dalam kategori | Tips Kesehatan

Beberapa tips untuk mengatasi masalah asam lambung

Beberapa tips untuk mengatasi masalah asam lambung

Asam lambung yang sering disebut penyakit disebabkan oleh peningkatan asam yang berlebihan. Kondisi ini diawali oleh makanan dan minuman tertentu, misal makan makanan yang terlalu asam, pedas, minum kopi atau alkohol. Selain itu, sering terlambat makan atau makan tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag fungsional.

Asam lambung diproduksi oleh sel-sel yang melapisi lambung, yang digabungkan dengan sistem untuk meningkatkan produksi asam bila diperlukan. Sel-sel lain dalam lambung memproduksi asam bikarbonat untuk buffer, memastikan pH tidak turun terlalu rendah (asam mengurangi pH). Juga sel-sel di awal dari usus kecil, atau duodenum, menghasilkan sejumlah besar bikarbonat untuk sepenuhnya menetralisir asam lambung yang melewati lebih lanjut ke dalam saluran pencernaan. Bikarbonat-sel mensekresi di perut juga memproduksi dan mengeluarkan lendir. Lendir membentuk penghalang fisik kental untuk mencegah asam lambung dari merusak perut.

Kendala asam lambung naik tidak hanya dipengaruhi oleh makanan saja, namun naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan yang disebut refluks menyebabkan perih yang luar biasa pada lambung sehingga lambung tidak dapat mencerna makanan secara normal.

Berikut adalah enam cara mengatasi masalah asam lambung, seperti dilansir Huffingtonpost.

1. Tidur menyamping
Tidur menyamping ke sisi kiri atau kanan bisa menekan rasa sakit akibat naiknya asam lambung. Sebaliknya, tidur tengkurap malah memperburuk asam lambung.

2. Makan dalam potongan kecil
Makan dalam potongan-potongan besar dapat memperparah kondisi lambung Anda. Cobalah untuk makan dalam potongan kecil untuk mengurangi nyeri karena asam lambung.

3. Mengunyah permen karet
Permen karet dapat membantu meringankan sakit maag dengan meningkatkan produksi air liur. Sifat alkali dalam air liur membantu menetralkan asam di lambung.

4. Minum herbal
Minuman herbal, seperti kunyit, dapat membantu menciptakan lapisan di sepanjang esofagus, yang pada dasarnya dapat melindungi dari kenaikan asam di lambung.

5. Mengenakan pakaian longgar
Pakaian ketat bisa menyebabkan naiknya asam di lambung. Maka, sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pilih pakaian longgar yang lebih nyaman untuk dipakai.

6. Berdiri tegap
Memperbaiki postur tubuh agar tetap tegap. Kebiasaan buruk, seperti berbaring setelah makan, membuat asam lambung naik. Maka, berdirilah yang tegap untuk membantu mendorong makanan lari ke perut.

Lakukan enam hal sederhana ini ketika penyakit asam lambung Anda sedang kumat. Hindari makanan pedas atau kecut untuk mencegah naiknya asam lambung.

Kecuali mengonsumsi obat untuk asam lambung dan menjalani pola dan pemilihan makanan yang teratur, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi tingkat keasaman pada lambung seperti mengutip dari Magforwomen, berikut di antaranya:

1. Oatmeal.
Selain baik dikonsumsi saat sarapan, oatmeal secara bertahap juga mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung dan mudah dicerna karena teksturnya yang lunak. Raih semangkuk oatmeal Anda jika Anda mengalami rasa nyeri atau tidak nyaman pada lambung Anda.

2. Jahe.
Jahe dipuji sebagai ramuan obat, karena kemampuannya untuk menyembuhkan dan memperbaiki berbagai jenis kondisi medis termasuk keasaman. Sepanjang sejarah, jahe telah digunakan sebagai makanan anti-inflamasi untuk mengobati kondisi pencernaan.

3. Susu.
Susu mengandung kalsium yang bekerja sebagai obat antasid untuk menetralkan asam lambung. Jika Anda menderita keasaman, maka Anda sangat disarankan untuk minum segelas susu. Selain itu, kehadiran sejumlah besar kalsium dalam perut Anda akan menetralisir jumlah kelebihan asam lambung.

4. Apel dan cuka sari apel.
Dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk memerangi keasaman. Apel mengandung enzim tertentu dan asam sehat yang membantu dalam menetralkan asam lambung. Jadi, sebuah apel sehari dapat mengurangi asam lambung Anda lebih dari cukup.

5. Chamomile dan teh adas.
Merupakan teh herbal yang dianggap sebagai beberapa teh terbaik untuk melawan keasaman. Cobalah mengkonsumsi secangkir teh hangat tersebut saat pagi dan sore hari.

Beberapa jenis buah-buahan akan menghasilkan alkali lebih dalam tubuh Anda dan menghilangkan kelebihan asam dari sistem pencernaan. Berikut beberapa buah yang mungkin Anda makan untuk mengurangi keasaman, seperti dilansir Magforwoman.

Mangga
Buah mengagumkan tidak hanya sehat dari segi nutrisi, tetapi juga merupakan antioksidan dan anti-inflamasi. Ini akan menjaga lapisan perut Anda dari dingin dan bebas asam.

Kelapa
Minum air kelapa beberapa kali sehari akan melakukan keajaiban untuk mencegah pembentukan asam ekstra di perut Anda. Air kelapa juga mengembalikan zat elektrolit yang hilang dari tubuh Anda.

Semangka
Semangka memiliki banyak citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Hal ini pada gilirannya memertahankan tingkat asam.

Pisang
Ini adalah fakta bahwa pisang yang sehat akan mengurangi tingkat keasaman di perut Anda. Itu karena pisang adalah makanan dengan nutrisi lengkap dan memiliki sifat antasid yang besar.

Ketimun
Ketimun dikenal sebagai bahan makanan pendingin. Mereka mengurangi panas tubuh dan mencegah nyeri di perut yang disebabkan oleh kelebihan asam.

Satu respon to “Beberapa tips untuk mengatasi masalah asam lambung”

  1. lusiana says:

    terimakasih atas infonya , info ini sangat bermanfaat bangett bagi saya untuk mengetahui nya.

    salam kenal



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu