dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Bebaskan Diri Dari Kegagalan Diet

Bebaskan Diri Dari Kegagalan Diet

Masih gagal menurunkan berat badan? Mari cek bersama, jangan-jangan ada sumber kegagalan yang tidak kita hindari dengan sempurna.

Sumber kegagalan : Tidak sempat sarapan dan saat sampai di kantor, pilihan yang tersedia hanya roti cokelat atau muffins.

Solusi : Pertama kita harus ingat bahwa sarapan adalah jadwal makan terpenting. Melewatkan sarapan sama dengan mengundang nafsu makan berlebihan. Karena itu, cobalah untuk menyiapkan sarapan pada kotak makan, sebelum kita tidur di malam hari. Kedua, pilih menu sarapan yang akan membuat kita kenyang sampai jam makan siang, contohnya buah-buahan, kacang-kacangan, atau 250 ml yogurt rendah lemak.

Atau kita bisa juga membuat muffin dari tepung gandum utuh pada saat akhir pekan. Buat yang cukup untuk dikonsumsi 2-3 hari. Nikmati muffin sehat itu dengan segelas air perasan jeruk. Rina Poerwandi, terapis yang menggabungkan aroma terapi dengan food healing, menjelaskan perasan air jeruk sangat baik dinikmati saat kita makan. “Ini akan membuat tubuh lebih optimal untuk menyerap zat besi dari dalam jeruk,” ucapnya pada acara Second Meal Effect beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sumber kegagalan : Lebih suka minuman manis ketimbang air putih.

Solusi : Boleh saja. Tapi ingat juga bahwa minuman manis seperti es teh manis, minuman bersoda, atau smoothie sebenarnya adalah dessert. Dan kalau kita mau jujur, makanan yang masuk golongan dessert saja biasanya kita hanya menikmati sekali dalam sehari. Jadi, jangan terlalu memenuhi hari dengan minuman-minuman manis tersebut.

Sebagai tahap awal, coba beri potongan lemon dalam air putih. Ini akan memberikan sensasi yang hampir sama dengan minuman-minuman manis yang kita sukai. Plus potongan lemon akan membantu asupan vitamin C dalam tubuh yang bisa membuat kita membakar lemak lebih banyak. Jika sudah terbiasa, kita dapat dengan mudah meninggalkan minuman-minuman manis.

Sumber kegagalan : Susah sekali menemukan menu sehat di kafetaria kantor.

Solusi : Satu strategi mudah yang dapat mendukung program sehat kita adalah dengan membawa makanan dari rumah. Dan jika kantor menyediakan kulkas, microwave, atau bahkan toaster, kita bisa menjaga masakan tetap segar serta hangat saat akan dimakan.

Sumber kegagalan : Setiap jam 3 siang, saya pasti kelaparan. Dan saking laparnya, saya hanya akan memilih makanan-makanan bertepung dengan karbohidrat tinggi.

Solusi : Percayalah, jika kita sarapan tinggi serat dan protein, ini tidak akan terjadi. Meskipun kita tetap butuh untuk mengemil tapi tidak dalam keadaan kelaparan sehingga pilihan camilannya pun lebih sehat. Saat kita kelaparan, tubuh akan secara intuisi memilih makanan tinggi karbohidrat untuk menaikkan insulin dengan cepat dan kembali berenergi. Tapi tinggi karbohidrat akan membuat kita cepat lapar, inilah yang kemudian membuat lingkar pinggang kita tidak pernah mengecil.

Jangan lupa untuk menyimpan camilan sehat di laci meja kerja seperti potongan wortel rebus, yogurt rendah lemak, biskuit gandum utuh, atau apel dengan 2 sendok selai kacang. Camilan-camilan ini akan cukup ampuh membuat kita tetap kenyang.

Sumber kegagalan : Setiap kali stres atau panik, saya pasti mencari makanan tinggi karbohidrat.

Solusi : Sebuah penelitian memang membuktikan, konsumsi karbohidrat dapat membuat kita relaks saat sedang dalam tekanan atau stres. Cara aman untuk menghindari kenaikan insulin secara tiba-tiba yang dapat membuat lingkar pinggang melebar, coba latih pernapasan dalam untuk menenangkan diri.

Atau cobalah berjalan santai selama 10 menit. Jika musik membantu menenangkan diri, maka dengarkanlah lagu-lagu kesukaan kita. Ini semua akan membuat otak teralih untuk mencari makanan tinggi karbohidrat.

Tapi sebenarnya, jika kita rutin berolahraga, stres dan kepanikan akan mudah sekali dihapus. Bahkan jalan kaki selama 20 menit saja dapat dengan mudah menenangkan emosi. Banyak penelitian telah membuktikan efek rutin berjalan kaki dengan kesehatan mental. (Siagian Priska)

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu