dalam kategori | Pola Hidup

Benarkah Sit Up Sebelum Tidur Berguna?

Benarkah Sit Up Sebelum Tidur Berguna?

Hari ini saya membaca sebuah koran dengan artikel seorang artis yang menjaga perutnya tetap langsing dengan melakukan sit up setiap sebelum tidur. Lalu benarkah sit up sebelum tidur itu berguna? Saya mencoba tweet permasalahan ini dan ternyata banyak sekali yang menjalankan cara seperti ini sehingga membuat saya merasa perlu untuk menulis artikel ini.

Sit up sebelum tidur merupakan sebuah kegiatan fisik/olahraga yang membakar kalori. Kalau Anda sebelumnya tidak pernah berolahraga sama sekali, maka sit up sebelum tidur mungkin efeknya bisa kelihatan ketika pertama kali dilakukan. Tetapi sit up adalah olahraga yang menggunakan otot kecil (otot perut) sehingga pembakaran kalorinya pun tidak akan optimal. Kalau memang sit up itu berguna untuk membakar lemak, kenapa tidak sekalian jogging aja sebelum tidur yang mana jelas-jelas jogging bisa sangat membakar lemak lebih banyak daripada sekedar sit up?

Sit up berfungsi melatih otot perut, sehingga pada dasarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan lemak di perut. Karena lemak dan otot itu dua hal yang berbeda. Tubuh kita lah yang mengatur sendiri mana bagian yang gemuk terlebih dahulu jika kita makan banyak dan mana bagian yang akan kurus terlebih dahulu apabila kita berolahraga dan melakukan diet yang benar. Sehingga menjadikan teori bahwa sit up bisa mengecilkan perut buncit adalah suatu KESALAHAN.

Kapan sit up sebaiknya dilakukan? Sebenarnya jawabannya adalah sama dengan kapan sebaiknya kita berolahraga secara umum? Waktunya bebas, asalkan rutin dan dia akan mengencangkan otot perut, bukan mengecilkan perut buncit. Dan waktu sit up, tidak ada hubungannya dengan waktu tidur. Mau siang hari juga tidak ada masalah.

Dan hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa sit up itu melatih otot, dan seperti latihan otot lainnya, setelah dilatih, mereka membutuhkan nutrisi yaitu Anda harus makan, bukan malah tidur, karena kalau tidur, maka otot-otot perut yang habis dirusak, akan mencari nutrisi di tempat lain yang seharusnya Anda sediakan dengan makan setelah latihan.

Artikel dari koran seperti ini menurut saya tidak tepat karena profile si Artis yang membuat orang awam mudah untuk percaya dan melakukannya sementara si Artis sendiri tidak mengerti konsep pembakaran lemak yang tepat. Hal ini sama dengan menyebarkan ketidaktahuan si Artis sebagai sesuatu yang layak diikuti oleh orang awam. Kalau kita jeli membaca, disebutkan bahwa si Artis adalah tipe perempuan yang ‘tidak cepat gemuk’. Jadi menurut saya, kalau dia tidak melakukan sit up sebelum tidur pun, dan menggantinya di waktu lain, tetap aja perutnya akan rata karena dia tipe ‘tidak cepat gemuk’. Dan apabila Anda memiliki tubuh yang ‘cepat gemuk’ atau buncit, maka cara ini tidak akan ada efeknya.

Jadi sekarang Anda sudah memiliki pengetahuan apakah Sit Up sebelum tidur itu berguna atau tidak. Pertanyaannya adalah, apakah pemberitaan artikel seperti ini sudah layak dilakukan atau sebaiknya pihak media menyeleksi ilmu atau berita yang hendak disebarkan ke masyarakat umum? Berikan pendapat Anda dengan komentar dibawah.

Salam
@dennysantoso

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu