dalam kategori | Tips Kesehatan

Beberapa tips Pencegahan kanker Payudara

Beberapa tips Pencegahan kanker Payudara

Bagi para kaum Hawa, kanker payudara adalah momok menakutkan yang terus menghantui. Sayangnya, masih banyak perempuan atau pun pria, khususnya para suami, yang kurang paham penyebab kanker yang bisa bersarang di payudara. Pola hidup tidak sehat, seperti merokok dan hobi menyantap junk food mungkin adalah faktor terbesar pengundang munculnya kanker payudara. Tetapi ada hal sepele yang ternyata juga menjadi pemicu lahirnya kanker payudara, yakni pemakaian bra.

Ya, para wanita acap kali mengabaikan jenis, dan cara pemakaian bra. Padahal memilih bra yang benar dan tata cara yang tepat bisa menghindari para wanita terjangkit penyakit yang mematikan tersebut.

Ketika Anda membeli bra, hindari memilih, membeli atau memakai bra dengan busa tebal dan berkawat.

Alasannya, busa tebal yang dipakai pada bra berasal dari limbah daur ulang. Busa yang dipakai pada bra tak berbeda dengan busa pencuci piring.

Mungkin, alasan para wanita memilih bra dengan busa tebal karena busa yang ada pada bra tidak mudah rusak. Padahal, hal itu berbahaya bagi tubuh khususnya payudara. Sebab, proses pembuatan busa melewati proses kimia yang panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisakah Anda bayangkan, busa yang banyak mengandung zat kimia itu menempel di payudara Anda satu hari penuh?

Payudara bukan sekedar organ tubuh biasa. Sebab, payudara adalah organ hidup yang bisa ‘bernafas’. Saat cuaca panas, pori-pori akan terbuka untuk mengeluarkan keringan dan mencari udara. Tetapi ketika memakai bra dengan busa tebal, yang terserap oleh payudara adalah zat kimia yang terkandung dalam busa. Inilah yang menjadi cikal bakal sel kanker terus berkembang.

Sementara bra yang menggunakan kawat juga berbahaya bagi Anda. Pernahkah Anda memperhatikan payudara Anda, saat melepas bra. Adakah bekas kawat di samping dan di dada? Penekanan yang terjadi pada payudara akibat kawat, bisa menyebabkan saluran limfa Anda tertekan dan tersumbat. Hasilnya, sel kanker pun perlahan-lahan mulai tumbuh di payudara.

Memang, setiap manusia memiliki sel kanker. Namun, dengan pola makan, gaya hidup dan cara berpakaian yang salah, khususnya wanita, secara tidak langsung bisa memicu mempercepat berkembangnya sel kanker payudara.

Solusinya, Anda bisa memakai bra dengan busa tipis atau tanpa busa sama sekali. Anda juga bisa memijitnya melingkar sebagai terapi menjaga kesehatan payudara Anda.

Istirahatkan payudara Anda

Tidur adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan payudara dengan tidak mengenakan bra. Tapi banyak perempuan yang percaya bahwa tidur tanpa mengenakan bra dapat membuat payudara cepat kendur. Benarkah demikian?

Pada dasarnya, gaya gravitasi adalah musuh utama bagi semua perempuan. Bra bersifat kebalikan dengan gravitasi, sehingga melindungi payudara dari gaya gravitasi yang membuatnya kendur.

Tetapi bahkan dengan menggunakan bra yang paling ketat sekalipun, tidak ada yang dapat mencegah pengenduran alami payudara yang berkaitan dengan usia.

Menurut para ahli, tidur tanpa menggunakan bra akan memberikan payudara kesempatan untuk ‘bernapas’. Bra dimodifikasi untuk ‘memegang’ dan menjaga bentuk payudara, maka sebaiknya bra dilepas saat tidur agar sirkulasi berjalan dengan baik saat Anda tidur.

Namun bagi perempuan yang memiliki payudara besar, tidur tanpa menggunakan bra memang bisa membuat payudara cepat kendur. Untuk itu, sebaiknya gunakan bra yang agak longgar saat tidur sehingga bentuk payudara tidak banyak berubah.

Dr. Matthew Schulman, ahli bedah kosmetik dari New York City, menyatakan ada 3 hal yang menyebabkan pengenduran payudara, seperti dilansir Livestrong, yaitu:

  • Berkurangnya elastin yang berfungsi membuat kulit tetap kencang.
  • Berkurangnya struktur pendukung internal payudara yang dikenal dengan Cooper’s
  • Ligament yang berfungsi sebagai ‘internal bra’.
  • Berkurangan jaringan payudara karena usia, perubahan berat badan dan kehamilan.

Sebagai pencegahan kanker payudara, ada baiknya melepas bra saat Anda tidur. Ilmuwan Sydney Singer dan istrinya Soma Grismaijer pada tahun 1991 pernah menulis dalam bukunya ‘Dressed To Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras’, yang berisi tentang perempuan yang ingin menghindari kanker payudara harus memakai bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam per hari.

Waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan payudara dengan tanpa memakai bra adalah saat tidur. “Jangan tidur dengan bra,” kata Sydney Singer, seperti dilansir dari chetday.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu