dalam kategori | Penyakit

Batuk Pilek Ga Butuh Obat

Batuk Pilek Ga Butuh Obat

Virus tidak bisa dimatikan dengan obat antibiotik karena virus bukan makhluk hidup. Antibiotik digunakan untuk membunuh kuman/bakteri namun ada atau tidaknya harus bener2 dicek dulu. Begitu juga dengan Flu or salesma penyebabnya adalah virus.

Demam dan Batuk adalah mekanisme tubuh untuk memberikan alert dan mengeluarkan hal2 asing/serangan bagi tubuh.

Treatment tidak harus berupa obat, ada guidelinenya untuk menangani tiap2 penyakit.

Ni aku ngutip dari milis-sehat yang ditulis dr Ian. Dokter Spesialis Anak yang ikut mengasuh milis ini terkait banyaknya pertanyaan tentang musim batpil yang menyerang anak2.

Dear Sp…

Hmmm rasa rasanya musim batuk pilek nih di milis, hampir setiap bulan atau

setiap hari ada aja yang posting mengenai batuk pilek…

artinya apa ya….

artinya… batuk pilek itu bisa terjadi kapan saja… setiap hari di dunia

ini pasti ada yang batuk pilek…

ada yang bertanya…

kalau anak saya masih usia sebulan… bahaya gak???

kalau udah lebih dari dua minggu bahaya gak???

well….

inget kemarin ada pasien datang ke saya… anaknya batuk keras banget…

sampe kasihan liatnya… katanya…

jadi… sebenarnya sebatas mana sih batuk dikatakan bahaya…

atau seberapa beratnya sih batuk sampai harus kasihan lihatnya…

yuk… ubah mindset…

bahwa… kita tidak perlu kasihan kalau lihat anak batuk

bahwa… batuk keras tidak menunjukkan beratnya penyakit

kebayang tidak kalau anak kita batuk… pasti nih saluran napasnya udah

penuh debu… penuh kuman… penuh virus… belum lagi ada cairan masuk…

ngembeng disana jadinya…

terus masuk ke paru paru… jadi tidak bisa ngembang paru parunya…

selanjutnya jadi sesak napas… anak kekurangan oksigen… dan selanjutnya

silahkan diteruskan sendiri…

makanya nih orang yang gak bisa batuk karena misalkan stroke atau CP…

justru ditepuk tepuk punggungnya… dipaksa supaya bisa batuk… ya itu tadi

tujuannya untuk membersihkan saluran napas…

batuk tidak mandang usia lho… siapa saja yang kemampuan atau sarafnya

tidak terganggu pasti bisa batuk… dan itu suatu anugrah yang harus kita

syukuri…

kalau terjadi pada anak kecil apakah bahaya? belum tentu…

semua kondisi pada anak… tidak bisa dikatakan berat atau tidaknya hanya

dengan satu gejala saja….

batuk keras… tapi nyusunya kuat banget ya nggak papa… artinya saluran

napasnya tidak masalah…

nggak batuk tapi napas ngosngosan… nangisnya lemah (ceuk orang teh namina

ngereng)… ada tarikan otot di sela iga di atas dada… nah itu baru

bahaya…

demam tinggi tapi anaknya masih lari larian… artinya ya memang kondisinya

tidak berat…

nggak demam… tapi permukaan telapak tangan kaki terasa dingin… anak luar

biasa lemas dan teler… tidak pipis… nah itu bahaya banget tuh…

jadi… untuk mengatakan suatu anak dalam kondisi yang serius tanpa

memandang usia anak… termasuk orang dewasa sebenarnya… lihat kondisi

yang lainnya ya…

jadi kalau cuma batuk…

tidak sesak…

tidak ada gerakan dada yang tertinggal

tidak ada bunyi napas tambahan…

tidak dehidrasi…

tidak kejang…

tidak tidur yang tidak bisa dibangunkan sama sekali…

tidak muntah projektil…

tidak batuk/muntah darah…

tidak lebih dari 2 minggu…

tidak ada gangguan tumbuh kembang…

ya nggak masalah…

meskipun batuknya keras… (ceuk orang teh namina batuk bangkong) batuknya

melengking… gak papa…

gak bisa tidur… ya gak papa… toh nanti dengan sendirinya dibuat catch up

tidurnya kok…

ibarat kita lagi perang… ya emang gak boleh tidur nanti diserang

musuh bagaimana???

perlu kasih obat tidak???

yuk set mindset lagi… obat batuk pilek yang ada bukan untuk menyembuhkan

tapi menghilangkan batuk pileknya…

batuk pilek itu suatu gejala dari suatu penyakit jadi yang diobati hanya

penyakitnya…

batuk yang butuh obat hanya: pertusis dan TBC (pada anak besar dan orang

dewasa, anak kecil biasanya gejalanya bukan batuk)

batuk alergi atau asma diberikan obat pereda hanya bila terjadi sesak napas

tapi bukan obat yang menekan batuk melainkan inhalasi steroid dan

bronkodilator..

batuk atau sesak karena cystic fibrosis diberikan inhlasi bronkodilator atau

mukolitik…

batuk karena sumbatan benda asing ya dikeluarkan benda asingnya…

he…he…

jadi kalau anaknya batuk jangan panik yaaaa????

mudah mudahan bisa jawab pertanyaan yang mirip mirip ya???

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu