dalam kategori | Penyakit

Beberapa tips cara mengobati Kutu Air

Beberapa tips cara mengobati Kutu Air

Pernah punya masalah seperti sela-sela kaki berair dan gatal, apalagi bila kena air bekas cucian atau air kotor? Nah, itu adalah tanda-tanda bahwa kaki anda kena kutu air.

Kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton). Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

Penyebab Kutu Air

Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur.

Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur.

Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik.

Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Gejala Kutu Air

Sebagian besar gejala kutu air mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti kurap. Berikut adalah tanda dan gejala kutu air:

  • Kulit gatal dan merah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
  • Lepuh yang mungkin berisi nanah
  • Pembengkakan kulit

Pengobatan Kutu Air

Untuk cara mengobati kutu air secara alami, anda bisa coba beberapa tips cara mengobati kutu air secara alami dibawah ini:

1. Campuran air hangat dan garam
Apabila kaki anda sudah terasa gatal, rendamlah kaki anda selama 15 dengan air hangat dicampur garam dapur, tujuanya adalah agar kuman atau bakteri yang ada akan dimatikan oleh air hangat dan garam dapur dan lakukanlah hal ini 1 kali dalam seminggu, selain membunuh kuman dapat juga menghilangkan rasa pegal pada kaki.

2. Singkong
Ambilah singkong yang masih muda (baru dipetik dari batangnya) lalu kulisnya dikupas dan diparut. Setelah itu tempelkan parutan tersebut pada bagian yang kena kutu air (yang luka). Jika parutan yang Anda tempelkan itu sudah mengering maka gantilah dengan parutan yang baru. Lakukan berulang kira-kira selama 2 hari atau sampai sembuh.

3. Soda kue
Anda bisa mengobati kaki yang terkena kutu air dengan baking soda (soda kue). Caranya, larutkan soda kue ke dalam air hangat secukupnya, kemudian rendam kaki yang sebelumnya telah dicuci bersih. Kalau tidak punya soda kue, anda menggantikannya dengan cuka sari buah apel.

4. Bawang putih
Bawang putih pun bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kutu air. Ini karena bawang putih mengandung antibiotika yang cocok untuk mengatasi penyakit ini. Caranya pun mudah, cukup belah beberapa siung bawang putih dan gosok-gosokkan perlahan ke area yang terkena kutu air beberapa kali sehari. Lakukan selama beberapa hari secara rutin.

5. Daun talas
Caranya tangkai daun talas, ambil kulit arinya dan jadikan sebagai perban untuk membungkus kaki yang terkena kutu air.

Satu respon to “Beberapa tips cara mengobati Kutu Air”

  1. ternyata cara pengobatannya cukup mudah juga yah, tak perlu dengan biaya yang mahal juga lagi…



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu