kata Kustantinah, Kepala BPOM, di kantornya, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Jumat (25/11).

Dari 56 sampling kopi di beberapa daerah, lanjutnya, sebanyak 22 produk kopi terbukti mengandung bahan kimia berbahaya. “22 produk kopi mengandung sildenafil dan tadalafil yang biasa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi,” katanya.

Hasil tersebut, sambungnya, berdasarkan pengujian terhadap 56 produk kopi dalam kemasan yang dilakukan selama dua hari. Menurut Kustantinah, jika produk kopi yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan sakit kepala, muka merah, pusing, mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, nyeri dada, denyut jantung cepat, kehilangan potensi seks secara permanen hingga menyebabkan kematian. “Pada prinsipnya penambahan bahan kimia obat (BKO) dalam pangan dilarang. Kita ingin menyampaikan peringatan ini agar masyarakat tidak mengkonsumsi kopi yang mengandung bahan kimia obat,” ucapnya.

Kustantinah menjelaskan, produk berbahaya tersebut ditemukan beredar di Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Menurutnya, produsen kopi itu mengincar masyarakat yang tidak terlalu waspada dengan kualitas produk. “Biasanya beredar di daerah, karena kalau di Jakarta masyarakatnya sudah lebih teliti dan lebih pintar dalam mengantisipasi hal-hal seperti ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, khasiat yang ditawarkan kopi yang mengandung BKO, yakni untuk meningkatkan vitalitas pria. Ia menilai, hal inilah yang kemudian membuat orang tertarik untuk membeli.

Ia pun mengakui, beberapa produk yang disita memiliki nomor register yang diberikan BPOM. Namun sayangnya, nomor register tersebut disalahgunakan. “Saat sampel diuji, betul semua. Tapi ini tindakan pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab. Berdasarkan pengalaman kami, kalau sudah diberikan nomor register, mereka memasukkan apa saja di dalam produk,” bebernya.

Ia mengungkapkan, pemerintah telah mengatur ketat penggunaan sildenafil dan atau tadalafil. Namun pada kenyataannya, pada beberapa kasus sebelumnya juga ditemukan penggunaan dua jenis bahan kimia tersebut dalam produk minuman. Dia pun yakin, para pelaku yang tidak bertanggungjawab itu mendapatkan bahan kimia sildenafil dan atau tadalafil secara ilegal.

“Aturan Importasi bahan baku itu sudah jelas, siapa yang mengimpor, berapa banyak dan digunakana untuk apa itu sudah jelas. Kami akan selidiki lebih lanjut bahan baku ini asalnya dari mana,” tandasnya.

Diungkapkannya, penggunaan bahan kimia dalam produk kopi kemasan merupakan modus baru. Sebelumnya, BPOM juga telah menyita produk jamu kemasan yang juga berisi BKO. Terhadap pelanggaran tersebut, pelaku dapat dikenakan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 600 juta. “Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 7 tahun 1996 tentang Pangan,” ucap Kustantinah.

Berikut 22 produk kopi berbahaya tersebut:

  1. Sa Kao 3 in 1 Kopi mix plus ekstra jahe.
  2. 39 Sa Kao Kopi mix gingseng Korea 3 in 1
  3. Bel- bel kopi susu extra
  4. Black Borneo Platinum Coffee
  5. Dream coffee
  6. Dynamic coffee
  7. Golden Life
  8. Good coffee premium
  9. Herba Max coffee
  10. Jahe Mix Barokah SP
  11. Jomoon Isntan coffee
  12. Joss-Fly coffee plus panax gingseng
  13. Kopi Cleng-sehat, nikmat, berstamina
  14. Kopi KPH / kopi kuat
  15. Kopi Mahabbah
  16. Kopi Pasutri
  17. Kopi Strong 234
  18. Maca-Tekh
  19. Matador coffee
  20. Mawaddah coffee
  21. On Coffee
  22. Premium Energy Coffee

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu