dalam kategori | Tips Kesehatan

Berjemurlah jika ingin bayi Anda tinggi

Berjemurlah jika ingin bayi Anda tinggi

Jika ingin bayi Anda kelak memiliki postur tubuh yang tinggi, berjemurlah di bawah sinar matahari. Suatu penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa dengan berjemur atau setidaknya berjalan di bawah paparan sinar matahari dapat membuat bayi Anda lebih tinggi dan memiliki struktur tulang yang kuat.

Sally Watson, salah seorang peneliti menyebutkan, bahwa banyak orang yang merasa cemas sinar matahari akan menyebabkan kanker kulit. Padahal dengan berjemur beberapa menit di bawah paparan sinar matahari sangat baik bagi kesehatan tulang. UVA dan UVB yang dihasilkan sinar matahari diyakini dapat merangsang produksi vitamin D.

Penelitian ini dilakukan tim peneliti dari Universitas Bristol dengan melihat 7.000 ibu hamil yang berjemur di bawah sinar matahari pada 3 bulan terakhir masa kehamilan. Dari hasil penelitian ditemukan, bayi yang lahir dari ibu yang mendapat paparan sinar matahari yang cukup, lebih tinggi beberapa sentimeter dari ukuran bayi-bayi rata-rata. Selain itu, mereka juga memiliki ekstra tulang yang lebih kokoh dan kuat ketika diperiksa dengan sinar X.

Menurut tim peneliti orang yang memiliki tubuh tinggi cenderung memiliki tulang yang lebih lebar. Bayi-bayi yang dilahirkan dari ibu yang terkena paparan matahari, tidak hanya memiliki bentuk tulang yang lebar tetapi juga panjang.

Sinar matahari yang menyinari tubuh menghasilkan vitamin D yang kemudian bekerja sama dengan kalsium untuk membentuk tulang. Dengan kata lain, vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang bahkan bagi bayi yang masih berada dalam kandungan. Bahkan bagi sebagian besar orang, sinar matahari merupakan sumber utama mereka dalam mendapatkan vitamin D.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu