dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

BAYAM

BAYAM

Bagi anda yg menyukai BAYAM,kenalilah hal2 apa saja yang terkandung didalamnya,dari mulai dipanen hingga dimasak agar bisa menyajikan nya secara BENAR :

BAYAM mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro). Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (Oksigen), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah FERRO. Sedangkan FERRI bersifat TOXID pada BAYAM. JADI.. kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut.

Aku dulu bingung kenapa ibuku selalu melarang memanasi SAYUR BAYAM. Beliau sih ga bisa jelasin secara ilmiah gitu, tapi selalu bilang “SAYUR BAYAM “, kalu blom habis jangan dipanasi lagi !

Jangan pernah mengkonsumsi BAYAM lebih dari 5 jam. Soalnya, selain mengandung zat yang disebutin tadi itu, BAYAM juga mengandung zat nitrat (NO3). Kalau teroksidasi dengan udara, maka akan menjadi NO2 (Nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Menurut John S Wishnok, BAYAM segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila BAYAM disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Efek toksid (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya didalam Hemoglobin (Hb). Mungkin ada yang blum tau bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan Nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, Maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.

Efek TOKSID lainnya adalah kemampuan NITRIT bereaksi dgn AMINO SEKUNDER dpt membentuk senyawa yg dpt menyebabkan KANKER!

JANGAN memasak BAYAM pake panci aluminium yach …. soalnya bisa bereaksi dengan ZAT BESI yg ada di BAYAM dan ….. jadi RACUN.

TIPS MENGKONSUMSI BAYAM :

Pilih BAYAM yg baru dipetik dan masih segar.

Hendaknya langsung diolah setelah mendapat BAYAM segar.

JANGAN terlalu lama disimpan dilemari es.

Jadi TAKUT menkonsumsi BAYAM ??? JANGAN …… soalnya kandungan NUTRISI nya sangat BESAR alias TOP BANGET. Bahkan BAYAM disebut sebagai KING OF VEGETABLES,tp cukup mengetahui SIFAT dan UNSUR. Dari BAYAM itu sendiri dapat membuat sayur BAYAM menjadi NIKMAT,apalagi pakai sambel jeruk nipis plus ikan asin Jambal.

Satu respon to “BAYAM”

  1. Hepatitis can also lead to liver cirrhosis if it has not been taken care of.`,`



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu