dalam kategori | Pola Hidup

Beras, materi yang ideal untuk masker wajah

Beras, materi yang ideal untuk masker wajah

Masker Beras menjadi salah satu cara memutihkan kulit baik wajah, tubuh maupun seluruh badan. Kecendrungan kaum wanita Indonesia untuk membuat kulitnya lebih putih, cerah dan bercahaya tak lepas dari kebiasaan dan asumsi masyarakat yang secara umum menilai bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang berkulit putih bersih.

Beras merupakan materi yang ideal untuk masker wajah dikerenakan adanya kandungan squalane oil yang mampu melembabkan kulit serta membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Disamping kandungan squalane oil , beras juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksida dan Vitamin E yang juga sangat baik untuk kulit. Hal itu telah dibuktikan dari banyak penelitian secara ilmiah salah satunya oleh American Academy of Dermatology (AAD) yang mengungkapkan tentang manfaat vitamin E bagi kulit diantaranya adalah mampu menyegarkan dan meremajakan kulit serta mampu menahan paparan sinar ultraviolet yang akan membuat kulit kuring.

Masker beras menjadi produk kecantikan buatan sendiri yang efektif dan bermanfaat bagi kulit. Masker wajah ini sangat ideal untuk membersihkan, pengelupasan, dan melembapkan kulit. Berikut adalah lima resep masker beras untuk perawatan kulit wajah, seperti dilansir Boldsky.

1. Beras dan madu
Madu kaya akan antioksidan yang bagus untuk kulit. Selain untuk melembapkan kulit, madu juga baik untuk mengelupas kulit mati. Madu bisa menghilangkan sel-sel kulit mati, menyegarkan kulit, dan mencerahkan wajah. Rendam beras selama beberapa saat dan haluskan. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu dan gunakan sebagai masker pada wajah. Ini sangat efektif untuk mengobati jerawat dan bekas tanning.

2. Beras dan baking soda
Punya kulit berminyak? Gunakan resep masker wajah ini dua kali dalam seminggu. Haluskan butiran beras, kemudian tambahkan sedikit baking soda, dan beberapa tetes madu. Buatlah pasta dan oleskan pada wajah. Gosok wajah dengan gerakan melingkar selama 1 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Soda adalah zat alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupasnya.

3. Beras dan tomat
Rendam beras dalam air selama 10-20 menit. Haluskan tomat dan padi yang sudah direndam. Kemudian oleskan masker itu pada kulit untuk menyingkirkan komedo. Tomat adalah produk kecantikan alami yang ampuh melawan jerawat dan komedo. Gosok pada bagian atas hidung Anda untuk mengangkat sel kulit mati.

4. Beras dan gula
Gula merupakan scrub yang efektif untuk melawan jerawat dan meremajakan kulit. Haluskan gula dan beras secara bersama-sama. Kemudian tambahkan yoghurt ke dalam adonan sebelumnya. Sapukan masker pada wajah dan leher. Ini dapat membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

5. Beras, susu dan cuka sari apel
Ini adalah masker wajah alami yang dapat dibuat hanya dalam waktu 2 menit. Masukkan tepung beras ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Buatlah pasta dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Lakukan pengelupasan selama 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air dingin untuk mendapatkan kulit bercahaya dan cerah.

Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah.

Ambil secukupnya beras lalu rendam semalaman, setelah direndam semalaman haluskan beras tersebut hingga menjadi tepung, Anda dapat menggunakan blender untuk menghaluskan beras ini. Setelah cukup halus dan tidak terdapat butiran yang masih agak kasar jemur tepung beras tersebut hingga benar-benar kering.

Ambil 2 sendok makan tepung beras tadi kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu, aduk keduanya hingga merata. Sebelum mengenakan masker alami untuk memutihkan wajah dengan menggunakan masker beras ini sebaiknya anda membersihkan wajah anda terlebih dahulu. Setelah wajah cukup bersih oleskan masker beras tadi diseluruh bagian wajah anda, hindari penggunaan pada bagian disekitar mata dan bibir. Diamkan masker alami untuk memutihkan wajah ini selama kurang lebih setengah jam lalu bilas hingga bersih kemudian keringkan wajah anda dengan menggunakan handuk yang halus sambil menepuk-nepuk wajah dengan handuk.

Jika pada saat membuat masker terlalu encer anda dapat menambahkan minyak zaitun pada campuran tepung beras dan madu tadi hingga benar-benar mendapatkan kekentalan yang sesuai. Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat tepung beras anda juga dapat membeli tepung beras yang sudah banyak dijual dipasar maupun swalayan. Ketika memilih menggunakan tepung beras yang sudah jadi sebaiknya anda memperhatikan dengan memilih tepung beras yang organik atau tidak menggunakan pemutih maupun bahan kimia lain yang dapat merusak kulit. Begitu juga dengan penggunaan madu, usahakan dengan menggunakan madu alami atau madu asli dalam membuat masker alami untuk memutihkan wajah ini.

Pastikan Anda tidak menggunakannya secara teratur. Proses pengelupasan pada wajah dapat merusak kepekaan dan kelembutan kulit jika dilakukan secara rutin. Sambil menggosok, selalu gunakan ujung jari yang basah. Mulailah dengan gerakan melingkar dan kemudian sebaliknya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu