dalam kategori | Asupan Sehat

Banyaknya manfaat buah naga bagi kesehatan

Banyaknya manfaat buah naga bagi kesehatan

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.

1. Menurunkan Berat Badan & Diet
Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

2. Sumber Besar Antioksidan & Bagus Untuk Detoks
Manfaat Antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut? jawaban terbesarnya adalah buah naga.

3. Mencegah Kanker
buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah diabetes melitus
Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan nafsu makan
Buah Naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

7. Menunda penuaan dini
Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Anti oksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini.

8. Batuk dan Asma
Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

9. Tekanan darah tinggi & Serangan Jantung
Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) :

  • Stress
  • Penyumbatan arteri

Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.
Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

10. Baik Untuk Tulang dan Darah
Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

Manfaat Buah Naga Untuk Konsumsi Sehari Hari

Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sehari hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi. Selain itu, manfaat buah naga lainnya secara tidak langsung yang penting adalah untuk menurunkan kadar kolestrol, memperkuat tulang dan gigi, merawat kesehatan mata, dan merawat kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk dikonsumsi sehari hari
11. Memperkuat tulang dan gigi
12. Baik untuk membersihkan usus
13. Mencegah peradangan
14. Menjaga ion tubuh
15. Buah untuk meningkatkan stamina
16. Agar tidak mudah kram
17. Mencegah kelumpuhan otot
18. Baik untuk menjaga kelembaban kulit
19. Baik untuk manula
20. Menjaga kesehatan syaraf
21. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
22. dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
23. dapat digunakan untuk membasmi jerawat
24. Mencegah kerapuhan tulang
25. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
26. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
27. Baik untuk meningkatkan ASI
28. Baik untuk mengobati panas dalam
29. Baik untuk mengobati sariawan
30. Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering
31. Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang
Mengingat manfaat kesehatan sangat banyak sekali, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah naga agar kesehatan anda selalu terjaga sepanjang hari. Buah ini juga dapat membantu sistem pencernaan tubuh manusia.

Efek samping buah naga

Sampai saat ini masih belum ditemukan efek samping konsumsi buah naga, buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, penderita diabetes, penyakit jantung, hingga penderita asma. Namun perlu diketahui bahwa satu satu nya efek yang akan anda terima adalah air seni dan feses yang agak berubah kemerah-merahan.

Manfaat Kulit Buah Naga

Sama seperti buahnya yang jadi primadona, kulit buah naga juga mengandung manfaat yang penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, sekarang ini banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar buah naga maupun kulit buah naga.

Melenturkan Pembuluh Darah
Baru-baru ini, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa kulit buah naga mengandung senyawa aktif yang dapat melenturkan pembuluh darah. Sifatnya yang melenturkan pembuluh darah ini akan berpengaruh pada kemampuannya untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kakunya pembuluh darah. Senyawa aktif tersebut adalah pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah.

Keampuhan senyawa yang ada pada kulit buah naga ini, bahkan, telah menyamai kepopuleran obat Troxerutin yang telah dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro. Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mengurangi potensi pecahnya pembuluh darah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu saja akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah. Kulit buah ini akan menjadi obat alami yang lebih sehat dan alami, serta diharapkan bisa mengurangi asumsi obat berbahan dasar kimia.

Mengobati Tumor
Pada kulit buah naga, terdapat senyawa yang berperan aktif dalam menghambat pertumbuhan tumor sel tumor B16F10. Pernyataan ini bukan hanya pernyataan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini telah diteliti secara ilmiah di Chinan University, khususnya di departement kimia terapan yang ada di sana.

Cara mengkonsumsi kulit buah naga juga sangat mudah. Kita bisa ambil kulit buah naga dan potong tipis-tipis. Setelah itu keringkan di bawah sinar matahari selama 1 atau 2 hari, tergantung pada tingkat pencahayaan matahari. Setelah cukup kering, kulit buah naga sudah bisa dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya teh. Jika kita tidak mau repot, sekarang ini telah banyak kemasan kulit buah naga kering yang dijual di pasaran. Kita tinggal membelinya saja. Kita bisa meminum teh kulit buah naga ini di pagi hari. Untuk khasiat lebih optimal, kita bisa minum satu gelas lagi sebelum tidur. Khasiatnya sangat baik, selain memelihara pembuluh darah, kulit buah naga juga bisa untuk mereduksi kadar gula darah dan menghaluskan kulit.

Mendeteksi Boraks dan Formalin pada Makanan
Baru-baru ini, telah ditemukan fakta baru bahwa kulit buah naga juga merupakan sebuah alat pendeteksi apakah makanan itu mengandung formalin atau boraks atau tidak menggunakannya. Pertama-tama, kita bisa potong kulit buah naga ke dalam beberapa bagian dan rendam bersama air tawar yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Kemudian, kita tunggu beberapa saat hingga air rendaman berubah menjadi merah.

Setelah itu, kita bisa ambil tissue dan celupkan ke dalam air rendaman. Kita bisa tempelkan tissue yang sudah dicelup pada makanan yang akan diuji. Biarkan tissue menempel pada makanan selama kurang lebih sepuluh menit. Apabila tissue memberikan warna merah yang lebih lama, tandanya makanan yang diuji mengandung formalin ataupun boraks. Namun apabila tissue berangsur-angsur memudar menjadi warna putih, maka makanan yang diuji tidak mengandung formalin ataupun boraks.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu